Connect with us

MEDIA TERKEMUKA

7 Rekomendasi Wisata Air di Klaten, dari Umbul Ponggok hingga Umbul Kemanten

Published

on


TEMPO.CO, JakartaKabupaten Klaten, Jawa Tengah, memiliki destinasi wisata andalan berupa umbul atau sumber mata air alami. Dijuluki sebagai Kota 1001 Umbul, keberadaan umbul di sana tersebar di 26 kecamatan, mulai dari Umbul Ponggok sampai Umbul Kemanten.

Banyaknya umbul tersebut kini telah menjadi identitas Kabupaten Klaten sebagai daya tarik wisata. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tujuh rekomendasi wisata air alami atau umbul di Klaten yang wajib dikunjungi: 

1. Umbul Ponggok 

Advertisement

Berada di Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten, Umbul Ponggok telah menjadi wisata air yang sedang naik daun di Klaten. Tidak hanya mandi dan berenang, wisatawan juga dapat berswafoto di dasar kolam. Hal ini karena kualitas air di Umbul Ponggok terkenal sangat jernih dan segar. 

2. Umbul Kapilaler 

Sekilas kondisi Umbul Kapilaler terlihat tidak jauh berbeda dengan kolam air pada umumnya. Namun berkat gotong royong warga setempat, kolam air tersebut diubah menjadi destinasi wisata air favorit di Klaten. Memiliki kedalaman 1,7-1,8 meter dengan air yang sangat jernih membuat wisatawan betah untuk berenang. 

3. Umbul Cokro 

Umbul Cokro atau juga dikenal dengan Umbul Cokro Tulung terletak di Desa Cokro, Tulung, Klaten. Keberadaan Pohon Ingas di sekitaran lokasi membuat umbul ini juga kerap disebut Umbul Ingas. Berbeda dengan umbul lainnya, fasilitas di Umbul Cokro sangat lengkap. Mulai dari water slide, snorkeling, river tubing, ATV, dan masih banyak lagi. 

Advertisement

4. Umbul Pelem 

Umbul Pelem berada di Desa Wunut, Kecamatan Tulung, atau sekitar 4,5 kilometer dari Umbul Ponggok. Melansir Visit Jawa Tengah, sebenarnya Umbul Pelem sudah ada sejak berpuluh tahun lalu. Setelah dilakukan renovasi besar-besaran selama setahun, pada Mei 2018 wisata air ini dibuka kembali. Yang membedakan Umbul Pelem dengan umbul lainnya adalah terdapat fasilitas kolam renang. 

5. Umbul Nilo 

Umbul Nilo di Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten, menjadi salah satu umbul legendaris di Klaten. Mata air di Umbul Nilo melimpah sehingga tak hanya bisa digunakan untuk berenang namun juga dimanfaatkan untuk aktivitas warga sehari-hari. Karena airnya jernih dan segar, umbul ini kerap dimanfaatkan sebagai terapi penyembuhan penyakit, seperti stroke. 

6. Umbul Sigedang 

Advertisement

Wisata air alami atau umbul di Klaten selanjutnya yang tak kalah favorit adalah Umbul Sigedang. Lokasinya tidak jauh dengan sumber mata air atau sumur milik PT TIV AQUA, tepatnya di Desa Karanglo, Polanharjo, Klaten. Wisatawan biasanya akan tertarik untuk berswafoto, bermain air, menyelam, berendam, hingga menikmati kesegaran sumber mata air tersebut. 

7. Umbul Kemanten 

Umbul Kemanten merupakan kolam alami yang dimanfaatkan sebagai tujuan wisata air di Desa Sidowayah, Polanharjo, Klaten. Umbul ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni berupa pepohonan besar yang menambah keindahan kawasannya. Kawasan wisata pemandian alami ini mulai populer dan ramai dikunjungi sejak 2015. Adapun jam operasional wisata Umbul Kemanten buka mulai dari jam 07.30-17.30 WIB. 

HARIS SETYAWAN

Baca juga: Berfoto Ria di Dasar Umbul Ponggok Klaten

Advertisement





Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.