Connect with us

MEDIA TERKEMUKA

4 Manfaat Minum Susu Hangat Sebelum Tidur

Published

on


TEMPO.CO, Jakarta – Selain rasanya yang lezat, susu mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh, mulai dari kalsium, natrium, protein, vitamin A, K, dan B12 yang melimpah, lemak, asam amino, serat, dan antioksidan

Bahkan kandungan asam amino dalam susu membuat minuman yang satu ini menjadi teman pengantar tidur bagi beberapa orang. Hal ini karena kebiasaan konsumsi susu hangat sebelum tidur memberikan dampak positif bagi kualitas tidur. Lantas, apa saja manfaat minum susu hangat sebelum tidur?  

1. Tidur nyenyak dan berkualitas

Advertisement

Konsumsi susu hangat membantu mempercepat proses tidur sehingga tidur yang dihasilkan pun nyenyak dan berkualitas. Melansir Healthline, susu hangat dapat menenangkan saraf karena senyawa kimia tertentu yang terkandung di dalamnya, seperti melatonin dan triptofan. Kondisi ini membuat tubuh mengantuk secara cepat.

2. Kontrol berat badan

Minum susu hangat sebelum tidur membantu tubuh membakar lebih banyak kalori. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, ketika tidur, segelas susu mengurangi nafsu makan dan menghentikan tubuh makan berlebihan di malam hari.

Kondisi ini berlangsung bahkan jika tubuh bangun larut malam. Hal ini pun membantu menurunkan berat badan. Agar mendapatkan manfaat ini, sebaiknya jangan tambahkan, gula, bubuk coklat, atau perasa apapun ke dalam susu sehingga susu yang dikonsumsi adalah susu murni.

3. Tingkatkan kebugaran

Advertisement

Beberapa orang mungkin khawatir bahwa minum susu sebelum tidur dapat meningkatkan berat badan. Padahal, minuk susu sebelum tidur membantu meningkatkan kebugaran tubuh. Dikutip dari sleepfoundation.org, minum susu sebelum tidur dapat membantu pemulihan otot dan meningkat metabolisme istirahat.

4. Kulit lebih halus

Manfaat konsumsi susu hangat sebelum tidur selanjutnya adalah percepatan perbaikan kondisi kulit dan kulit tampak awet muda. Dikutip dari parenting.firstcry.com, susu memiliki vitamin B12 yang dapat membantu mencegah hilangnya elastisitas kulit dan kolagen membuatnya tampak bercahaya dan indah.

Vitamin A yang ada dalam susu dapat mendukung pembentukan sel baru dan membantu melawan berbagai penyakit kulit sehingga membuatnya bercahaya dan sempurna.

NAOMY A. NUGRAHENI

Advertisement

Baca juga: Manfaat Minum Susu Hangat sebelum Tidur 





Sumber Berita

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.