Hakim Federal Hentikan Sementara Larangan Perawatan Kesehatan Transgender Arkansas, Berdalih Itu Menyebabkan ‘Kerugian yang Tidak Dapat Diperbaiki’

  • Bagikan


Seorang hakim federal pada hari Rabu memblokir sementara undang-undang Arkansas yang akan melarang pemuda transgender dari menerima perawatan kesehatan yang menegaskan gender sementara gugatan menantang konstitusionalitas hukum berlangsung. Undang-undang itu akan mulai berlaku pada 28 Juli.

Pada bulan April, Arkansas menjadi negara bagian pertama di AS yang menyetujui larangan yang akan mencegah dokter dari memberikan perawatan yang menegaskan gender — termasuk pengobatan hormon dan penghambat pubertas — kepada pasien di bawah 18 tahun. Undang-undang juga akan mencegah dokter dari merujuk pasien ke dokter lain yang memberikan perawatan yang menegaskan gender. American Civil Liberties Union (ACLU) mengajukan gugatan pada bulan Mei atas nama empat transgender anak-anak, keluarga dan dua dokter mereka menentang larangan tersebut, dengan alasan itu melanggar Konstitusi dan mengancam kesejahteraan remaja trans. Pada hari Rabu, Hakim Distrik AS Kay Moody di Little Rock, Ark., menempatkan perintah awal pada penegakan hukum sementara kasus tersebut bergerak melalui sistem hukum.
[time-brightcove not-tgx=”true”]

“Mencabut perawatan ini dari pasien ini, atau anak di bawah umur, akan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki,” kata Moody atas putusannya, Menurut Associated Press.

Baca lebih banyak: Di Arkansas, Pemuda Trans Menghadapi Hukum Terketat Negara

“Keputusan ini mengirimkan pesan yang jelas ke negara bagian di seluruh negeri bahwa perawatan yang menegaskan gender adalah perawatan yang menyelamatkan jiwa, dan kami tidak akan membiarkan politisi di Arkansas—atau di tempat lain—mengambilnya,” kata Holly Dickson, direktur eksekutif ACLU Arkansas, dalam sebuah pernyataan. “Kemenangan hari ini adalah bukti dari pemuda trans Arkansas dan sekutunya…yang akan terus membela hak semua transgender untuk menjadi diri mereka yang sebenarnya, bebas dari diskriminasi. Kami tidak akan berhenti sampai hukum yang kejam dan tidak konstitusional ini dicabut untuk selamanya.”

Atas perkenan dari ACLU/Rana YoungDylan Brandt, lima belas tahun, salah satu dari empat anak trans yang diwakili dalam gugatan ACLU, pada protes awal tahun ini.

“Inilah saya, dan membuat frustrasi mengetahui bahwa tempat yang saya tinggali sepanjang hidup saya memperlakukan saya seperti mereka tidak menginginkan saya di sini,” kata Dylan Brandt, 15 tahun, salah satu penggugat, dalam sebuah pernyataan ketika gugatan diajukan pada bulan Mei. Jika undang-undang tersebut mulai berlaku, Brandt akan kehilangan akses ke perlakuan yang menegaskan gender yang dia terima selama hampir satu tahun.

“Memiliki akses ke perawatan berarti saya bisa menjadi diri sendiri, dan menjadi lebih sehat dan lebih percaya diri—secara fisik dan mental,” kata Brandt. “Memikirkan hal itu merenggut dan kembali ke keadaan saya sebelumnya sangat menghancurkan.”

Pendukung hukum Partai Republik, berjudul, “Selamatkan Remaja dari Eksperimen (SAFE) Act,” berpendapat bahwa hukum dimaksudkan untuk melindungi anak di bawah umur siapa yang mereka katakan? terlalu muda untuk membuat keputusan yang berkaitan dengan perawatan yang menegaskan gender. Pendukung hak trans telah mengutuk argumen itu sebagai berbahaya, mencatat bahwa semua keputusan medis yang berkaitan dengan anak di bawah umur dibuat dengan berkonsultasi dengan orang tua dan penyedia medis mereka, dan berpendapat bahwa undang-undang mencegah dokter memberikan perawatan yang berpotensi menyelamatkan nyawa.

Gubernur Arkansas dari Partai Republik, Asa Hutchinson, telah memveto RUU tersebut pada 5 April, menyebutnya sebagai “pelanggaran pemerintah yang luas.” Namun hak vetonya ditolak oleh legislatif negara bagian mayoritas Republik pada hari berikutnya, dalam 71-24 suara di DPR dan 25-8 suara di Senat.

Baca lebih banyak: Dalam Menang Untuk Hak LGBTQ, Mahkamah Agung Menolak untuk Mendengarkan Banding Menantang Putusan Hak Trans Landmark

“Orang-orang muda ini tidak akan dapat memperoleh perawatan medis yang disetujui oleh dokter dan orang tua mereka — dan mereka yang sudah menerima perawatan akan dihentikan pengobatannya secara tiba-tiba — yang dapat memiliki konsekuensi serius dan berpotensi mengancam jiwa,” pengajuan ACLU mengatakan, dengan alasan bahwa RUU tersebut melanggar Klausul Perlindungan Setara dan Klausul Proses Karena Amandemen Keempat Belas, serta Amandemen Pertama dengan melarang penyedia layanan kesehatan memberikan rujukan.

“Untuk beberapa remaja transgender, prospek kehilangan perawatan medis kritis ini, bahkan sebelum undang-undang itu berlaku, tidak tertahankan,” lanjut pengajuan tersebut. “Dalam beberapa minggu setelah RUU itu disahkan, setidaknya enam remaja transgender di Arkansas mencoba bunuh diri.”

Baca lebih banyak: HRC Mengajukan Gugatan Menantang Larangan Olahraga Transgender Florida — dan Mengumumkan Lebih Banyak Yang Akan Datang

Undang-undang Arkansas hanyalah salah satu dari banyak RUU yang menargetkan hak-hak transgender yang telah diusulkan di legislatif negara bagian dalam tujuh bulan terakhir. Setidaknya 250 undang-undang anti-LGBTQ telah diperkenalkan di badan legislatif negara bagian pada tahun 2021 saja, menurut kelompok advokasi LGBTQ Kampanye Hak Asasi Manusia, dan setidaknya 35 di antaranya bertujuan untuk membatasi kemampuan remaja transgender untuk menerima perawatan medis yang menegaskan gender.

Beberapa dari tagihan tersebut juga telah menjadi subyek litigasi; sebelumnya pada bulan Juli seorang hakim federal di Tennessee juga memblokir undang-undang yang mengharuskan bisnis dan entitas lain untuk memberi tahu pelanggan jika mereka mengizinkan orang transgender menggunakan toilet umum yang sesuai dengan identitas gender mereka, sebagai tanggapan atas gugatan yang diajukan oleh ACLU.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mungkin berpikir untuk bunuh diri, hubungi National Suicide Prevention Lifeline di 1-800-273-8255 atau SMS HOME ke 741741 untuk mencapai Crisis Text Line. Dalam keadaan darurat, hubungi 911, atau cari perawatan dari rumah sakit setempat atau penyedia kesehatan mental.

Sumber Berita



Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *