Connect with us
google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0

MEDIA TERKEMUKA

Setelah Lolos TKDN, iPhone 13 Masih Menggunakan Konektivitas 4G?

Published

on


Jakarta, temposiana.com – Setelah dinyatakan lolos TKDN bulan lalu, banyak pertanyaan yang timbul karena perangkat ponsel terbaru Apple, dalam sertifikat tercantum bahwa jaringan yang digunakan masih 4G LTE.

Penyebab layanan jaringan dari ponsel pintar tersebut karena, fitur 5G yang terdapat dari Iphone 13 masih terkunci. Karena layanan 5G di Indonesia belum merata, Berdasarkan data dari Kominfo untuk saat ini yang sudah mendapatkan sinyal 5G adalah Jabodetabek, Bandung, Batam, Balikpapan, Makassar, Surakarta, Surabaya dan Denpasar dan Medan.

Maka layanan 5G dalam fitur Iphone 13 akan terbuka jika, layanan 5G di Indonesia sudah sepenuhnya merata. Sebelumya Iphone 13 telah mengantongi sertifikan TKDN dengan masing masing nomor model A2628, A2633, A2638, dan A2643.

Advertisement

Setelah dikonfirmasi oleh kementerian industri, produk ponsel pintar teranyar dari Apple ini juga, telah dilakukan uji sertifikasi Postel Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Keempat model iPhone 13 itu juga sudah dinyatakan lolos uji sertifikasi.

Selain itu, iPad Mini, iPad 2021 dan juga Apple Watch Series 7 sudah lolos TKDN, Kemungkinan, Apple di Indonesia akan membukan pre-order iPhone 13 Series sekitar pertengahan bulan Desember 2021, jika berkaca dari pre-order iPhone 12 Series pada tahun lalu.

Persoalannya, di tengah rencana peredaran di Indonesia, Apple kemungkinan akan mengurangi produksi iPhone 13 sebanyak 10 juta unit karena kekurangan chip global.

Pihak Apple sudah  berencana memasok iPhone 13 sebanyak  90 juta unit pada tiga bulan terakhir 2021 ini. Tapi, target itu akan berkurang 10 juta unit, dikarenakan dua pemasok komponen iPhone tak bisa memenuhi target yang diminta Apple, lantaran kelangkaan stok komponen. Kedua  pemasok komponen diantaranya Broadcomm dan Texas Instruments.

Meskipun banyak menuai kritik, namun Iphone 13 akan menguasai pasar premium karena untuk Sebagian besar pertumbuhan pasar premium pada Q2 2021 didorong oleh Apple, yang melaporkan pertumbuhan penjualan 74% YoY di segmen premium pada momentum kuat dari seri iPhone 12 karena pengguna iPhone terus meningkatkan ke 5G.

Advertisement



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *