Connect with us

MEDIA TERKEMUKA

NASA Rilis Laporan soal UFO dan Berjanji akan Lebih Transparan

Published

on

[ad_1]

NASA pada hari Kamis (14/9) mengaku telah menunjuk direktur riset baru untuk meneliti apa yang disebut pemerintah AS sebagai “fenomena anomali tak dikenal” alias UAP, yang oleh awam biasa disebut UFO. Kepala badan antariksa AS itu mengatakan bahwa panel ahli yang mendesak lebih banyak pencarian fakta mengenai masalah tersebut tidak menemukan bukti yang menunjukkan bahwa objek-objek tak dikenal itu berasal dari luar Bumi.

Kepala NASA Bill Nelson mengumumkan penunjukan direktur riset baru itu tanpa mengungkap siapa orang yang dimaksud. Pengumuman itu dilakukan setelah panel ahli independen merekomendasikan NASA agar meningkatkan upayanya untuk mengumpulkan informasi mengenai UAP dan memainkan peran yang lebih besar untuk membantu Pentagon mendeteksinya.

Advertisement

Dalam konferensi pers, Nelson juga mengungkapkan pendapat pribadinya bahwa ada kehidupan di luar planet Bumi dan berjanji bahwa NASA akan membuka semua temuannya.

“Kami, NASA, menangani ini secara terbuka dan kami akan bersikap terbuka mengenai masalah ini. Kami juga mencoba menjawab pertanyaan bahwa ada banyak kekhawatiran bahwa sesuatu disembunyikan, dirahasiakan, dan bahwa pemerintah Amerika tidak terbuka. Ya… kami adalah pemerintah Amerika dan kami terbuka dan akan terbuka mengenai hal ini,” kata Nelson.

Panel NASA yang berisi pakar dalam berbagai bidang imliah – dari fisika hingga atrobiologi – itu menerbitkan laporan mereka setelah menyelenggarakan pertemuan terbuka Juni lalu. Selama beberapa tahun terakhir, pemerintah AS telah mengungkap informasi yang mereka kumpulkan terkait topik yang sebelumnya ditanggapi pejabat dengan sikap diam.

NASA mengungkapkan bahwa penelitian tentang UFO memerlukan teknik ilmiah baru, termasuk satelit-satelit canggih dan perubahan persepsi tentang UFO sendiri.

Dalam laporan setebal 33 halaman itu, tim independen itu memperingatkan bahwa persepsi negatif seputar UFO menjadi hambatan untuk mengumpulkan data. Namun para pejabat mengatakan, keterlibatan NASA seharusnya membantu mengurangi stigma tentang UFO.

Advertisement

Nelson mengatakan lembaganya ingin mengubah wacana tentang UAP “dari sensasionalisme menjadi sains.”

Pada satu-satunya pertemuan terbuka yang diselenggarakan awal tahun ini, tim independen yang dipilih oleh badan antariksa itu berkukuh bahwa tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa kehidupan di luar Bumi berkaitan langsung dengan UFO. [rd/jm]

[ad_2]

Sumber Berita

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *