Connect with us

MEDIA TERKEMUKA

Mengenal 6 Raksasa Digital Asal Taiwan

Published

on


TEMPO.CO, Jakarta -Taiwan dikenal sebagai negara kecil dengan perkembangan teknologi yang pesat. Meskipun status kenegaraannya masih belum diakui secara resmi oleh PBB, negara pimpinan Tsai Ing Wen ini memiliki sejumlah perusahaan teknologi yang bahkan mendapat penghargaan Internasional.

Pada 18 Januari 2018 silam, Thomson Reuters Corporation merilis 100 perusahaan teknologi terbaik di dunia atau Top 100 Global Tech Leaders. Dalam daftar tersebut, 13 perusahaan Taiwan tercatat berhasil masuk ke dalam daftar tersebut.

Taiwan berada di posisi kedua bersama Jepang, melampaui peringkat Korea Selatan yang juga tercantum dalam daftar ini dengan 3 perusahaan. Selain itu, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co Ltd (TSMC) yang berada di peringkat ke-7 menjadi satu-satunya perusahaan Asia yang berhasil masuk ke dalam jajaran 10 perusahaan terbaik dunia.

Advertisement

Selain TSMC, perusahaan Taiwan lainnya yang masuk dalam daftar tersebut adalah Acer, ASE Group, ASUS, LITE-ON Technology, Nanya Technology, Pegatron Corporation, Powertech Technology Inc, serta beberapa nama besar lainnya. Berikut profil dari perusahaan-perusahaan asal Taiwan tersebut:

  1. TSMC

TSMC merupakan satu diantara perusahaan terbesar di Taiwan. Perusahaan ini seringkali dianggap sebagai Produsen semikonduktor paling berharga di dunia sekaligus produsen semikonduktor independen terbesar di dunia. Kantor pusat dan pabrik utamanya terletak di Hsinchu Science Park Hsinchu, Taiwan.

Didirikan di Taiwan pada tahun 1987 oleh Morris Chang, TSMC adalah produsen semikonduktor terdedikasi pertama di dunia dan telah lama menjadi pemimpin di bidangnya.

Menurut laman Fortune, performa TSMC tercatat apik pada 2020. Pendapatan totalnya naik 1,2 persen menjadi $34,62 miliar dari tahun 2019. Sementara total profit perusahaan berada di angka $11,45 miliar.

  1. Acer Inc.

Dilansir dari laman Acer Indonesia, Acer berdiri dengan nama Multitech di tahun 1976 di Kota Hsinchu, Taiwan. Kala itu, perusahaan ini bergerak di bidang penjualan teknologi microprocessor. Di usia yang hampir 46 tahun ini, Acer tumbuh sebagai top 5 produsen perangkat keras terbesar dunia. Perusahaan ini menghasilkan berbagai produk terbaik mulai dari desktop, notebook, server, cloud, monitor, hingga smartphone.

Pada 1987, Multitech berganti nama menjadi Acer dengan kantor pusat terletak di Xizhi, Taipei, Taiwan. Selama berdiri lebih dari 30 tahun, Acer tak hanya berkembang di Taiwan. Saat masih menggunakan nama Multitech, Acer telah membuka markas di sejumlah negera, termasuk Amerika Serikat (1977), Jepang (1984), dan Jerman (1985).

Acer sempat mengakuisisi sejumlah perusahaan asing, seperti Texas Instruments notebook di tahun 1997, serta Gateway Inc dan Packard Bell di tahun 2007, termasuk mengakuisisi merek eMachines, demi menjadi vendor PC terbesar di dunia.

Advertisement
  1. ASE Group

Advanced Semiconductor Engineering atau ASE Group milik Jason Chang mengalami pertumbuhan pesat di era globalisasi. Hal tersebut tak lepas dari peran Jason yang terkenal cermat melihat peluang bisnis dan tak ragu untuk berekspansi.

Sekarang, ASE Group memiliki 21 anak perusahaan yang tersebar di berbagai negara. Selain di Taiwan, bisnisnya juga sudah menjulur ke Korea Selatan, Jepang, Cina, Singapura, Malaysia, Meksiko, bahkan hingga menyentuh kawasan Silicon Valley, San Francisco Amerika Serikat.

  1. Asustek Computer Inc

ASUS merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi komponen komputer seperti papan induk, kartu grafis, dan notebook yang berbasis di Taiwan. ASUS belakangan ini mulai memproduksi PDA, Telepon genggam, monitor LCD, tablet dan produk komputer lainnya.

Selain itu, ASUS juga memproduksi komponen untuk perusahaan lain, termasuk PS2 Sony dan Apple Ipod, iBook, dan lain sebagainya. ASUS banyak menjadi pilihan pengguna sebab berani memberikan garansi 2 tahun untuk produk yang dibuatnya.

Di Indonesia, produk laptop Asus pada tahun 2021 menjadi produk yang paling populer khususnya di kalangan milenial.

  1. Nanya Technology

Nanya Technology adalah salah satu produsen chip dengan kelas dunia. Perusahaan ini kerap kali memproduksi komponen-komponen untuk PC. Salah satu produk mereka, Elixir, telah masuk ke dalam jajaran RAM kelas atas.

Nanya menjamin produknya memiliki kualitas dan kompatibilitas yang baik. Semua produk Elixir secara konsisten didesain dan dibuat dengan kualitas yang superior oleh tim R&D Nanya. Yang menarik, Elixir menawarkan jaminan seumur hidup untuk semua produknya demi menyediakan after-service terbaik bagi para pengguna.

  1. Pegatron Corporation

Pegatron merupakan perusahaan manufaktur elektronik Taiwan yang mengembangkan terutama komputasi, komunikasi dan elektronik konsumen untuk vendor bermerek.

Perusahaan ini juga mengembangkan, mendesain, dan memproduksi periferal dan komponen komputer. Produk utama Pegatron antara lain notebook, komputer netbook, komputer meja, konsol permainan, perangkat genggam, papan induk, kartu video, hingga TV LCD.

Advertisement

DANAR TRIVASYA FIKRI (MAGANG PLUS)





Sumber Berita

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.