Connect with us

HEALTHNEWS

7 Potret Reza Arap Menikah secara Agama di Pulau Bali

Published

on


Content Creator dan YouTuber Reza Arap menikah pada Sabtu, 21 Februari 2021, dengan tunangannya Wendy Walters. Laki-laki bernama lengkap Muhammad Reza Oktovian itu menggelar pernikahannya di Bali.

Pemberkatan pernikahan dan resepsi dilakukan dalam satu hari. Reza dan Wendy tidak mengundang banyak tamu, hanya keluarga dekat dan sahabatnya mereka saja yang hadir. Berikut ini cerita lengkap pesta pernikahan Reza Arap dan Wendy Walters.

7 Potret Arap Menikah dengan Wendy Walters

1. Reza Arap Menikah di Bali

Wendy Walters sudah sah menjadi istri Reza Arap pada Sabtu, 21 Februari 2021, kemarin. Keduanya melangsungkan pemberkatan nikah di Pulau Dewata, Bali, di hadapan keluarga dekat dan para sahabat mereka.

Artikel terkait: Inspiratif dan Menghibur, 10 YouTuber Ini Berhasil Jadi Trending di Tahun 2020

2. Akhirnya Sah!

7 Potret Arap Menikah dengan Wendy Walters

Momen Reza mengucapkan janji suci dan menyematkan cincin di jari Wendy.

Wendy berjalan menuju altar dengan Reza yang sudah menunggunya di sana, bersama romo pandita yang mengenakan kemeja berwarna orange.

Bersama mereka mengucapkan janji suci di hadapan para tamu dan romo pandita. 

“Sah @ybrap @wendywalters,” tulis Edho Zhell di InstaStory-nya, yang menyebut dirinya socmed influencer dan juga sahabat kedua mempelai, Sabtu (21/2/2021).

“Welcome to the Club @ybrap @wendywalters,” tulisnya lagi.

“Dah, mereka halal akhirnya!”

3. Konsep Pernikahan Outdoor dengan Nuansa Putih

7 Potret Arap Menikah dengan Wendy Walters

Dengan memanfaatkan alam Pulau Dewata yang indah, Reza dan Wendy melangsungkan acara berkonsep outdoor. Sedangkan untuk warna, mereka memilih warna putih, mulai dari dekorasi tempat, gaun yang dikenalan Wendy, juga dengan dresscode yang dipilihkan untuk para tamu.

Terlihat pada video yang diunggah Keanu di InstaStory-nya venue yang digunakan Reza dan Wendy. Untuk menuju lokasi pemberkatan, undangan melewati sebuah teras beratapkan kaca. Pemandangan yang disuguhkan di venue pun sangat indah, dengan pemandangan langsung ke arah laut.

Artikel terkait: 9 Tren Pernikahan Ini Akan Booming Tahun Depan, Berubah Akibat Pandemi Corona

4. Mengundang Teman Artis dan Selebgram

7 Potret Pernikahan Reza Arap dengan Wendy Walters di Pulau Bali

Dari beberapa unggahan foto dan video di Instagram, terlihat siapa-siapa saja sahabat-sahabat Reza Arap dan Wendy Walters yang hadir dalam acara sakral tersebut. Mereka adalah aktor Gading Marten, Rizky Firdaus Wijaksana atau lebih dikenal dengan Uus, Young Lex, selebgram Keanu Angelo, Edho Zhell, Lula Lahfah, dan model dan presenter Patricia Gouw yang didapuk sebagai MC di acara resepsi malam harinya.

Tidak banyak memang tamu yang diundang, mengingat saat ini pemerintah masih membatasi jumlah orang yang berkumpul akibat dari pandemic Covid-19.

5. Ucapan Selamat untuk Kedua Mempelai

reza arap menikah

Tak lupa mereka juga mengucapkan selamat kepada salah satu personel Weird Genius dan istrinya tersebut.

“Congrats love birds @ybrap @wendywalters,” tulis Gading Marten di InstaStory @gadiiing. “So happy for you bruh @ybrap,” tulis Gading lagi di unggahan yang lain.

“Congrats newly wed @ybrap @wendywalters,” kata komedian Uus @uusbiasaaja.

Senang bukan main juga dirasakan Keanu. Di hari yang berbahagia bagi sahabatnya itu, secara mengejutkan Keanu juga mendapatkan buket bunga yang dilemparkan Wendy pada malam resepsi. Saat itu Keanu bersaing dengan selebgram Lula Lahfah yang bertugas sebagai bridesmaid (pengiring penganting mempelai wanita) hari itu.  

“Happy wedding guys @ybrap @wendywalters,” demikian ucapan selamat Lula Lahfah untuk sahabatnya Reza Arap dan Wendy Walters.

Artikel terkait: 9 Artis Bagikan Foto Filter Jadi Perempuan, Kocak dan Bikin Pangling!

6. Dikira Reza Arap Menikah Sejak Lama

7 Potret Pernikahan Reza Arap dengan Wendy Walters di Pulau Bali

Sebelumnya Reza Arap sudah mengonfirmasi kepada media bahwa dirinya sudah resmi menikah dengan Wendy Walters secara agama dan hukum, tepatnya di bulan Januari 2021.

Namun saat menjadi bintang tamu di podcast Deddy Codbuzier, Reza keceplosan dengan mengatakan kepada Deddy kalau dirinya masih merahasiakan pernikahan mereka. Dengan kata lain, belum ada pernikahan hingga saat itu.

Namun menurut Rene, manager Reza, Reza dan Wendy memang sudah menikah secara negara. Jadi acara kali ini merupakan pernikahan secara agama sekaligus resepsi.

“Iya, betul (hari ini acara pernikahan Reza dan Wendy). Sebenarnya pernikahannya, kan, sudah sah secara hukum negara, ya, di Januari. Ini, sih, lebih ke resepsi dan ada prosesi-prosesi, gitulah,” kata Rene mengakui Reza Arap menikah melansir dari Kumparan (22/2/2021).

7. Reza Arap Menikah Seacara Agama Sejak Januari

7 Potret Pernikahan Reza Arap dengan Wendy Walters di Pulau Bali

Seperti yang diungkapkan manajer Reza, sebelumnya bahwa sepasang suami istri ini sudah melakukan pernikahan negara di bulan Januari 2021 lalu. Dan pemberkatan pernikahan baru dilangsungkan pada Sabtu, 21 Februari 2021 di Bali.

Di bulan Januari juga, Reza dan Wendy melaksanakan prosesi sangjitan. Tepatnya pada Sabtu, 2 Januari 2021. Sangjitan merupakan acara tradisi masyarakat Tionghoa –mengikuti tradisi keluarga Wendy- di mana kedua keluarga berkumpul melakukan prosesi lamaran dan seserahan.

Selamat kepada Reza Arap dan Wendy Walters atas pernikahannya. Semoga menjadi pasangan suami istri dan keluarga yang selalu berbahagia.

Baca juga:

9 Selebgram Hits yang Populer Melebihi Artis Papan Atas

10 Cara Menjadi Selebgram, Bisa Hasilkan Pundi Uang Fantastis

6 Keluarga Artis Jadi YouTuber dengan Penghasilan Fantastis, Siapa Saja?

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HEALTHNEWS

Sedang Hamil, Ratu Rizky Nabila Gugat Cerai Suami karena KDRT

Published

on

By


Pernikahan selebgram dan model Ratu Rizky Nabila dan pemain Persija Jakarta Alfath Fathier sempat menjadi buah bibir lantaran keduanya baru mengenal selama tiga hari sebelum akhirnya memutuskan menikah. Sayangnya, belum genap satu tahun rumah tangga dijalankan, Ratu Rizky Nabila mantap menggugat cerai sang suami.

Saat melayangkan gugatan tersebut, dirinya sedang dalam kondisi hamil. Ratu mengakui bahwa salah satu faktor yang memicu perceraian tersebut adalah KDRT atau kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan Alfath.

Artikel Terkait: KDRT Sering Disebabkan 4 Hal Ini, Begini Cara Mencegahnya!

Alami KDRT saat Hamil, Ratu Rizky Nabila Gugat Cerai Alfath Fathier

Keduanya berkenalan lewat media sosial Instagram kemudian bertemu dan Alfath meminangnya secara kilat. Akhirnya Ratu dan Alfath menikah siri terlebih dahulu dan meresmikan hubungan mereka secara negara pada tahun 2020.

Setelah menikah dengan Alfath, Ratu memang berkeinginan untuk hijrah dan memakai hijab syar’i. Namun ternyata pada bulan Desember 2020 ia tampil kembali tanpa mengenakan hijab sekaligus membeberkan mengenai KDRT yang ia alami.

“Sebulan dua bulan kita nikah kita baik-baik aja. Cuma ke sini-sininya sudah mulai seperti itu (suka memukul). Aku nggak pernah mau ngomong karena aib, kan. Orang banyak yang bilang kayak netizen ngapain sih ngumbar aib suami. Saya sudah tahan, tapi kemampuan saya buat nahan sampai di sini,” ungkap Ratu dikutip dari video Youtube yang ada di kanal Suaradotcom.

Anggota klub sepakbola Persija tersebut kabarnya mendapat sanksi skorsing akibat kasus KDRT-nya tersebut. Ratu bahkan telah melaporkan sang suami ke kepolisian pada tanggal 30 Desember 2020.

ratu rizky nabila cerai

Artikel Terkait: Cerai saat Hamil, Sahkah di Mata Hukum Indonesia dan Hukum Islam?

“30 Desember saya laporkan di Polsek, tapi belum saya naikkan ke penyidik. Saya waktu itu pikir takutnya nanti baikan, tapi ternyata nggak. Malah makin parah. Saya dicekik di bagian rahang dan didorong,” lanjutnya.

Kesabaran Ratu telah habis lantaran KDRT yang ia alami tersebut terjadi ketika ia dalam posisi mengandung anak dari Alfath.

“Kalau aku pribadi sebenernya nggak masalah untuk dipukul, menurut aku itu bisa berubah. Tapi kalau tega pukul saat hamil aku sudah nggak bisa maafin lagi.” Ratu menegaskan.

Ia pun mengonfirmasi bahwa dirinya sudah melayangkan gugatan cerai kepada sang suami.

“Sudah masuk ke Pengadilan Agama. Biar saya sama dia sama-sama bebas mau jungkir balik salto, kek,” kata Ratu.

8 Hal yang Bisa Bisa Memicu Perceraian

Tak hanya senang-senang saja, kehidupan rumah tangga memang tak luput dari berbagai konflik dan masalah. Tidak jarang, masalah dapat menjadi faktor pemicu perceraian lantaran tak dapat ditemukan solusinya.

Mengutip dari Marriage, ada beberapa faktor utama yang paling sering menjadi penyebab perceraian.

1. Perselingkuhan atau Ketidaksetiaan Pasangan

Sedang Hamil, Ratu Rizky Nabila Gugat Cerai Suami, Ini Faktor Alasan Perceraian

Perselingkuhan baik secara fisik maupun emosional dipercaya dapat menghancurkan sebuah hubungan. Hal ini disebabkan karena sulit untuk mendapatkan kembali kepercayaan pasangan ketika ia merasa dikhianati. Faktor ini adalah salah satu penyebab perceraian yang paling umum.

2. Masalah Keuangan

Sedang Hamil, Ratu Rizky Nabila Gugat Cerai Suami, Ini Faktor Alasan Perceraian

Pentingnya perencanaan finansial yang matang sebelum menikah dan sudut pandang mengenai keuangan yang setara antara suami dan istri menjadi hal yang perlu diperhatikan sebelum menikah. Menurut penelitian, hampir 41% kasus perceraian disebabkan oleh masalah ekonomi.

3. Sering Cekcok

Sedang Hamil, Ratu Rizky Nabila Gugat Cerai Suami, Ini Faktor Alasan Perceraian

Perdebatan atau perselisihan disebut sebagai ‘bumbu’ dalam rumah tangga, namun jika tak dapat mengelola emosi dengan baik maka dapat menjadi salah satu penyebab utama perceraian. Sulit untuk melihat sudut pandang orang lain dan merasa tidak didengar atau dihargai adalah penyebab sebuah pertengkaran tak bisa mencapai resolusinya.

4. Kurangnya Komunikasi

Sedang Hamil, Ratu Rizky Nabila Gugat Cerai Suami, Ini Faktor Alasan Perceraian

Dalam pernikahan, komunikasi memegang peranan yang krusial karena dapat mempengaruhi semua aspek pernikahan. Dua orang yang tinggal bersama dalam satu atap harus dapat berkomunikasi mengenai apa yang mereka butuhkan dan memahami kebutuhan pasangan.

5. Ekspektasi yang Terlalu Berlebihan Mengenai Pernikahan

ratu rizky nabila cerai

Banyak orang yang menganggap bahwa menikah adalah solusi dari semua masalah. Sayangnya, membawa ekspektasi yang terlalu tinggi tentang pernikahan indah bak cerita dongeng dapat menjadi penyebab utama perceraian.

Harapan yang terlalu muluk dapat menimbulkan rasa stress serta membuat Parents merasa kecewa dan pasangan merasa gagal.

Artikel Terkait: Sudah Mantap Ingin Berpisah? Ini Biaya Cerai yang Harus Disiapkan

6. Kurangnya Keintiman

Sedang Hamil, Ratu Rizky Nabila Gugat Cerai Suami, Ini Faktor Alasan Perceraian

Tak hanya soal seks, kurangnya keintiman fisik seperti pelukan atau sentuhan bisa menjadi penyebab perceraian. Mengabaikan kebutuhan seksual pasangan disebut sebagai penyebab perceraian paling tinggi belakangan ini.

7. Ketidakadilan

Sedang Hamil, Ratu Rizky Nabila Gugat Cerai Suami, Ini Faktor Alasan Perceraian

Ketika salah satu pasangan merasa terlalu terbebani dengan tanggung jawab yang lebih banyak dalam pernikahan, maka hal tersebut bisa menimbulkan rasa kesal dan stress. Oleh karena itu, pasangan suami istri diharapkan saling berbagi peran agar hubungan dapat menjadi lebih harmonis.

8. Kekerasan

Sedang Hamil, Ratu Rizky Nabila Gugat Cerai Suami, Ini Faktor Alasan Perceraian

Kekerasan berkontribusi cukup besar dalam tingginya angka perceraian. KDRT atau kekerasan dalam rumah tangga sendiri dapat terjadi dalam berbagai bentuk, yaitu sebagai berikut:

  • Fisik: perilaku memukul, menendang, atau menimbulkan luka secara fisik dengan sengaja
  • Seksual: tindakan seksual yang dipaksakan
  • Psikologis: berupa intimidasi, mengisolasi korban, kontrol yang berlebihan
  • Emosional: merendahkan harga diri korban dengan kritik, penghinaan, atau cemoohan
  • Ekonomi: contohnya membatasi akses pada keuangan keluarga dan melarang atau memaksa korban untuk bekerja

Masalah-masalah di atas dapat terjadi pada siapa saja. Misalnya baik perempuan maupun laki-laki bisa menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga, seperti yang dialami oleh Ratu Rizky Nabila yang akhirnya memutuskan untuk menggugat cerai suaminya. Meskipun begitu, mari kita doakan saja yang terbaik untuk mereka berdua, ya.

Baca Juga:

Wajib Simpan! Kontak darurat pertolongan KDRT dan kekerasan seksual di seluruh Indonesia

Apakah Anda Mengalami KDRT? Tunjukkan Isyarat Tangan Ini untuk Mendapat Pertolongan!

4 Hal tentang Kekerasan Verbal dalam Rumah Tangga yang Perlu Anda Ketahui

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Sumber Berita

Continue Reading

HEALTHNEWS

10 Toko Mainan di Makassar, Produk Lengkap Harga Pas!

Published

on

By


Berkunjung ke toko mainan bisa menjadi aktivitas seru yang bisa Parents lakukan bersama si kecil. Nah, bagi Anda yang bermukim di Kota Anging Mammiri, inilah rekomendasi toko mainan di Makassar yang menawarkan produk yang lengkap dengan harga bersaing. Yuk, disimak daftarnya!

10 Toko Mainan di Makassar

1. Bandai Toko, Toko Mainan Terlengkap di Makassar

Gambar: Googlemap

Merupakan salah satu toko mainan terbesar dan terlengkap, Bandai Toko menjadi pilihan banyak Parents di Kota Anging Mammiri. Koleksi mainan di toko ini juga selalu up to date dan tersedia untuk segala jenis usia. Mulai dari boneka karakter, barbie, mobil-mobilan, lego, hingga action figure. Ada diskon 10% juga untuk setiap item, lho!

Alamat: Jl. Lasinrang No.19, Mangkura, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90114

2. Dunia Kartun

toko mainan di makassar Gambar: Googlemap

Rekomendasi toko mainan berikutnya adalah Dunia Kartun. Dengan ukuran toko yang cukup luas, berbelanja di toko ini terasa sangat nyaman dan lega. Pilihan mainan yang ditawarkan juga beraneka ragam dan tersedia untuk anak laki-laki maupun perempuan.

Toko Dunia Kartun menjadi pilihan yang cocok untuk Parents yang sedang mencari kado untuk anak-anak dan remaja.

Alamat: Jl. Lasinrang No.31, Mangkura, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90114

3. Toys Kingdom

Parents mencari mainan dari brand terbaik dengan produk berkualitas? Toys Kingdom adalah jawaban yang paling tepat.

Toko mainan yang satu ini memiliki koleksi berbagai mainan untuk segala usia. Dari segi harga, tentu saja sebanding dengan mutu layanan yang mereka berikan.

toko mainan di makassar Gambar: Googlemap

Toys Kingdom Living Plaza ada di tiga lokasi berbeda, yaitu:

Toys Kingdom Living Plaza Pettarani

Jl. A. P. Pettarani No.18, Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222

Toys Kingdom Living Plaza Latanete

Jalan Sungai Saddang I No.15, Maradekaya Selatan, Kecamatan Makassar, Pisang Sel., Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90143

Toys Kingdom Living Plaza Perintis

Tamalanrea Jaya, Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245

4. Toko Kasha 

Rekomendasi 10 Toko Mainan Terbaik di Makassar, Cek Parents! Gambar: Googlemap

Melayani penjualan grosir dan eceran mainan anak, Toko Kasha menjadi pilihan berikutnya yang bisa Parents pertimbangkan. Toko ini menyediakan produk mainan yang beragam, harganya murah namun tetap berkualitas. Produk yang dijual antara lain mobil-mobilan, boneka karakter, mobil dan motor aki anak, hingga mainan edukasi.

Alamat: Jl. Laiya No.72A, Gaddong, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90154

Artikel terkait: 7 Rekomendasi Toko Mainan di Cirebon, Terlengkap dan Harga Oke!

5. Kidz Station

Rekomendasi 10 Toko Mainan Terbaik di Makassar, Cek Parents! Gambar: Googlemap

Jika Parents yang mencari lokasi berbelanja mainan yang nyaman, Kidz Station bisa menjadi pilihan yang tepat. Jenis mainan yang ditawarkan cukup beragam dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi.

Di kota Makassar sendiri Kidz Station ada di dua pusat perbelanjaan, yaitu Mall Panakkukang dan Trans Studio Mall.

6. Toko Istana, Toko Mainan Grosir di Makkasar

toko mainan di makassar Gambar: Googlemap

Toko Istana menawarkan berbagai mainan anak untuk semua usia. Karena dibanderol dengan harga yang terjangkau alias harga grosir, toko mainan yang satu ini menjadi pilihan banyak Parents. Istimewanya lagi, harganya masih bisa nawar, lho! Tempat ini recommended untuk berburu mainan anak terutama jika berbelanja dalam jumlah banyak.

Alamat: Jl. Abdullah Daeng Sirua No.178, Tamamaung, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231

7. Toko Sanrio

toko mainan di makassar Gambar: Googlemap

Rekomendasi berikutnya adalah Toko Sanrio. Toko mainan ini menawarkan pilihan mainan yang cukup lengkap dan berkualitas. Soal harga, terbilang ramah di kantong. Asyiknya lagi, Parents pun bisa mendapat potongan harga setiap kali berbelanja.

Alamat: Jl. Lasinrang No.11, Mangkura, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90114

Artikel terkait: 10 Toko Mainan Anak di Bandung dengan Harga Terjangkau

8. Maha Agung

Rekomendasi 10 Toko Mainan Terbaik di Makassar, Cek Parents! Gambar: Googlemap

Maha Agung juga termasuk toko mainan yang banyak direkomendasikan. Toko ini menyediakan aneka jenis mainan mulai dari mobil aki, action figure, piano, boneka, dan lain sebagainya. Ada harga khusus juga buat Parents yang belanja grosiran.

Alamat: Jl. Nusakambangan No.4-6, Pattunuang, Kec. Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90174

9. Toko Star Utama, Toko Mainan di Makassar Favorit Parents

toko mainan di makassar Gambar: Googlemap

Toko mainan yang satu ini direkomendasikan oleh para Parents lantaran pelayanannya yang sangat memuaskan. Dari segi kualitas yang oke hingga harganya pun terbilang ramah di kantong.

Bagi Parents yang tak ingin repot keluar rumah, tenang saja. Berbelanja di Toko Star Utama juga bisa melalui marketplace dan Instagram mereka di @tokostarutamaa. 

Alamat: Jl. Karunrung No.7, Sawerigading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90114

10. Indomode

Rekomendasi 10 Toko Mainan Terbaik di Makassar, Cek Parents! Gambar: Googlemap

Jika Parents mencari toko mainan yang cukup lengkap dengan harga terjangkau, mampirlah ke Indomode. Toko satu ini menyediakan aneka pilihan mainan untuk si kecil.

Nah, karena pada dasarnya Indomode adalah swalayan, Parents bisa sekalian berbelanja kebutuhan rumah tangga juga di sini. Harga barangnya lebih murah dari tempat lain!

Alamat: Jl. Sultan Alauddin No.38, Mangasa, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221

****

Nah, itulah tadi 10 toko mainan terbaik di Makassar yang bisa Anda kunjungi bersama si kecil. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca juga:

id.theasianparent.com/dokter-kandungan-di-makassar

id.theasianparent.com/destinasi-wisata-terpopuler-di-makassar

id.theasianparent.com/tempat-wisata-kuliner-di-makassar

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Sumber Berita

Continue Reading

HEALTHNEWS

Maag Kronis – Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Published

on

By


Parents mengalami sakit maag berulang atau berlangsung lama? Bisa jadi Anda terkena penyakit maag kronis. 

Memang, ini merupakan penyakit kronis yang paling umum dan bisa dialami oleh banyak individu. Meski begitu, apabila kondisi maag tidak segera diatasi, hal ini akan menimbulkan komplikasi serius seperti adanya risiko kanker lambung.

Lantas, apa saja gejala dan cara mengatasi penyakit kronis yang satu ini? Yuk, simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut!

Artikel terkait: 5 Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Sakit Maag pada Anak

Maag Kronis: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Maag kronis atau bahasa medisnya gastritis kronis adalah salah satu penyakit kronis yang paling umum. Diperkirakan, lebih dari separuh populasi dunia, ratusan juta orang, mengidap penyakit ini dengan derajat keparahan yang berbeda-beda. 

Kondisi ini terjadi ketika lapisan dinding lambung (mukosa lambung) yang berfungsi sebagai perlindungan, meradang atau mengalami iritasi dalam jangka waktu lama. Bila dibiarkan, maag kronis bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya bagi pengidapnya.

Perlu dicatat, maag kronis tidak selalu bergejala. Jika ada, gejala biasanya muncul perlahan dan umumnya mencakup kondisi berikut ini:

  • Nyeri atau rasa tidak nyaman pada perut bagian atas (ulu hati)
  • Rasa terbakar atau perih di ulu hati
  • Kembung
  • Gangguan pencernaan
  • Begah atau rasa cepat kenyang walau porsi makan sedikit
  • Sering bersendawa
  • Mual dan muntah
  • Nafsu makan menurun
  • Berat badan turun tanpa disengaja
  • Perdarahan lambung yang ditandai dengan tinja berwarna kehitaman seperti kopi

Diagnosis Maag Kronis

maag kronis

Untuk mendiagnosis maag kronis, dokter akan melakukan wawancara mendalam yang mencakup riwayat penggunaan obat-obatan seperti aspirin, antinyeri golongan obat antiinflamasi non steroid (OAINS), serta kebiasaan konsumsi alkohol dan riwayat perjalanan ke negara-negara endemis infeksi bakteri H. pylori. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik pada perut.

Berdasarkan hasil wawancara dan temuan dari pemeriksaan fisik, sejumlah pemeriksaan penunjang berikut mungkin diperlukan untuk mengonfirmasi diagnosis maag kronis sekaligus menentukan penyebabnya:

  • Melakukan pemeriksaan untuk melihat ada tidaknya bakteri H. pylori yang menyebabkan perlukaan lambung. Pemeriksaan bisa berupa tes darah, analisis tinja atau uji napas urea (urea breath test).
  • Pemeriksaan darah untuk melihat ada tidaknya anemia (kekurangan sel darah merah).
  • Melakukan Pemeriksaan darah untuk menemukan antibodi yang secara keliru memicu respon kekebalan tubuh terhadap sel-sel lambung. 
  • Pemeriksaan fungsi hati dan ginjal.
  • Melakukan Pemeriksaan tinja untuk melihat ada tidaknya perdarahan lambung.

Pemeriksaan lain yang juga mungkin dilakukan yakni:

  • EGD (esophagogastroduodenoscopy) atau disebut gastroskopi. Ini merupakan endoskopi saluran cerna bagian atas. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memeriksa tanda-tanda peradangan pada dinding lambung dengan memasukkan selang berkamera melalui mulut menuju kerongkongan, lambung, dan usus dua belas jari. Biasanya, dilakukan pula biopsi jaringan untuk melihat ada tidaknya infeksi bakteri H. pylori. 
  • Barium swallow atau disebut juga upper gastrointestinal (UGI) series. Pada, pemeriksaan ini diambil beberapa foto rontgen saluran cerna secara serial. Sebelumnya, individu diminta untuk menelan cairan yang mengandung barium. Cairan ini akan melapisi bagian dalam lambung, kerongkongan, dan usus dua belas jari, sehingga kelainan anatomi seperti ulkus, polip, atau kelainan lainnya, lebih terlihat dengan sinar X.

Penyebab dan Faktor Risiko

Penyakit Maag Kronis Jangan Diabaikan, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Maag kronis bisa disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya:

  • Penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) jangka panjang seperti ibuprofen, piroxicam, mefenamic acid, meloxicam, methampyrone, dan lain sebagainya. 
  • Konsumsi alkohol yang berlebihan.
  • Infeksi bakteri H. pylori. 
  • Penyakit tertentu, seperti diabetes atau gagal ginjal.
  • Sistem kekebalan tubuh yang melemah.
  • Mengalirnya cairan empedu ke dalam lambung (refluks).
  • Stres psikologis yang intens.

Berdasarkan penyebab-penyebab ini, maag kronis dibagi menjadi beberapa tipe, yakni:

  • Tipe A disebabkan oleh reaksi autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel lambung. Selanjutnya, hal Ini akan meningkatkan risiko individu mengalami kekurangan vitamin, anemia, dan kanker.
  • Tipe B disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori. Tipe ini adalah yang paling umum ditemukan sebagai penyebab maag kronis. Dalam jangka panjang, dapat terjadi tukak pada lambung dan usus dua belas jari, serta kanker. 
  • Tipe C disebabkan oleh iritasi bahan kimia seperti OAINS, alkohol dan cairan empedu. Ketiganya menyebabkan erosi dinding lambung sehingga terjadi perdarahan.

Tipe lain maag kronis bisa disebabkan oleh kekurangan protein (giant hypertrophic gastritis) atau terjadi bersamaan dengan adanya kondisi alergi seperti asma atau eksim (eosinophilic gastritis).

maag kronis

Di samping penyebab-penyebab di atas, risiko mag kronis juga meningkat bila gaya hidup atau pola makan seseorang memicu perubahan pada dinding lambung, seperti:

  • Sering mengonsumsi makanan tinggi garam atau pengawet
  • Mengonsumsi makanan tinggi lemak dan minyak, khususnya asam lemak jenuh dan asam lemak trans
  • Merokok
  • Mengonsumsi alkohol jangka panjang
  • Menggunakan narkoba seperti kokain
  • Adanya stres psikologis yang berkepanjangan akibat tuntutan pekerjaan atau peristiwa yang traumatis 

Artikel terkait: 7 Makanan penyebab maag pada anak, apa saja yang harus dikurangi?

Cara Mengobati 

Penyakit Maag Kronis Jangan Diabaikan, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Sesuai namanya “maag kronis”, artinya kondisi ini dapat terus menerus ada. Oleh sebab itu, pengobatan tidak bertujuan untuk menyembuhkan secara total melainkan untuk mengelola gejala dan meningkatkan kualitas hidup pengidapnya. 

Pada prinsipnya, pilihan jenis pengobatan bergantung pada tipe, penyebab dan tingkat keparahan penyakit. Umumnya, ini mencakup pemberian obat-obatan dan pengaturan pola makan. 

Pada maag kronis tipe A, pengobatan ditujukan untuk mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan kekurangan zat gizi yang terjadi. Pada tipe B, perlu digunakan antibiotik untuk menghilangkan bakteri H. pylori. Dan pada tipe C, pemicu maag seperti OAINS dan alkohol perlu dihentikan konsumsinya untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada lambung.

Penyakit Maag Kronis Jangan Diabaikan, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Pada semua tipe maag kronis, digunakan obat-obatan yang bertujuan untuk mengurangi kadar asam lambung. Tiga golongan obat yang kerap digunakan yakni:

  • Antasida. Obat golongan ini biasanya mengandung garam basa magnesium, kalsium, natrium, atau aluminium untuk menetralkan asam lambung. Namun, obat antasida kadang menyebabkan sembelit atau diare.
  • Penghambat pompa proton (Proton-pump inhibitors/PPIs). Obat-obat ini menurunkan produksi asam lambung. Yang bisa dibeli secara bebas yakni lansoprazole dan omeprazole dosis rendah. 
  • Penghambat reseptor H2 (H2 blockers). Golongan ini merupakan antihistamin yang membantu mengurangi produksi asam lambung. Sebagian besar obat golongan ini bisa dibeli secara bebas.

Terkait dengan pola makan, individu dengan maag kronis perlu:

  • Mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi alkohol
  • Hindari makanan pedas
  • Menghindari makanan tinggi lemak dan berminyak seperti gorengan
  • Menghindari makanan asam seperti jus dan buah jeruk
  • Makan dalam porsi yang sedikit tapi sering (5-6 kali sehari)
  • Mengurangi konsumsi garam
  • Mengurangi konsumsi daging merah

Artikel terkait: 9 Cara alami atasi maag saat hamil, Bunda wajib tahu!

Penyakit Maag Kronis Jangan Diabaikan, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Konsumsi makanan sehat dan seimbang yang kaya antioksidan, serat dan probiotik juga dapat membantu. ini bisa didapat dari buah dan sayuran segar, roti/pasta/nasi/serealia dari biji-bijian utuh, produk fermentasi seperti yogurt, serta protein tanpa lemak (dada ayam, ikan, polong-polongan, kacang kacangan, dan biji-bijian).

Sebagian individu dengan maag kronis juga bisa mendapatkan manfaat dari konsumsi makanan yang bersifat antiseptik seperti bawang putih, jintan, jahe, temulawak, cranberi, dan paprika.

Di samping itu, perlu dilakukan perubahan gaya hidup yang mencakup berhenti merokok, rutin berolahraga, minum air putih 2-2,5 L per hari, sebisa mungkin menghindari penggunaan OAINS, dan mengelola stres.

Komplikasi yang Perlu Diwaspadai

maag kronis

Maag kronis biasanya cepat membaik segera setelah pengobatan dimulai. Namun bila tidak diobati, dapat berkembang ke titik di mana dinding lambung mengalami kerusakan parah sehingga individu berisiko mengalami:

  • Tukak lambung. Setelah luka dalam (ulkus) mulai terbentuk, proses ini secara progresif akan merusak jaringan sekitar sehingga semakin melebar. Ulkus yang berat pada akhirnya dapat menyebabkan perdarahan lambung, yang bersifat mengancam jiwa.
  • Anemia akibat kekurangan zat besi. 
  • Anemia akibat perdarahan lambung.
  • Kekurangan vitamin B-12.
  • Pertumbuhan abnormal di dalam lambung seperti polip dan tumor lambung.

Meski risikonya rendah, individu dengan maag kronis yang tidak diobati juga lebih berisiko mengalami kanker lambung ketimbang populasi umum. Oleh sebab itu, jangan pernah remehkan penyakit maag. Segeralah konsultasi ke dokter dan mencari pengobatan meski gejala hanya timbul sesekali atau tidak mengganggu.

***

Baca juga: 

id.theasianparent.com/obat-diare

id.theasianparent.com/cara-membuat-oralit-untuk-bayi

id.theasianparent.com/sakit-maag-saat-hamil

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
  • Sebuah galat telah terjadi, yang kemungkinan berarti umpan tersebut sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Trending