Connect with us

MEDIA TERKEMUKA

Mengenal Airdrop, Jenis, dan Cara Mendapatkannya Versi BeritaSenator.com

Published

on

TEMPOSIANA — Mengenal Airdrop, Jenis, dan Cara Mendapatkannya

Banyak istilah dalam dunia crypto yang harus dimengerti, sehingga untuk mereka yang baru mendalami cryptocurrency mengalami kesulitan. Salah satu istilah yang sekarang ini banyak digunakan adalah airdrop crypto.

Jika kamu belum mengetahui tentang airdrop crypto maka mengenal airdrop, jenis dan bagaimana cara mendapatkannya tentunya sangat penting.

Apa itu Airdrop Crypto?

Airdrop Crypto adalah pemberian aset crypto kepada komunitas atau pemegang wallet crypto individu yang berhak dan memenuhi syarat-syarat tertentu.

Dalam proses ini, airdrop diperoleh secara manual dari situs resmi layanan crypto. Tidak jarang airdrop dikirim langsung ke wallet. Salah satu tujuan dari airdrop ini adalah sebagai strategi pemasaran dan membuat komunitas lebih mengetahui proyek crypto yang akan diluncurkan.

Advertisement

Sederhananya airdrop sering digunakan oleh layanan crypto atau perusahaan blockchain untuk memperkenalkan aset crypto baru atau untuk meningkatkan kesadaran akan layanan mereka.

Prosesnya mirip dengan menerima hadiah atau uang dalam bentuk token crypto. Jadi, bagaimana kamu bisa berpartisipasi dalam Airdrop crypto?

Jenis Airdrop Crypto

Berdasarkan cara mendapatkannya, airdrop terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Bounty Airdrop
Bounty airdrop adalah jenis airdrop yang diberikan kepada pengguna khusus yang menyelesaikan tugas spesifik tertentu. Oleh karena itu, tidak semua orang bisa mendapatkan keuntungan dari jenis airdrop ini.

Contoh tugas yang dikerjakan seperti: menulis dokumen teknis mengenai proyek, menulis whitepaper, menemukan dan menyelesaikan bug pada sistem, dan tugas khusus lainnya.

Advertisement

Holder Airdrop
Ini adalah cara yang mengharuskan user untuk memiliki aset crypto dalam jumlah tertentu dan disimpan dalam wallet pribadi atau wallet khusus sesuai persyaratan airdrop dalam periode waktu tertentu. Proses ini dilakukan melalui wallet SafePal pada campaign wallet holder offering (WHO).

Staking Airdrop
Staking airdrop adalah cara untuk mendapatkan airdrop dengan menaruh beberapa aset crypto pada rantainya. Cara ini mulai populer di ekosistem Cosmos, ketika banyak layanan crypto yang memberikan airdrop kepada pengguna yang melakukan staking aset crypto Cosmos (ATOM) dan Celestia (TIA).

Retro Airdrop
Retro airdrop atau disebut juga Retrodrop adalah cara mendapatkan airdrop dengan melakukan hal-hal yang dilakukan secara berantai tepat waktu. Aktivitas pada rantai yang dimaksud antara lain: pencocokan aset crypto, perdagangan aset crypto, pembuatan NFT, eksekusi kontrak pintar, dan aktivitas on-chain lainnya.

Cara Mendapatkan Airdrop Crypto

Untuk bisa mendapatkan airdrop tidak terlalu sulit. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah mengidentifikasi peluang airdrop. Biasanya airdrop akan diumumkan oleh proyek pada website atau situs resmi mereka, di media sosial maupun forum crypto.

Setelah menemukan airdrop yang kamu minati, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Advertisement

Pilih wallet yang tepat. Pastikan untuk memilih wallet yang mendukung beberapa blockchain dan token.
Segera tuntaskan semua pertanyaan atau tugas yang diberikan. Karena banyak airdrop memiliki misi dan tugas tertentu, seperti bergabung dengan grup Telegram komunitas mereka, mengikuti Twitter mereka, atau mengisi formulir.

Pastikan kamu telah memenuhi persyaratan tersebut.

Jangan lupa cantumkan alamat wallet dan pastikan kamu mencantumkan alamat yang benar.
Verifikasi dan tunggu.

Tim proyek akan memverifikasi kontribusi dan mendistribusikan tokennya. Proses ini biasanya memakan waktu singkat.

Saat ini airdrop menjadi cara yang popular untuk mendapatkan token atau harga bitcoin secara gratis.

Advertisement

Untuk kamu yang ingin berburu airdrop maka kamu harus memiliki dompet crypto atau web3 wallet yang aman dan fungsional sangat penting.

Salah satu rekomendasi wallet web3 terbaik yang dapat digunakan untuk mengerjakan airdrop dengan efisien dan aman adalah Pintu.

Aplikasi Pintu

Dalam aplikasi Pintu terdapat fitur Web3 wallet yang aman untuk semua orang, dengan tampilan yang sederhana tetapi mampu memberikan perlindungan yang tinggi.

Perlindungan Teknologi MPC

Key dibagi jadi beberapa bagian, salah satunya kamu yang simpan. Menghapus risiko satu titik kegagalan (SPOF).

Advertisement

Preview Transaksi

Kamu bisa mendapatkan rincian secara lengkap dari apa yang akan kamu transaksikan di Web3.

Deteksi Penipuan

Dengan menggunakan web3 wallet dari Pintu maka kamu akan mendapatkan kenyamanan dan keamanan karena, firewall web3 mampu mendeteksi penipuan yang akan merugikan, kamu akan diberi tahu jika transaksi berisiko penipuan.

Berbagai Pilihan Jaringan

Advertisement

Dengan menggunakan web3 wallet Pintu maka kamu mendapatkan kelebihan berbentuk akses situs Web3 di Ethereum, BNB Chain, Arbitrum, dan Polygon dengan mudah. Sehingga kamu memiliki banyak pilihan. Sementara itu jaringan lainnya akan segera tersedia.

Cara Masuk ke Web3:

Pilih mode Web3
Tambah crypto ke wallet kamu
Jelajahi situs Web3
Hubungkan dengan WalletConnect
Mulai transaksi!
Bagaimana Menghindari Penipuan Airdrop?

Memang airdrop bisa memberikan keuntungan, tetapi kamu juga harus hati-hati, karena hingga saat ini penipuan airdrop masih banyak terjadi. Nah agar kamu tidak tertipu dengan airdrop, berikut cara menghindari penipuan airdrop:

Private Key

Advertisement

Jangan pernah mengirim private key. Tidak ada yang membutuhkan private key untuk mengecek saldo wallet. Mereka dapat memantau dengan cepat melalui situs explorer seperti Etherscan.

Jangan Kirim Uang

Jangan menyetor uang ke rekening mana pun. Ingatlah bahwa airdrop itu gratis. Walaupun dijanjikan koin atau koin akan muncul di dompet. Airdrop tidak akan meminta kamu mengirim uang ke akun. Jika ini terjadi, abaikan saja.

Website Phishing

Ketahui situs web phishing yang mengubah situs pertama layanan kriptografi. Seringkali, situs web phishing menipu pengguna agar mengklaim airdrop dengan mengklik tautan. Tautan ini biasanya akan menampilkan popup dompet, yang mungkin akan menguras isi dompet.

Advertisement

Periksa Sumber Resmi

Cek sumber resminya, jika suatu koin menjadi viral biasanya akan diumumkan di akun media sosialnya seperti Twitter. Cari tahu bahwa airdrop yang dikeluarkan resmi. Jika tidak, bisa jadi kamu terkena penipuan untuk mencuri data. Terakhir, carilah sumber terpercaya untuk membantu mengidentifikasi airdrop yang terpercaya.

Itulah beberapa ulasan terkait dengan apa itu airdrop, jenis airdrop, hingga cara mendapatkan airdrop yang bisa menambah aset crypto kamu yang ada di wallet crypto.

Nah, untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia.

Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto baru dan kasual.

Advertisement

Saat ini, PINTU memiliki lebih dari 200 aset crypto yang diperdagangkan serta banyak fitur dan produk unggulan inovatif dan edukatif seperti Limit Order, Auto DCA, Pintu Earn, Referral System, PTU Staking, dan Pintu Kelas Academy. Ayo berinvestasi dan download aplikasi Pintu sekarang!

Sumber Berita

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *