Connect with us

HEALTHNEWS

10 Potret Kalea Jada agyra, Putri Pertama Tarra Budiman

Published

on


Pada tahun 2017, Tarra Budiman resmi menikah dengan Gya Sadiqah, yang tak lain sepupu dari presenter kondang Raffi Ahmad. Sekitar satu tahun pascanikah, Tarra dan Gya dikarunai seorang anak perempuan bernama Kalea Jada Agyra.

Kalea lahir pada 28 Desember 2018, pukul 09.10 WIB. Tarra dan Gya menyambut buah hati pertama mereka dengan penuh sukacita. Raut haru beserta tangis bahagia sangat terpancar dari wajah mereka berdua kala itu.

Kini, tak terasa kalau Kalea sudah berusia dua tahun, fase tumbuh kembangnya berjalan pesat. Bayi mungil Tarra dan Gya itu sudah tumbuh menjadi anak kecil yang semakin lincah dan gemar bermain.

Kalea pun tumbuh menjadi anak yang membawa kebahagiaan bagi orang sekitarnya. Hal ini tergambar jelas dari foto-foto yang diunggah Tarra dan Gya di akun Instgaram mereka.

10 Potret Menggemaskan Kalea Jada Agyra

Pensarankah seperti apa potret Kalea Jada Agyra yang kerap menyita perhatian warganet di Instagram? Yuk, langsung kita simak saja, Parents.

1. Kalea Keren, kan, Pakai Kacamata Hitam?

Tak mau kalah dari orang dewasa, gadis kecil yang akrab disapa Kal ini pun memakai kacamata bulat dengan lensa hitam. Meskipun di rumah saja, Kal boleh, dong, bergaya pakai kacamata hitam. Bagaimana, nih, gaya Kal?

Artikel terkait: Kreatif! 20 Nama Anak Artis Ini Unik dan Bisa Jadi Inspirasi

2. Enak Banget Eskrimnya!

kalea jada agyra

Mayoritas anak kecil sangat senang jika diberi eskrim, tak terkecuali Kal. Dari potretnya itu, bisa terlihat bagaimana Kal sangat menikmati eskrimnya. Namun ingat Kal, jangan terlalu banyak dan sering makan eskrim, ya.

3. Siap Keliling Kompleks Perumahan

kalea jada agyra

Kal yang sudah duduk di atas sepeda roda tiganya ini siap diajak keliling kompleks perumahan. Tak lupa, siapkan juga camilan kesukaan Kal. Sebab, mungkin saja di tengah perjalanan keliling komplek, Kal lapar dan butuh camilan.

4. Wah, Poni Kalea Dipotong

10 Potret Kalea, Putri Sulung Tarra Budiman yang Lincah dan Murah Senyum

Anak kecil perempuan identik dengan poni pendeknya yang sejidat. Nah, sekarang giliran poni Kal yang dipotong. Lihat, deh, ekspresi Kal saat poninya dipotong, sungguh bahagia sampai tertawa lepas begitu, ya.

5. Kalea Senyum Sama Siapa, sih?

10 Potret Kalea, Putri Sulung Tarra Budiman yang Lincah dan Murah Senyum

Parents setujukah kalau senyum Kal sangat manis? Dalam foto ini, kira-kira Kal lagi senyum sama siapa, ya? Dari penjelasan sang ayah, kalau saat itu Kal lagi senyum sama laki-laki, lo.

Gawat, nih, sudah mulai senyum kalau lihat anak laki guys! Jadi ceritanya Kal, tuh, suka sama pinkfong dance, tapi enggak mau yang kartun, maunya yang ada kakaknya,” tulis Tarra di kolom caption Instagram. 

Artikel terkait: 7 Potret Ulang Tahun Ke-2 Zalina Anak Raisa, Menggemaskan dengan Tema Moana!

6. Sstt, Kalea Mau Sembunyi, nih!

10 Potret Kalea, Putri Sulung Tarra Budiman yang Lincah dan Murah Senyum

Kalau buah hati Parents di rumah suka bersembunyi, ini sama juga, lo, dengan Kalea. Si kecil yang akrab dengan Sekala, anak Ayudia dan Ditto, ini gemar sembunyi di balik gorden. Tingkah lakunya berhasil membuat sang ayah gemas.

Peek a boo. Si gemesin yang selalu banyak tingkah, gimana enggak mau betah di rumah!” kata Tarra di Instagram.

7. Manisnya Senyum Lebar Kalea

10 Potret Kalea, Putri Sulung Tarra Budiman yang Lincah dan Murah Senyum

Si kecil yang masih bersaudara sepupu dengan Rafathar ini memang dikenal sebagai anak yang ceria. Senyum dan tawa Kal pun bisa menular kepada orang sekitarnya, bahkan para kakak, tante, dan om online yang melihatnya di Instagram.

8. Kalea Jadi Bayi Koala

10 Potret Kalea, Putri Sulung Tarra Budiman yang Lincah dan Murah Senyum

Pada tahun 2019, Tarra dan Gya bersama Ditto, Ayudia, Ringgo, Sabai, serta anak-anak mereka sempat melakukan trip ke New Zealand menggunakan campervan. Pada saat itu usia Kal belum genap satu tahun sehingga ia lebih sering berada di dekapan Tarra dan Gya.

Artikel terkait: 6 Potret Raqeema Anak Nabila Syakieb, Pintar dan Menggemaskan!

9. Kalea Siap Tidur

10 Potret Kalea, Putri Sulung Tarra Budiman yang Lincah dan Murah Senyum

Sudah siap dengan bantal dan selimutnya, nampaknya Kalea ingin segera tidur. Tunggu, deh, sudah mau tidur saja senyumnya manis begitu, Kal?

Sibuk beres-beres selimut dan batal. Semua disimpan di karpet, terus dia tiduran dan bilang ibu ibu ibu… bobo,” cerita Gya di akun Instagram beberapa waktu lalu.

10. Selamat Ulang Tahun Kalea Jada Agyra

10 Potret Kalea, Putri Sulung Tarra Budiman yang Lincah dan Murah Senyum

28 Desember 2020, usia Kalea genap dua tahun. Semoga di usia ini Kalea diberikan kesehatan, tumbuh menjadi anak yang selalu memberikan tawa dan sukacita bagi kedua orangtua serta orang-orang di sekitarnya. Aamiin.

Itulah potret Kalea Jada Agyra, putri pertama Tarra Budiman dan Gya Sadiqah. Sangat menggemaskan, ya?

Baca juga:

Ucapan syukur Tarra Budiman atas kelahiran putri pertama

6 Potret Ulang Tahun Pertama Anak Shandy Aulia, Bernuansa Imlek dan Menggemaskan!

7 Potret Menggemaskan Anak Kedua Iko Uwais, Intip Parents

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HEALTHNEWS

Sakit Kepala Tegang – Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Published

on

By


Sakit Kepala Tegang – Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati | HealthNews.id – HealthNews



Sumber Berita

Continue Reading

HEALTHNEWS

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik

Published

on

By


Diare adalah suatu kondisi di mana buang air besar berlangsung sering dengan konsistensi feses lembek atau cair. Tentunya, kondisi ini bisa mengganggu apabila tidak diobati segera. Untuk mencegahnya, ada beberapa obat diare yang bisa Anda beli di apotik. 

Lalu, jenis obat-obatan seperti apa yang dapat membantu mengatasi masalah ini? Berikut penjelasan selengkapnya, Parents!

Artikel terkait: Penyakit Diare – Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Daftar Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik

Umumnya, sebagian besar kasus diare hanya berlangsung beberapa hari dan dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan tertentu. Namun, penggunaan obat-obatan dapat membuat Anda merasa lebih nyaman. Apalagi, bila diare disertai dengan nyeri atau kram perut.

Obat yang tergolong antidiare memiliki beberapa cara kerja. Ada yang berfungsi untuk memperlambat pergerakan usus sehingga frekuensi diare berkurang, ada pula yang membuat feses menjadi lebih padat. Biasanya, obat-obatan ini digunakan untuk diare akut (kurang dari 1 minggu) yang tidak mengancam nyawa.

Selengkapnya, berikut adalah daftar obat diare yang dijual di apotik dan bisa dibeli secara bebas:

1. Karbon aktif (activated charcoal)

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Sebuah kajian studi di tahun 2017 mendapati bahwa penggunaan karbon aktif untuk diare dapat menangkap racun, bakteri, dan obat-obatan pemicu diare pada permukaan karbon yang berpori dan bertekstur sehingga tidak diserap ke dalam usus. Meski bisa mengurangi diare, penggunaan karbon aktif juga dapat mencegah tubuh menyerap obat-obatan dan zat-zat gizi yang penting.

2. Kaolin pectin

obat diare

Merupakan kombinasi yang berfungsi menangkap dan membawa keluar bakteri, racun, dan zat penyebab diare dari dalam usus. Kaolin pectin juga akan menyerap kelebihan air di usus sehingga konsistensi feses memadat. Obat ini banyak dimanfaatkan untuk mengobati diare akibat kolera.

3. Attapulgite

obat diare

Attapulgite bekerja dengan memperlambat kerja usus besar agar dapat menyerap lebih banyak air. Tujuannya, agar tekstur feses menjadi lebih padat. Obat ini juga biasanya meredakan nyeri perut pada diare. Meski demikian, penggunaannya bisa memicu sembelit setelah diare mereda.

4. Bismuth subsalicylate

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Bismuth subsalicylate bekerja sebagai antidiare dan antiradang. Obat ini menurunkan frekuensi diare dengan mengurangi jumlah air di dalam usus. Efek samping yang sering yakni sembelit, feses menjadi kehitaman dan lidah kehitaman. Penggunaan bismuth subsalicylate dalam dosisi yang berlebih dapat berbahaya, oleh sebab itu hanya gunakan sesuai yang dianjurkan.

5. Loperamide 

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Obat ini mampu menurunkan kecepatan dan jumlah kontraksi usus, sehingga berefek memperlambat atau menjarangkan frekuensi diare. Efek sampingnya yakni nyeri perut, mulut kering, rasa kantuk, melayang, sembelit, mual dan muntah. Individu yang mengalami efek samping loperamide biasanya tidak mampu mengemudikan kendaraan atau melakukan aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi.

Artikel terkait: Obat Ambroxol – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

6. Oralit

obat diare

Ini merupakan larutan gula garam yang tersedia dalam bentuk serbuk. Oralit sebetulnya bukan obat, tapi dipakai untuk menggantikan kehilangan cairan dan elektrolit akibat diare. 

Sebelum digunakan, larutkan terlebih dulu dengan air matang. Minum oralit atau cairan sejenis yang mengandung elektrolit lebih baik untuk mengatasi diare ketimbang minum air putih saja.

7. Suplemen Zinc

obat diare

Suplemen ini berperan dalam proses penyembuhan usus kala diare dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jenis suplemen ini biasanya tersedia dalam bentuk tablet dan sirup. Dosisnya untuk diare akut adalah sebagai berikut:

  • Dewasa: 10-20 mg sekali sehari
  • Anak-anak usia ≥ 6 bulan: 20 mg per hari
  • Anak-anak usia <6 bulan: 10 mg per hari

Untuk semua kelompok usia ini, durasi penggunaan suplemen zinc selama 10-14 hari.

8. Suplemen probiotik

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Probiotik adalah koloni bakteri baik yang membantu melawan bakteri penyebab diare dan peradangan usus. Probiotik juga berfungsi menyeimbangkan jumlah dan jenis bakteri yang secara alami hidup di dalam usus agar sistem pencernaan kembali lancar.

Suplemen ini kerap digunakan pada individu dewasa maupun anak-anak yang mengalami diare akibat infeksi bakteri. Suplemen probiotik tersedia dalam bentuk kapsul, tablet, bubuk, dan drops

Komposisi probiotik bisa berbeda-beda untuk tiap merek dagang. Untuk itu, diskusikan dengan dokter probiotik mana yang paling baik untuk kasus diare Anda.

Artikel terkait: Perlukah Anak Anda Mengonsumsi Tambahan Suplemen Vitamin?

Obat Antidiare Tidak Mengobati Penyebab

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Secara umum ada beberapa kondisi yang menjadi faktor penyebab diare. Beberapa penyebab yang tersering, yaitu:

  • Keracunan makanan
  • Infeksi virus, bakteri atau parasit
  • Obat-obatan seperti antibiotik
  • Intoleransi laktosa
  • Konsumsi fruktosa atau pemanis buatan
  • Gangguan saluran cerna seperti penyakit Celiac atau sindrom iritasi usus

Nah, perlu diketahui, mengonsumsi obat antidiare yang sudah dijelaskan sebelumnya tidak akan mengobati penyebab yang mendasarinya. Obat-obat ini hanya mengurangi ketidaknyaman yang terjadi akibat nyeri perut atau sering buang air besar.

Selain itu, hindari penggunaan obat-obatan ini bila diare disertai dengan demam, penyakit berat, nyeri perut hebat, serta bila feses berdarah atau berlendir. Pada kasus-kasus seperti ini, penggunaan obat-obat tersebut justru dapat memperberat diare dan penyakit yang mendasarinya. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter bila Anda mengalami diare yang seperti ini.

Demikian pula, bila frekuensi diare terlalu sering—lebih dari 10 kali per hari—atau berlangsung lebih dari satu minggu. Mungkin saja ada infeksi yang membutuhkan pengobatan dengan antibiotik atau pemeriksaan lanjut untuk mencari penyebab pasti dari diare yang dialami.

Itulah informasi mengenai obat diare yang efektif dan bisa dibeli di apotik. Semoga bermanfaat!

***

Baca juga:

Garam Himalaya untuk MPASI Bayi, Benarkah Lebih Sehat?

Mungkinkah Terinfeksi COVID-19 Setelah Divaksin? 4 Penyebab Ini Perlu Dipahami

10 Keluhan Ibu Hamil 5 Bulan yang Sering Terjadi, Bunda Mengalaminya?

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Sumber Berita

Continue Reading

HEALTHNEWS

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik

Published

on

By


Diare adalah suatu kondisi di mana buang air besar berlangsung sering dengan konsistensi feses lembek atau cair. Tentunya, kondisi ini bisa mengganggu apabila tidak diobati segera. Untuk mencegahnya, ada beberapa obat diare yang bisa Anda beli di apotik. 

Lalu, jenis obat-obatan seperti apa yang dapat membantu mengatasi masalah ini? Berikut penjelasan selengkapnya, Parents!

Artikel terkait: Penyakit Diare – Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Daftar Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik

Umumnya, sebagian besar kasus diare hanya berlangsung beberapa hari dan dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan tertentu. Namun, penggunaan obat-obatan dapat membuat Anda merasa lebih nyaman. Apalagi, bila diare disertai dengan nyeri atau kram perut.

Obat yang tergolong antidiare memiliki beberapa cara kerja. Ada yang berfungsi untuk memperlambat pergerakan usus sehingga frekuensi diare berkurang, ada pula yang membuat feses menjadi lebih padat. Biasanya, obat-obatan ini digunakan untuk diare akut (kurang dari 1 minggu) yang tidak mengancam nyawa.

Selengkapnya, berikut adalah daftar obat diare yang dijual di apotik dan bisa dibeli secara bebas:

1. Karbon aktif (activated charcoal)

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Sebuah kajian studi di tahun 2017 mendapati bahwa penggunaan karbon aktif untuk diare dapat menangkap racun, bakteri, dan obat-obatan pemicu diare pada permukaan karbon yang berpori dan bertekstur sehingga tidak diserap ke dalam usus. Meski bisa mengurangi diare, penggunaan karbon aktif juga dapat mencegah tubuh menyerap obat-obatan dan zat-zat gizi yang penting.

2. Kaolin pectin

obat diare

Merupakan kombinasi yang berfungsi menangkap dan membawa keluar bakteri, racun, dan zat penyebab diare dari dalam usus. Kaolin pectin juga akan menyerap kelebihan air di usus sehingga konsistensi feses memadat. Obat ini banyak dimanfaatkan untuk mengobati diare akibat kolera.

3. Attapulgite

obat diare

Attapulgite bekerja dengan memperlambat kerja usus besar agar dapat menyerap lebih banyak air. Tujuannya, agar tekstur feses menjadi lebih padat. Obat ini juga biasanya meredakan nyeri perut pada diare. Meski demikian, penggunaannya bisa memicu sembelit setelah diare mereda.

4. Bismuth subsalicylate

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Bismuth subsalicylate bekerja sebagai antidiare dan antiradang. Obat ini menurunkan frekuensi diare dengan mengurangi jumlah air di dalam usus. Efek samping yang sering yakni sembelit, feses menjadi kehitaman dan lidah kehitaman. Penggunaan bismuth subsalicylate dalam dosisi yang berlebih dapat berbahaya, oleh sebab itu hanya gunakan sesuai yang dianjurkan.

5. Loperamide 

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Obat ini mampu menurunkan kecepatan dan jumlah kontraksi usus, sehingga berefek memperlambat atau menjarangkan frekuensi diare. Efek sampingnya yakni nyeri perut, mulut kering, rasa kantuk, melayang, sembelit, mual dan muntah. Individu yang mengalami efek samping loperamide biasanya tidak mampu mengemudikan kendaraan atau melakukan aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi.

Artikel terkait: Obat Ambroxol – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

6. Oralit

obat diare

Ini merupakan larutan gula garam yang tersedia dalam bentuk serbuk. Oralit sebetulnya bukan obat, tapi dipakai untuk menggantikan kehilangan cairan dan elektrolit akibat diare. 

Sebelum digunakan, larutkan terlebih dulu dengan air matang. Minum oralit atau cairan sejenis yang mengandung elektrolit lebih baik untuk mengatasi diare ketimbang minum air putih saja.

7. Suplemen Zinc

obat diare

Suplemen ini berperan dalam proses penyembuhan usus kala diare dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jenis suplemen ini biasanya tersedia dalam bentuk tablet dan sirup. Dosisnya untuk diare akut adalah sebagai berikut:

  • Dewasa: 10-20 mg sekali sehari
  • Anak-anak usia ≥ 6 bulan: 20 mg per hari
  • Anak-anak usia <6 bulan: 10 mg per hari

Untuk semua kelompok usia ini, durasi penggunaan suplemen zinc selama 10-14 hari.

8. Suplemen probiotik

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Probiotik adalah koloni bakteri baik yang membantu melawan bakteri penyebab diare dan peradangan usus. Probiotik juga berfungsi menyeimbangkan jumlah dan jenis bakteri yang secara alami hidup di dalam usus agar sistem pencernaan kembali lancar.

Suplemen ini kerap digunakan pada individu dewasa maupun anak-anak yang mengalami diare akibat infeksi bakteri. Suplemen probiotik tersedia dalam bentuk kapsul, tablet, bubuk, dan drops

Komposisi probiotik bisa berbeda-beda untuk tiap merek dagang. Untuk itu, diskusikan dengan dokter probiotik mana yang paling baik untuk kasus diare Anda.

Artikel terkait: Perlukah Anak Anda Mengonsumsi Tambahan Suplemen Vitamin?

Obat Antidiare Tidak Mengobati Penyebab

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Secara umum ada beberapa kondisi yang menjadi faktor penyebab diare. Beberapa penyebab yang tersering, yaitu:

  • Keracunan makanan
  • Infeksi virus, bakteri atau parasit
  • Obat-obatan seperti antibiotik
  • Intoleransi laktosa
  • Konsumsi fruktosa atau pemanis buatan
  • Gangguan saluran cerna seperti penyakit Celiac atau sindrom iritasi usus

Nah, perlu diketahui, mengonsumsi obat antidiare yang sudah dijelaskan sebelumnya tidak akan mengobati penyebab yang mendasarinya. Obat-obat ini hanya mengurangi ketidaknyaman yang terjadi akibat nyeri perut atau sering buang air besar.

Selain itu, hindari penggunaan obat-obatan ini bila diare disertai dengan demam, penyakit berat, nyeri perut hebat, serta bila feses berdarah atau berlendir. Pada kasus-kasus seperti ini, penggunaan obat-obat tersebut justru dapat memperberat diare dan penyakit yang mendasarinya. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter bila Anda mengalami diare yang seperti ini.

Demikian pula, bila frekuensi diare terlalu sering—lebih dari 10 kali per hari—atau berlangsung lebih dari satu minggu. Mungkin saja ada infeksi yang membutuhkan pengobatan dengan antibiotik atau pemeriksaan lanjut untuk mencari penyebab pasti dari diare yang dialami.

Itulah informasi mengenai obat diare yang efektif dan bisa dibeli di apotik. Semoga bermanfaat!

***

Baca juga:

Garam Himalaya untuk MPASI Bayi, Benarkah Lebih Sehat?

Mungkinkah Terinfeksi COVID-19 Setelah Divaksin? 4 Penyebab Ini Perlu Dipahami

10 Keluhan Ibu Hamil 5 Bulan yang Sering Terjadi, Bunda Mengalaminya?

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
  • Sebuah galat telah terjadi, yang kemungkinan berarti umpan tersebut sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Trending