Tantang Ninja ZX-10R, KTM Kembangkan RC8 – Berita Otomotif

  • Bagikan


JAKARTA – KTM akan meluncurkan RC8 generasi terbaru untuk bisa melawan Kawasaki Ninja ZX-10R besutan Jonathan Rea di ajang World Superbike (WSBK).

SBK sendiri belakangan kian membosankan karena gelar juara dunia terus menerus digondol oleh Jonathan Rea dengan Kawasaki Ninja ZX-10R. Pabrikan lain hanya mampu mengimbangi di beberapa seri saja dan kemudian melempem kembali.

Ketimpangan ini mungkin menjadi salah satu alasan KTM ingin kembali meramaikan ajang SBK. Selain melihat kemampuannya meracik motor kencang dan cukup berhasil di ajang MotoGP.

Brand sepeda motor asal Austria tersebut memutuskan pensiun dari SBK, sejak menghentikan produksi RC8 pada 2015. Saat itu RC8 cukup disegani karena memiliki kemampuan yang cukup galak.

KTM RC8Keputusan untuk kembali meramaikan kejuaraan SBK, ditandai dengan hadir kembalinya RC8. Namun sayangnya produk ini tidak akan dijual untuk jalan raya, melainkan khusus balap.

Selain itu, KTM RC8-C 2021 juga diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas yakni 100 unit saja untuk seluruh dunia. Artinya barang ini akan menjadi sasaran empuk para kolektor yang gemar memelihara unit motor kencang.

Motor di kelas Superbike dianggap tidak aman jika digunakan di jalan raya. Kuda besi ini sangat kencang sehingga ditakutkan menjadi mesin pembunuh yang berbahaya jika berkeliaran di jalan, apalagi digunakan pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Jika Anda menggunakan motor jenis Superbike yang memiliki tenaga 200 hp atau lebih. Sangat tidak mungkin bisa menyatakan bahwa motor ini bisa dipakai di jalanan umum. Ini akan sangat berbahaya,” ucap Stefan Pierer, CEO KTM seperti dikutip Rideapart.
KTM RC8-C

KTM RC8 generasi baru dikatakan mengadopsi teknologi terkini dari motor-motor mereka di MotoGP. Bobot motor ini hanya 139 kilogram berkat penggunaan bahan-bahan kevlar. Sedikit lebih ringan daripada motor jalanan terkencang mereka yakni 890 Duke R.

Kuda besi berkelir orange ini menggendong mesin berkapasitas 889 cc paralel-twin yang dipercaya mampu menghasilkan daya maksimum 128 hp. Lalu didukung oleh komponen-komponen kelas wahid seperti Brembo untuk pengereman, Akrapovic knalpot, dan WP pada suspensi.

KTM RC8-C 2021 hanya akan diproduksi sebanyak 100 unit saja untuk seluruh dunia dan akan mulai ditawarkan pada 22 Juli 2021 pada laman resminya. 25 pembeli pertama akan mendapat kesempatan untuk menjajal motornya di sirkuit Jerez, Spanyol bersama tim KTM MotoGP. [Dew/Had]

The post Tantang Ninja ZX-10R, KTM Kembangkan RC8 – Berita Otomotif appeared first on Indonesia News Feed.



Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *