Connect with us
google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0

MEDIA TERKEMUKA

Goyang Dominasi Apple, Samsung Benamkan Exynos W920, Chip Ringkas Untuk Galaxy Watch 4

Published

on


Jakarta, Selular.ID – Raksasa Korea Selatan, Samsung merinci prosesor terbarunya, Exynos W920, yang dirancang untuk menghadirkan UI (user interface) wearable yang lebih responsif sambil menyediakan konektivitas LTE berkualitas tinggi. Chip berukuran compact itu akan digunakan pada jam tangan pintar berikutnya.

Exynos W920 mengintegrasikan modem LTE dengan node proses 5nm yang canggih.  Terdapat fitur dual core dan GPU berdasarkan teknologi Arm, yang diklaim Samsung mampu meningkatkan kinerja CPU sekitar 20% dan grafis sebesar 10% dibandingkan dengan pendahulunya.

Samsung Exynos W920 adalah penerus dari Exynos 9110 yang dihadirkan tiga tahun lalu. Prosesor baru ini akan menjadi memperkuat jam pintar Samsung Galaxy Watch 4 dan Watch 4 Classic yang segera diperkenalkan. 

Advertisement

Samsung menambahkan bahwa ini adalah desain terkecil yang tersedia untuk sebuah chip yang menggabungkan berbagai fiturnya: “ukuran prosesor yang ringkas memungkinkan jam tangan pintar untuk menampung baterai yang lebih besar atau mengenakan desain yang lebih ramping”.

Prosesor ini juga kompatibel dengan platform wearable terpadu baru yang dikembangkan bersama Google. Ini akan debut di jam tangan Samsung yang akan datang.

VP pemasaran Samsung untuk divisi LSI Harry Cho menyatakan, bahwa chip tersebut akan memungkinkan perangkat yang dapat dikenakan untuk “menjalankan aplikasi dengan UI yang menarik secara visual dan pengalaman pengguna yang lebih responsif sambil membuat Anda tetap terhubung saat bepergian dengan LTE cepat”.

Peluncuran Galaxy Watch 4 dan Watch 4 Classic yang sudah diperkuat chips terbaru, Exynos W920, menjadi penanda bahwa Samsung berusaha mempersempit penguasaan pangsa pasar jam tangan pintar yang saat ini masih didominasi oleh Apple. 

Seperti diketahui, meski menyandang predikat sebagai penguasa pasar smartphone dunia, namun di industri smartwatch, penguasaan pasar Samsung masih kalah jauh di bawah Apple.

Advertisement

Menurut laporan Counterpoint Research, Apple mampu meningkatkan pengiriman Apple Watch sebesar 50% dari tahun ke tahun pada kuartal pertama tahun 2021. Meningkatnya jumlah pengiriman, membuat pertumbuhan Apple sedikit di atas industri secara keseluruhan yang tumbuh 35%.

Berturut-turut penguasa smartwatch global versi Counterpoint adalah Apple (33,5%),  Huawei 8,4%, Samsung 8%,  iMoo 5,1%, Fitbit 4,2%, dan vendor lainnya (40,8%). Dengan penguasaan pasar yang dominan, Apple disebut-sebut mewakili pangsa pendapatan lebih dari 60%. 

Apple Watch Series 6 dijual mulai dari $400 hingga lebih dari $1.000 tergantung pada opsi, gaya casing, model dan bahan tali jam, dan banyak lagi. Pesaing terdekatnya Fitbit Sense dijual seharga $300, dan Samsung Galaxy berkisar dari $200-400. Posisi berikut ada Huawei dan merek-merek lain yang dijual lebih murah namun memiliki pangsa pasar gabungan yang signifikan.



Sumber Berita

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *