Connect with us
google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0

MEDIA TERKEMUKA

“Perayaan 17 Agustus Sepi” – TIRAS.id

Published

on


POJOK News

“Aksesoris Kemerdekaan RI”

Oleh: Fathonie Abdullah
(Journalist-Researcher)

Advertisement

Berjalan kaki keliling kampung dari ujung ke ujung Jakarta Pusat (Benhil, Pejompongan, Manggarai, Menteng, Matraman, Salemba, sampai Rawasari), sejak pagi sampai tengah hari, tak ada informasi mengenai perayaan Dirgahayu RI ke-76 seperti tahun lalu.

“Nggak boleh sama Pemerintah ada ramai-ramaian, ” kata Bapak Tua beruban, yang jadi petugas non formal pengatur keluar-masuk jalan di seberang Gedung BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

Memang, sama seperti tahun 2019 dan 2020, keramaian perayaan belum boleh diadakan; sama seperti hari libur Tahun Baru Islam 1443 H (10 Agustus 2021) yang diundur ke hari ini. Rupanya, Instruksi Mendagri RI Nomor 27, 28, 29 (plus Nomor 30) Tahun 2021 sudah “sampai” atau tersosialisasi dengan baik sampai ke masyarakat umum.

Di sepanjang jalan melewati perkampungan dan perumahan, tak ada kerumunan orang; kecuali di beberapa tempat para pedagang gerobak mangkal dan ‘pedagang kaki lima’, itu pun sepi pengunjung; termasuk juga di Pasar Pramuka yang biasanya ramai.

Jalan-jalan tak begitu ramai oleh kendaraan bermotor, diselingi beberapa Pedagang Gerobak (selain Pedagang Mangkal di Emperan Trotoar) yang menjajakan tribut dan asesoris ‘Merah-Putih’ (Bendera, Umbul-Umbul, dll). “Tiga ratus ribu, mau beli berapa meter, ” kata salah seorang Penjual Gerobak ketika ditanya harganya.

Advertisement

Ya, meski tak ada perayaan peringatan Dirgahayu RI, namun hampir setiap rumah dan gedung serta jembatan dan gapura; ada Bendera dan Umbul-Umbul ‘Merah-Putih’. Bahkan, di Taman Pemakaman Karet Tanah Abang dan Taman Proklamator (seberang Gedung MUI) yang ditutup pun terpasang ornamen ‘Merah-Putih’.
*****



Sumber Berita

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *