Connect with us

SELULAR

Malware Misterius Susupi Puluhan Ribu MacBook

Published

on


Jakarta, Selular.ID – Peneliti keamanan Red Canary dan Malwarebytes menemukan perangkat Apple MacBook disusupi virus malware (malicious software). Hasil penelitian menunjukkan 29 ribu MacBook di seluruh dunia diserang malware yang mereka beri nama ‘Silver Sparrow’.

Masalah ini agak membingungkan para peneliti Red Canary, menurut mereka tidak jelas apa tujuan malware tersebut. Dalam sebuah unggahan blog, perusahaan tersebut mengatakan tidak mengamati malware mengirimkan “muatan berbahaya” atau tindakan berbahaya terhadap perangkat.

Dalam laporan tersebut dijelaskan lebih detail bahwa malware ini tidak hanya menargetkan Intel, tetapi juga Mac yang lebih baru seperti chip M1 milik Apple. Silver Sparrow dapat berjalan secara native di Mac M1, yang punya arsitektur chip berbeda dengan Mac dengan prosesor Intel.

Silver Sparrow adalah malware kedua yang berhasil menyerang Mac M1. Setelah sebelumnya sempat ditemukan sebuah malware menyerang Mac anyar tersebut, yang uniknya, sama-sama belum jelas apa fungsi utamanya.

Silver Sparrow ini sudah ditemukan di 153 negara dan paling banyak di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Prancis, dan Jerman. Menurut para peneliti, malware ini baru beraksi jika syarat-syaratnya sudah terpenuhi. Tidak sampai di situ, ternyata Silver Sparrow juga punya mekanisme untuk menghancurkan diri sendiri. Meski belum jelas apa yang menjadi pemicu mode itu aktif.

Sebelumnya peneliti keamanan Patrick Wardle juga telah menemukan aplikasi berbahaya yang dibuat khusus untuk chip M1. Jelasnya, hacker mulai menargetkan sistem tersebut. Dia menulis dalam postingan blog, seperti dilaporkan Wired, ekstensi adware Safari, yang disebut GoSearch22, pada awalnya dirancang untuk prosesor Intel X86.

Baca Juga:Hacker Mulai Mengeintai Chip M1 Apple

GoSearch22 tampaknya adalah varian dari adware Mac terkenal Pirrit. Wardle mengatakan kepada Motherboard, malware tersebut tampaknya fairly vanilla. Mereka mengumpulkan data pengguna dan membumbui layar dengan iklan terlarang.

Keberadaan GoSearch22, tulis Wardle, mengonfirmasi pembuat malware atau adware memang bekerja untuk memastikan kreasi jahat mereka secara native kompatibel dengan hardware baru Apple. Wardle menemukan malware tersebut di platform pengujian antivirus milik Alphabet, temuan mendapatkan ada seseorang mengunggahnya pada Desember.
Dengan ditemukannnya malware, anggapan bahwa produk Apple terbebas dari serangan virus sepertinya itu tidak seratus persen benar.

 



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SELULAR

Terbatas, Edisi Spesial Oppo Reno5 Dijual Melalui Undangan

Published

on

By


Jakarta, Selular.ID – Sebelumnya Oppo telah mengumumkan akan segera merilis perangkat edisi khusus Reno5. Kemungkinan besar perangkat ini akan dijual dalam jumlah yang sangat terbatas di Indonesia.

Oppo menjanjikan perangkat ini memiliki kustomisasi mulai pada kemasan hingga desain perangkat. Agaknya edisi spesial ini dibuat tampil layaknya edisi spesial perangkat Oppo yang dijual khusus untuk pasar Tiongkok seperti Oppo ACE Gundam atau Oppo Find X2 League of Legends edition.

“Kami akan menjual edisi spesial Reno5 ini dalam jumlah yang sangat-sangat terbatas, mungkin di bawah ratusan unit. Nantinya, perangkat ini dijual melalui sistem undangan. Sementara ini, kami masih mengatur bagaimana nanti mekanismenya. Kami pastikan bahwa perangkat ini meluncur pada Maret ini,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia.

Oppo tergolong banyak menghadirkan perangkat smartphone edisi spesial yang dijual dalam jumlah terbatas. Bahkan, Oppo pernah menjual perangkat dalam jumlah yang sangat terbatas pada perangkat F1 Plus FC Barcelona Edition.

Kala itu, Oppo hanya menghadirkan 10 unit perangkat di Indonesia dari 10.000 unit yang beredar di seluruh dunia. Oppo menjual perangkat ini melalui sistem pendaftaran dan kemudian mengundinya. Saat itu, ada lebih dari 3000 konsumen yang tertarik untuk mendapatkan perangkat ini.

Kemungkinan yang sama dapat diterapkan Oppo pada perangkat Reno5 edisi spesial kali ini, mengingat perangkat tersebuat nantinya hanya dijual melalui sebuah undangan.

Oppo Reno5 merupakan perangkat terlaris seri Reno yang diperkenalkan di awal tahun 2021. Setelah diluncurkan, perangkat ini mendulang berbagai kesuksesan. Hal ini tidak lepas dari racikan Oppo terutama pada harga yang ditawarkan dengan berbagai fitur baru yang menarik minat konsumen.

Berbagai keunggulan fitur baru diusung perangkat ini terutama pada sisi videografi yang juga diramalkan Oppo akan menjadi tren di tahun ini. Perangkat ini menghadirkan sebuah desain tipis dengan warna yang dapat berubah–ubah, pengisian daya yang sangat cepat, dan juga berbagai fitur kamera yang dapat mengakomodir sebagian besar kebutuhan anak muda Indonesia.

Saat ini, Oppo Reno5 dibandrol dengan harga Rp4.999.000 di Indonesia.



Sumber Berita

Continue Reading

SELULAR

Perkuat Bidang Edutech, Bytedance Rekrut 13 Ribu Karyawan Baru

Published

on

By


Jakarta, Selular.ID – Bytedance dikabarkan akan mempekerjakan 13 ribu karyawan baru untuk memperkuat basis teknologi pendidikan (edutech) di China.

Pengembang aplikasi populer video pendek Tiktok itu menjelaskan untuk tahap awal akan mempekerjakan 10.000 profesional, termasuk tutor dan perancang kursus, di China selama empat bulan ke depan, kata perusahaan itu di akun WeChat resminya.

Selanjutnya Bytedance  akan merekrut kembali lebih dari 3.000 lulusan baru selama semester musim semi sebagai bagian dari rencana ekspansi di 11 kota, lanjutnya dalam keterangannya.

Baca juga: Rekomendasi 5 Smartphone Infinix Terbaru 2021

Tak dipungkiri pandemi Covid-19  yang mendorong masyarakat untuk bekerja sekaligus belajar secara jarak jauh, mendorong ruang Pendidikan berpindah ke rumah. Pangsa pasarnya di China sangat besar hingga mendorong perusahaan yang berbasis di Beijing itu mempersiapkan betul usahanya.

Hal ini terlihat pada Oktober tahun lalu, Bytedance secara resmi  telah meluncurkan merek teknologi pendidikanya yang diberi nama Dali, untuk menampung semua bisnis pendidikan dan sudah memiliki setidaknya kurang lebih  10.000 karyawan.

Bytedance sendiri diketahui sudah cukup lama menekuni sektor pendidikan, tepatnya dimulai pada 2016 lalu dengan berinvestasi di startup edtech dan juga mengembangkan produk pendidikannya sendiri.

Baca juga: Sedang Dianalisa SWI, Ini Dia Syarat Agar Vtube Tidak Ilegal

Sementara itu,  perusahaan besar dibalik Tiktok itu sedang pengawasan global, karena dicurigai menjalankan praktik pengumpulan data. Aplikasi berbagi video pendek populer itu bahkan telah dilarang di India. Sesuai laporan, Bytedance sedang mempertimbangkan untuk menjual operasi Tiktok di negeri Bollywood untuk menyaingi pemilik platform Glance.

Menurut sebuah laporan, tahap penjajakan Tiktok untuk pasar India tersebut sudah berada dalam pembahasan yang diprakarsai oleh raksasa investasi Jepang SoftBank, yang memiliki kepemilikan saham di perusahaan induk Glance, InMobi Pte serta induk TikTok, ByteDance.



Sumber Berita

Continue Reading

SELULAR

Samsung Galaxy A32 Sekarang Punya Varian 4G

Published

on

By


Jakarta, Selular.ID – Sama seperti Huawei P40 yang hadir dengan koneksi 5G tahun lalu, dan disusul setahun kemudian muncul opsi 4G, kini giliran Samsung. Raksasa teknologi Korea Selatan itu memperkenalkan smartphone Galaxy A32 5G awal tahun ini, dan sekarang menghadirkan versi alternatif untuk pasar khusus LTE.

Ponsel ini bernama Samsung Galaxy A32 dan sudah dijual di Rusia.

Perbedaan antara keduanya ternyata signifikan, melampaui dukungan jaringan. Perubahan terbesar adalah chipset Helio G80 menggantikan Dimensity 720, tetapi ada juga layar baru, kamera utama yang ditingkatkan, dan kamera selfie yang lebih baik.

Samsung Galaxy A32 memiliki layar Infinity-U dengan panel Super AMOLED 6,4 inci di bagian depan dengan resolusi Full HD+. Kamera depan, terselip di waterdrop notch memiliki sensor 20MP dan lensa f/2.2, tapi tidak ada autofokus.

Di bawah layar ada pemindai sidik jari, dengan keseluruhan ensemble dilindungi lapisan Gorilla Glass 5.

Di bagian belakang ponsel memiliki tampilan yang sama: tiga kamera dengan lensa menonjol. Galaxy A32 menghadirkan kamera utama 64MP vs 48MP untuk versi 5G, sementara tiga lainnya tetap sama: unit ultrawide 8MP dan beberapa sensor 5MP untuk kedalaman dan makro.

Baterainya berkapasitas 5.000mAh dengan kemampuan pengisian cepat 15W melalui port USB-C. Ponsel ini menjalankan One UI 3.1 yang didasarkan pada Android 11.

Samsung Galaxy A32 memiliki RAM 4GB dan penyimpanan 64GB atau 128GB. Harga di Rusia masing-masing adalah RUB19.990 atau setara Rp3,8 juta dan RUB21.990 atau sekitar Rp4,2 juta. Konsumen di sana bisa memilih salah satu dari tiga warna: Awesome Violet, Awesome Black, Awesome Blue.



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
  • Sebuah galat telah terjadi, yang kemungkinan berarti umpan tersebut sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Trending