Connect with us

MEDIA TERKEMUKA

Mendag Zulkifli Hasan Resmikan Ruang Trade Display di KBRI Kairo

Published

on

[ad_1]

INFO NASIONAL – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meresmikan Ruang Trade Display di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kairo, Mesir pada Senin 15 Mei 2023. Dia pun mengajak diaspora Indonesia di Mesir untuk mempromosikan produk Indonesia melalui Ruang Trade Display.

“Diharapkan diaspora Indonesia di Mesir dapat memanfaatkan Ruang Trade Display sebagai salah satu upaya untuk melihat peluang-peluang usaha yang mungkin digarap dalam kesempatan yang lebih luas lagi dan peningkatan hubungan perdagangan kedua negara,” kata Mendag Zulkifli Hasan yang didampingi Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono, dan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Budi Santoso.

Ruang Trade Display akan menampilkan produk-produk unggulan Indonesia. Ruang ini dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai ajang promosi dan membidik peluang usaha dalam meningkatkan hubungan dagang kedua negara. Ruang Trade Display juga menjadi tempat untuk menyambut buyers dan pengusaha Mesir yang berkunjung ke KBRI Kairo.

Advertisement

Selain itu, Ruang Trade Display ini   dapat   dimanfaatkan   untuk   tempat penjajakan  kesepakatan  bisnis (business  matching),  pameran  kecil (mini  exhibition),  serta  tempat untuk meningkatkan komunikasi dan interaksi antara pelaku usaha kedua negara. “Ruang Trade Display perlu dipromosikan kepada para pelaku usaha di Mesir agar pemanfaatannya lebih maksimal sebagai jembatan penghubung perdagangan kedua negara,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Pada kesempatan itu Mendag Zulkifli Hasan juga melakukan pertemuan dengan diaspora Indonesia di Wisma Duta, KBRI Kairo, Mesir. Diaspora Indonesia di Mesir mencakup antara lain mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi di Mesir dan pekerja yang menetap di Mesir, termasuk warga negara Indonesia yang menikah dengan warga negara Mesir. “Secara langsung maupun tidak langsung, keberadaan Saudara di rantau turut berperan dalam menggerakkan roda perdagangan Indonesia di pasar global,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Orang Indonesia yang tinggal di negeri orang, kata dia, akan selalu rindu dengan  kuliner  daerah  asal  mereka. Hal ini dengan sendirinya telah menciptakan peluang pasar, salah satunya adalah ekspor bahan pangan dari Indonesia. “Terlebih jika memperkenalkan makanan Indonesia ke rekan kerja atau  teman kuliah dari Mesir atau negara lain. Saudara berkontribusi mempromosikan produk-produk Indonesia,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Jika konsisten mempromosikan dan berbisnis produk Indonesia, diaspora dapat bertransformasi sebagai pembeli atau distributor produk-produk Indonesia di Mesir dan negara-negara tetangganya. Mendag Zulkifli Hasan pun menempatkan diaspora sebagai duta bangsa yang merefleksikan wajah Indonesia. Tidak menutup kemungkinan, jika usahanya berkembang, diaspora dapat menjadi agen bisnis dalam memasarkan produk Indonesia di Mesir.

Menurut Mendag Zulkifli Hasan, salah satu keuntungan tinggal lama di suatu negara adalah dapat mengumpulkan informasi pasar negara tersebut. Diaspora umumnya dapat mengenal karakter penduduk setempat, termasuk produk yang dibutuhkan. “Saudara juga memiliki pengetahuan yang lebih mumpuni tentang tren dan selera pasar di Mesir. Bisa jadi, Saudara juga telah hapal jaringan ritel  dan industri besar yang mendominasi pasar di Mesir.  Pengetahuan dan pengalaman yang Saudara  miliki  tersebut merupakan aset  bisnis tak ternilai dan menjadi peluang ekonomi,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Advertisement

Kementerian Perdagangan dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kairo berkomitmen membantu diaspora Indonesia untuk menjembatani perdagangan antara Indonesia dan Mesir. Untuk itu, Atase  Perdagangan Kairo siap membantu diaspora Indonesia yang ingin menjalin hubungan bisnis yang melibatkan Indonesia dan Mesir. “Jika ada di antara Saudara yang  telah memiliki izin usaha resmi di  sektor perdagangan dan distribusi, silakan menghubungi Atase Perdagangan di KBRI Kairo untuk membahas peluang pasar Mesir yang bisa dimanfaatkan oleh diaspora.”

Duta  Besar  RI  di  Kairo,  Lutfi  Rauf  menyambut  kedatangan  Mendag  Zulkifli  Hasan  dan  delegasi  RI pada   rangkaian   misi   dagang   serta   menyampaikan   apresiasi   atas   komitmen   Kementerian Perdagangan  untuk  memperluas  perdagangan  ke  Mesir.  Diaspora Indonesia   di   Mesir , kata dia,  harus   jeli   melihat   peluang   ke   depan, khususnya   setelah   dilakukan penandatanganan Joint Trade Comission (JTC) antara Indonesia dan Mesir.

“Melalui JTC, peluang eksportir Indonesia untuk masuk ke pasar Mesir dan sekitarnya semakin terbuka.  Jadi, silahkan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengembangkan bisnis para diaspora Indonesia di Mesir,” kata Duta Besar Lutfi Rauf. (*)



[ad_2]

Sumber Berita

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *