Connect with us
google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0

MEDIA TERKEMUKA

Suara Burung Seperti Tangisan Bayi Bikin Heboh Netizen

Published

on


Belum lama ini, dunia maya dikejutkan oleh suara aneh yang datang dari seekor burung. Burung tersebut adalah penghuni salah satu kebun binatang di Australia. Uniknya, suara burung tersebut seperti tangisan bayi.

Terang saja, netizen dibuat terheran-heran oleh kelakuan burung dari kebun binatang Taronga di Sydney, Australi. Burung tersebut bernama Echo. Echo dapat menirukan suara-suara dan salah satunya adalah suara bayi yang sedang menangis. Di alam liar, kemampuan menirukan suara-suara tersebut disebut mimikri.

Artikel terkait: Unik! 6 Camilan Indonesia Ini Pakai Nama Hewan

Advertisement

Suara Burung Seperti Tangisan Bayi

suara burung seperti tangisan bayi

Video Echo yang sedang beraksi itu diunggah ke media sosial melalui akun Twitter kebun binatang Taronga Sydney, Taronga Zoo. Video berdurasi 20 detik tersebut memperlihatkan Echo sedang berada di kandangnya dan menirukan suara yang persis seperti tangisan bayi manusia.

Echo adalah seekor burung dari jenis lyrebirds dengan nama latin Menura novaehollandiae. Burung dengan bulu cokelat dan ekor yang panjang ini adalah spesies burung endemik Australia serta terkenal dengan kemampuan luar biasa mereka dalam melakukan mimikri dengan menirukan suara-suara di alam.

Tidak hanya mampu meniru suara di alam, lyrebirds juga mampu menirukan suara apa pun yang mereka dengar dan pelajari. Selain itu, burung asli Australia ini juga terkenal karena memiliki ekor panjang yang indah. 

Itulah yang terjadi pada Echo. Berhubung ia tidak hidup di alam liar, melainkan di kebun binatang, ia menirukan suara apa saja yang ia dengar dari lingkungan sekitar. Termasuk suara gergaji mesin, suara bor listrik, suara mobil, suara alarm kebakaran, maupun suara manusia.

Karena itulah ia dipanggil “Echo” yang berarti “gema”. Pasalnya, ia bagaikan gema dari semua suara yang ada di sekitarnya.

Advertisement

Para pegawai kebun binatang Taronga mengatakan bahwa Echo mulai menirukan suara tangisan bayi sejak tahun lalu. Menurut mereka, Echo kemungkinan mendengar suara tangisan bayi tersebut dari salah satu pengunjung kebun binatang dan mulai menirukannya serta terus melakukannya hingga sekarang.

Artikel terkait: 10 Jenis Burung Khas Indonesia Nyaris Punah, Yuk Ajari Si Kecil!

Fakta Mimikri pada Binatang

suara burung seperti tangisan bayi

Selain burung lyrebirds, terdapat juga beberapa binatang yang terkenal mampu melakukan mimikri. Salah satu yang mungkin kita kenal adalah burung beo. Ada juga burung seperti gagak amerika, burung jay biru, burung pencacah cokelat, jalak eropa, catbird abu-abu, phainopepla, mockingbird utara, dan beberapa burung lainnya yang dikenal mampu melakukan mimikri.

Selain pada burung, mimikri suara juga dapat dilakukan beberapa hewan mamalia. Antara lain seperti kucing margay, sejenis kucing hutan, yang mampu menirukan suara mangsanya yaitu monyet tamarin.

Jenis lumba-lumba bernama beluga juga dikenal dapat menirukan suara-suara. Suara yang mereka tirukan terdengar seperti suara anak-anak yang sedang berteriak.

Advertisement

Ada banyak alasan mengapa beberapa binatang, terutama burung, melakukan mimikri. Setiap suara yang ditirukan oleh burung dapat mewakili perilaku yang berbeda, bahkan untuk suara yang sama.

Artikel terkait: Jenis-Jenis Hewan Bertulang Belakang, Yuk Ajarkan pada Si Kecil

Alasan Binatang Menirukan Suara

suara burung seperti tangisan bayi

Para peneliti telah mengungkapkan bahwa secara umum burung melakukan mimikri untuk alasan-alasan berikut ini.

  1. Menarik perhatian pasangan. Suara yang lebih bervariasi serta nada tiruan yang berbeda dapat membantu menarik pasangan yang lebih baik. Seekor burung dengan variasi vokal yang lebih banyak menunjukkan kecerdasannya, kemampuannya untuk bertahan hidup, dan karakteristik lain yang diinginkan oleh pasangannya.
  2. Melindungi sarang. Beberapa burung meniru suara pemangsa saat bersarang untuk mencegah burung lain mendekati sarang. Suara-suara tersebut dapat menakuti burung lain sehingga lebih aman bagi mereka untuk melindungi telur atau anak burung yang masih kecil.
  3. Mendapatkan makanan. Selain mencari sendiri makanan mereka dengan cara mencari buah-buahan tertentu atau berburu, beberapa burung juga kerap merebut makanan dari burung lain. Salah satu caranya adalah dengan menirukan suara burung pemangsa seperti elang, kucing, atau anjing sehingga burung lain yang berada di sekitar akan menghindar.
  4. Agar diterima secara sosial. terutama ini dilakukan burung muda yang hidup dalam kelompok. Bahkan burung seperti burung beo peliharaan, melakukan mimikri pada manusia karena menganggap manusia adalah kawan mereka.
  5. Pembelajaran yang tidak disengaja. Dalam beberapa kasus, burung secara tidak sengaja meniru suara yang tidak biasa hanya karena jaraknya yang dekat. Ini sering terjadi pada burung yang tinggal dekat pemukiman yang meniru peralatan konstruksi, alarm mobil, dan suara mekanis lainnya.

****

Nah, itulah fakta tentang suara burung yang seperti tangisan bayi. Parents sendiri pernah enggak menemukan suara burung yang unik?

Baca juga:

Advertisement

id.theasianparent.com/hewan-peliharaan-untuk-anak

id.theasianparent.com/nama-bayi-terinspirasi-dari-binatang

id.theasianparent.com/burung-garuda

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Sumber Berita
Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *