Connect with us
google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0

MEDIA TERKEMUKA

5 Alat Musik Ritmis, Apa Saja Jenis dan Fungsinya?

Published

on


Bermain musik menjadi hobi sebagian orang sekaligus kebanggaan yang bisa memberi kebahagiaan. Memainkan musik juga sama seperti mengasah kecerdasan otak. Menurut beberapa penelitian, bermain alat musik bisa meningkatkan kemampuan kognitif manusia. Contohnya, permainan alat musik ritmis dinilai bisa melatih manusia untuk fokus serta melatih otak agar bisa terus berpikir.

Nah, secara lebih spesifik lagi, kemampuan bermain musik juga ternyata sangat penting dalam membantu perkembangan otak anak, loh, Parents.

Berlatih memainkan alat musik sangat penting, tetapi yang tidak kalah penting yaitu memahami konsep dasar alat musik terlebih dulu.

Advertisement

Ada banyak jenis alat musik yang dapat dipelajari. Masing-masing alat memiliki bentuk serta cara bermain yang sangat berbeda. Salah satu dari jenis alat musik tersebut adalah alat musik ritmis.

Artikel terkait: 16 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia, Sudah Tahu?

Apa itu Alat Musik Ritmis?

Foto: Unsplash

Mengutip  laman Yahoo, alat musik ritmis adalah alat musik yang dalam permainannya memberikan irama (ritme) tertentu dalam pertunjukkan musik. Alat musik ini berperan penting dalam alunan sebuah lagu. Hal itu karena, alat musik ini tidak hanya menjadi pengiring lagu namun juga berfungsi sebagai pengatur tempo atau irama.

Jadi, peralatan musik ritmis berperan dalam menciptakan suatu harmoni, khususnya ketika dipadukan dengan alat musik yang lainnya. Ada berbagai jenis peralatan musik jenis ini yang cukup populer di masyarakat. Setiap jenisnya punya bentuk serta cara memainkan yang sangat berbeda. Ada alat musik yang dimainkan dengan cara digoyang, digesek, atau pun dipukul.

Advertisement

Lantas, apa saja contoh dari alat musik yang satu ini? Melansir berbagai sumber, berikut penjelasannya!

Jenis dan Contoh Alat Musik Ritmis Beserta Fungsinya

Berbagai alat musik sudah berkembang dengan pesat, mulai dari periode masyarakat tradisional sampai dengan modern. Jenis alat musik ini memiliki bentuk yang sangat beragam dimana bentuk ini tidak hanya dipengaruhi oleh perkembangan waktu, tetapi juga perbedaan budaya dalam masyarakat. Berikut ini jenis-jenis peralatan musik ritmis beserta dengan fungsinya:

1. Kendang

Mengenal 5 Contoh Alat Musik Ritmis untuk Si Kecil, Jenis dan Fungsinya

Kendang adalah jenis alat musik tradisional Indonesia yang cukup popular. Peralatan musik ini berbentuk tabung silinder yang terbuat dari kayu, cempedak, bahkan kayu kelapa.

Sedangkan bagian ujung kendang sering disebut dengan ‘tebokan’ yang dibuat dari kulit kerbau untuk menghasilkan ketukan bernada rendah dan kulit kambing untuk bagian yang menghasilkan nada tinggi.

Fungsi kendang adalah musik pengiring tari, terutama untuk mengatur tempo. Alat musik ini biasa digunakan pada acara pertunjukan seperti Pencak Silat, Wayang, Jaipongan, dan sebagainya.

Advertisement

2. Tifa

alat musik ritmis Foto: Talde Brooklyn

Melansir laman Gramedia, tifa berbentuk mirip seperti kendang. Yang membedakan adalah alat musik ini berasal dari wilayah Indonesia Timur. Tifa berbentuk silinder dengan bagian tengah kosong. Sedangkan bagian ujungnya dilapisi dengan kulit binatang.

Jika kendang biasanya terbuat dari kulit kerbau atau kambing, maka tifa menggunakan kulit rusa. Tifa biasanya menjadi instrumen pengiring dalam suatu tarian perang. Ini karena tifa dapat menghasilkan suara yang sangat keras. Tifa juga digunakan untuk mengiringi berbagai tarian lainnya seperti tarian penyambutan atau acara pesta adat.

Artikel terkait:  Si Kecil Suka Main Alat Musik? Yuk, Ajari Cara Bermain Alat Musik Ukulele

3. Tamborin

alat musik ritmis

Tamborin adalah alat musik klasik modern yang sampai saat ini masih eksis. Umumnya, tamborin berbentuk bulat yang terbuat dari bahan kayu atau plastik menyerupai bingkai yang ada lubang-lubang berisi logam di sepanjang bagian tersebut.

Suara dari tamborin dihasilkan ketika bingkai tersebut dipukul dan digoyangkan. Dulu, Tamborin digunakan oleh pasukan tentara Turki. Tetapi sekarang, Tamborin juga digunakan sebagai instrumen musik dangdut.

Advertisement

4. Marakas

Mengenal 5 Contoh Alat Musik Ritmis untuk Si Kecil, Jenis dan Fungsinya Foto: Encyclopedia DKI Jakarta

Marakas adalah salah satu jenis alat musik ritmis yang bentuknya agak sedikit berbeda dari alat musik pada umumnya.

Biasanya, marakas berbentuk bulat dan bagian dalamnya kosong serta diisi dengan biji-bijian. Suara yang dihasilkan biasanya berasal dari gesekan antara biji dengan bagian bulat Marakas.

Sedangkan bagian bulat biasanya terbuat dari kayu, kelapa atau kulit kering yang dijahit. Banyak yang menyebut alat ini sebagai ecek-ecek. Fungsi dari marakas yaitu sebagai pengiring pertunjukan musik masyarakat Betawi dan juga digunakan masyarakat luar negeri.

5. Triangle

alat musik ritmis

Triangle merupakan salah satu jenis alat musik ritmis modern yang mulai digunakan sejak periode musik klasik abad ke-18. Alat musik ini dibuat dari bahan utama logam, kemudian ditempa sehingga berbentuk seperti segitiga.

Bentuk segitiganya pun berbeda. Umumnya berbentuk segitiga sama sisi, tetapi ada juga yang berbentuk segitiga sama kaki. Triangle biasanya digunakan dalam pertunjukan orchestra di Eropa pada zaman dulu. Namun, Triangle juga mulai masuk ke Indonesia, khususnya melalui kedatangan orang Belanda ke Batavia pada dulu kala. 

Advertisement

Artikel terkait:  Bisa Mengasah Otak Hingga Keterampilan Multitasking, Ini 12 Alat Musik Populer Dunia yang Perlu Diajarkan pada Anak

Itulah beragam alat musik ritmis beserta fungsi dan cara memainkannya. Parents bisa memperkenalkan jenis alat musik ini kepada anak untuk mengasah bakat seninya. Terlebih, jika si kecil tertarik dengan seni musik. Jadi, di antara daftar alat musik tersebut, kira-kira si kecil suka yang mana, nih?

***

Baca juga:

id.theasianparent.com/alat-musik-gambang

id.theasianparent.com/calung

Advertisement

id.theasianparent.com/kolintang

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Sumber Berita

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *