Connect with us

HEALTHNEWS

Tempat Beli Tanaman Hias di Jabodetabek, Catat Parents!

Published

on


Tempat beli tanaman hias semakin mudah ditemukan di jalanan ibukota dan sekitarnya. Ini dikarenakan meningkatnya tren merawat tanaman hias di masa pandemi Covid-19.

Ya, selama pandemi Covid-19 ini, banyak orang yang menjadikan merawat tanaman hias sebagai hobi baru dalam mengisi waktu di sela-sela work from home (WFH) atau menemani anak school from home (SFH). Pasalnya, selain bisa release stress, bercocok tanam juga menjadikan halaman rumah menjadi lebih menarik.

Berikut ini kami infokan tempat beli tanaman hias yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Tempat ini bisa Anda jadikan referensi untuk membeli kebutuhan bercocok tanam di rumah atau mungkin kado tanaman hias untuk kerabat yang berulang tahun.

Tempat Beli Tanaman Hias di Jakarta

1. Sentra Tanaman Pasar Rebo

Foto ilustrasi: Detik

Bagi Anda pecinta tanaman hias yang tinggal di Kawasan Jakarta Timur, coba deh main-main ke Sentra Tanaman Pasar Rebo. Tempat ini tidak hanya menawarkan koleksi sederet tanaman hias yang sedang tren dan tanaman buah, tapi juga alat dan bahan bercocok tanam, serta jasa tukang kebun berpengalaman.

Pusat tanaman yang berdiri tahun 2002 ini lebih dikenal dengan nama Pasar Rebo Area. Lokasi tepatnya berada di Jl. Beringin Raya, Jakarta Timur. Bukanya 24 jam, Bunda. Jadi Anda bisa dengan mudah menyesuaikan kedatangan dengan waktu luang Anda.

Artikel terkait: 10 Tanaman Hias Daun Paling Populer untuk Lengkapi Koleksi Parents

2. Sentra Tanaman Hias Senayan

Tempat Beli Tanaman Hias di Jakarta, Depok, dan Sekitarnya

Foto ilustrasi: Metropolitan.id

Sempatkan mampir ke sini sepulang berolah raga di Kawasan Senayan. Pusat penjualan tanaman hias Senayan ini salah satu yang tertua dan terbesar di Jakarta, loh, Bunda. Sejak tahun 1980-an para pedagang tanaman hias sudah berjualan di sini. Tidak hanya tanaman hias saja, tapi ada juga ornamen taman seperti patung, air mancur, dan aneka pot bunga.

Bunda bisa menemukan tempat beli tanaman hias di deretan Jl. Gerbang Pemuda dan Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta Selatan.

3. Rawa Belong Florist and Plants Store

Tempat Beli Tanaman Hias di Jabodetabek, Catat Parents!

Foto ilustrasi: Detik

Wah, Anda gagal disebut sebagai pecinta tanaman hias kalau tidak tahu tempat ini! Di kawasan Rawa Belong, Jakarta Barat, sebenarnya ada banyak sekali toko tanaman hias. Tapi, Rawa Belong Florist and Plants Store ini merupakan salah satu tempat beli tanaman hias paling bersejarah di Jakarta, loh, Bunda.

Anda akan sangat mudah menemukan segala kebutuhan bercocok tanam di sini. Apapun itu, sebut saja! Bahkan jasa buket bunga untuk pernikahan juga ada. Kalau soal harga, tinggal menyesuaikan dompet Anda saja.

Alamat ada di Jl. Sulaiman No. 56 RT 10 RW 03, Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11540. Teleponnya di 08127766-6428. Bukanya juga 24 jam, jadi bisa datang ke sana kapan saja Anda mau.

4. Platis Et Java

Tempat Beli Tanaman Hias di Jabodetabek, Catat Parents!

Bagi Anda pecinta tanaman hias dan pot-pot terakota, pas sekali jika mampir ke toko tanaman hias Plantis et Java. Pot terakota memang sudah menjadi ciri khasi dari toko yang berdiri sejak 2017 ini. Sebagian tanaman hias di sini, katanya, merupakan hasil budidaya sendiri dan juga kerja sama dengan beberapa pembudidaya tanaman hias lainnya.

Tokonya berada di Hunter and Grower, Kemang. Atau sebelum pergi ke tokonya, Bunda bisa mengecek isi toko dengan mengklik akun Instagramnya dulu di @plantisetjava.

Artikel terkait: 7 Tips Menata Tanaman Hias di Dalam Rumah agar Indah Dipandang Mata

5. Shop with Sky

Tempat Beli Tanaman Hias di Jabodetabek, Catat Parents!

Lokasi Shop with Sky ada di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Toko tanaman ini berlokasi di Jagakarsa. Tepatnya di Kahfi One, Jl. Moh. Kahfi 1 No. 9J RT 07 RW 01, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12630.

Shop with Sky tak hanya menawarkan tanaman hias saja, tapi juga aneka pot dan kebutuhan bercocok tanam lainnya seperti pupuk, obat tanaman, pembasmi hama, bibit, buku bercocok tanam, tas, hingga aksesori bertema tanaman hias. Unik, kan!

Cek Shop with Sky di situs resminya  www.shopwithsky.com atau telepon di 081212526651. Kalau tokonya sendiri buka hari Senin sampai Sabtu dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB ya, Bunda.

Tempat Beli Tanaman Hias di Depok

Tempat Beli Tanaman Hias di Jakarta, Depok, dan Sekitarnya

Toko online Trubus

Setelah berkeliling di Jakarta, kita bergeser sedikit ke Depok yuk Bunda! Di Depok, ada 3 destinasi tempat beli tanaman hias yang popular. Di antaranya adalah:

1. Sentra Tanaman Hias Juanda

Salah satu sentra tanaman hias terlengkap dan terpanjang di Depok ada di Kawasan Jl. Ir. H. Juanda. Untuk bisa sampai ke sana, Anda bisa masuk dari Jl. Raya Bogor, Jl. Margonda, atau pintu keluar tol Margonda.

2. Sentra Tanaman Hias Sawangan

Selain pusat tanaman hias Juanda, sentra tanaman hias di Kawasan Sawangan juga jadi alternatif bagi pecinta tanaman di Depok. Posisi pasnya ada di sekitar Jl. Raya Sawangan. Penjual di sana banyak yang tergabung dalam koperasi usaha tanaman hias.

3. Toko Trubus

Bagi Anda yang tak hanya tertarik pada tanaman hias, tapi juga tanaman buah, pas sekali nih main-main ke Toko Trubus. Coba tanya orangtua Anda, pernahkah mereka mendengar nama “Trubus”? Ya, Trubus identik dengan nama sebuah majalah pertanian yang terkenal di tahun 70-90an. Nama ini juga menjadi cikal bakal dari salah satu toko tanaman tertua di Indonesia.

Awalnya Trubus membuka toko pertamanya di daerah Gunung Sahari tahun 1983. Setelah itu toko kedua dibuka di Jl. Raya Jakarta-Bogor, Jl. Kp. Tipar Tengah, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, yang kemudian menjadi sentral pengadaan dan perawatan tanaman di kawasan itu. Toko Trubus sekarang sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia, Bunda.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap soal alamatnya, Bunda bisa klik www.tokotrubus.co.id atau IG @tokotrubusofficial.

Artikel terkait: 9 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Disimpan di Dapur, Indah dan Kaya Manfaat

Tempat Beli Tanaman Hias di Bogor

Tempat Beli Tanaman Hias di Jabodetabek, Catat Parents!

Sentra tanaman hias terbesar di Bogor berpusat di Bogor Nirwana Residence.

Sentra tanaman ini sudah lama menjadi destinasi belanja tanaman hias yang popular bagi pecinta tanaman, Bunda. Malah, jumlah pengunjungnya semakin meningkat di masa pandemi Covid-19 ini.

Pasar Tanaman BNR

Setelah Jakarta dan Depok, yuk kita main ke Bogor. Di Bogor, ada pasar tanaman hias yang disebut-sebut sebagai yang terbesar, yaitu yang ada di kawasan Bogor Nirwana Residence (BNR), tepatnya di Bogor Selatan. Di sana petani tanaman dari Jawa Barat berkumpul.

Jl. Dadali, Bogor

Di sepanjang Jl. Dadali, Bogor terdapat banyak sekali penjual beragam tanaman hias. Soal harga, di sini Bunda boleh unjuk kemampuan dalam tawar-menawar.

Tempat Beli Tanaman Hias di Tangerang

Tempat Beli Tanaman Hias di Jabodetabek, Catat Parents!

Foto ilustrasi: Berita Kota Tangerang

Tangerang tak mau kalah. Lokasi yang juga sudah padat dengan perumahan penduduk ini juga memiliki tempat jual tanaman hias. Seperti sentra tanaman hias di Jl. M. H. Thamrin, Cikokol, Tangerang. Tempat ini juga menyediakan banyak pilihan tanaman hias. Bunda tinggal sebut jenis tanamannya, nanti akan dicarikan oleh sang penjual.

Tempat Beli Tanaman Hias di Bekasi

Tempat Beli Tanaman Hias di Jabodetabek, Catat Parents!

Foto ilustrasi: Liputan6

Sentra tanaman yang terdapat di Jl. Chairil Anwar, Bekasi, ini sudah lama sekali berdiri, yakni sejak tahun 90an. Koleksi tanaman hias di sini sangat memuaskan.

Itulah, Bunda, tempat beli tanaman hias yang bisa Anda kunjungi di Jakarta dan sekitarnya. Selamat berburu tanaman hias ya, Bunda!

Baca juga:

13 Jenis Tanaman Hias Outdoor, Bikin Halaman Rumah Tambah Asri

6 Fakta Tanaman Hias Janda Bolong yang Mahal, Buahnya Bisa Dimakan!

50 Nama bayi perempuan berdasarkan nama bunga dalam Bahasa Inggris

 

 

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HEALTHNEWS

Sakit Kepala Tegang – Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Published

on

By


Sakit Kepala Tegang – Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati | HealthNews.id – HealthNews



Sumber Berita

Continue Reading

HEALTHNEWS

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik

Published

on

By


Diare adalah suatu kondisi di mana buang air besar berlangsung sering dengan konsistensi feses lembek atau cair. Tentunya, kondisi ini bisa mengganggu apabila tidak diobati segera. Untuk mencegahnya, ada beberapa obat diare yang bisa Anda beli di apotik. 

Lalu, jenis obat-obatan seperti apa yang dapat membantu mengatasi masalah ini? Berikut penjelasan selengkapnya, Parents!

Artikel terkait: Penyakit Diare – Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Daftar Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik

Umumnya, sebagian besar kasus diare hanya berlangsung beberapa hari dan dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan tertentu. Namun, penggunaan obat-obatan dapat membuat Anda merasa lebih nyaman. Apalagi, bila diare disertai dengan nyeri atau kram perut.

Obat yang tergolong antidiare memiliki beberapa cara kerja. Ada yang berfungsi untuk memperlambat pergerakan usus sehingga frekuensi diare berkurang, ada pula yang membuat feses menjadi lebih padat. Biasanya, obat-obatan ini digunakan untuk diare akut (kurang dari 1 minggu) yang tidak mengancam nyawa.

Selengkapnya, berikut adalah daftar obat diare yang dijual di apotik dan bisa dibeli secara bebas:

1. Karbon aktif (activated charcoal)

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Sebuah kajian studi di tahun 2017 mendapati bahwa penggunaan karbon aktif untuk diare dapat menangkap racun, bakteri, dan obat-obatan pemicu diare pada permukaan karbon yang berpori dan bertekstur sehingga tidak diserap ke dalam usus. Meski bisa mengurangi diare, penggunaan karbon aktif juga dapat mencegah tubuh menyerap obat-obatan dan zat-zat gizi yang penting.

2. Kaolin pectin

obat diare

Merupakan kombinasi yang berfungsi menangkap dan membawa keluar bakteri, racun, dan zat penyebab diare dari dalam usus. Kaolin pectin juga akan menyerap kelebihan air di usus sehingga konsistensi feses memadat. Obat ini banyak dimanfaatkan untuk mengobati diare akibat kolera.

3. Attapulgite

obat diare

Attapulgite bekerja dengan memperlambat kerja usus besar agar dapat menyerap lebih banyak air. Tujuannya, agar tekstur feses menjadi lebih padat. Obat ini juga biasanya meredakan nyeri perut pada diare. Meski demikian, penggunaannya bisa memicu sembelit setelah diare mereda.

4. Bismuth subsalicylate

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Bismuth subsalicylate bekerja sebagai antidiare dan antiradang. Obat ini menurunkan frekuensi diare dengan mengurangi jumlah air di dalam usus. Efek samping yang sering yakni sembelit, feses menjadi kehitaman dan lidah kehitaman. Penggunaan bismuth subsalicylate dalam dosisi yang berlebih dapat berbahaya, oleh sebab itu hanya gunakan sesuai yang dianjurkan.

5. Loperamide 

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Obat ini mampu menurunkan kecepatan dan jumlah kontraksi usus, sehingga berefek memperlambat atau menjarangkan frekuensi diare. Efek sampingnya yakni nyeri perut, mulut kering, rasa kantuk, melayang, sembelit, mual dan muntah. Individu yang mengalami efek samping loperamide biasanya tidak mampu mengemudikan kendaraan atau melakukan aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi.

Artikel terkait: Obat Ambroxol – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

6. Oralit

obat diare

Ini merupakan larutan gula garam yang tersedia dalam bentuk serbuk. Oralit sebetulnya bukan obat, tapi dipakai untuk menggantikan kehilangan cairan dan elektrolit akibat diare. 

Sebelum digunakan, larutkan terlebih dulu dengan air matang. Minum oralit atau cairan sejenis yang mengandung elektrolit lebih baik untuk mengatasi diare ketimbang minum air putih saja.

7. Suplemen Zinc

obat diare

Suplemen ini berperan dalam proses penyembuhan usus kala diare dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jenis suplemen ini biasanya tersedia dalam bentuk tablet dan sirup. Dosisnya untuk diare akut adalah sebagai berikut:

  • Dewasa: 10-20 mg sekali sehari
  • Anak-anak usia ≥ 6 bulan: 20 mg per hari
  • Anak-anak usia <6 bulan: 10 mg per hari

Untuk semua kelompok usia ini, durasi penggunaan suplemen zinc selama 10-14 hari.

8. Suplemen probiotik

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Probiotik adalah koloni bakteri baik yang membantu melawan bakteri penyebab diare dan peradangan usus. Probiotik juga berfungsi menyeimbangkan jumlah dan jenis bakteri yang secara alami hidup di dalam usus agar sistem pencernaan kembali lancar.

Suplemen ini kerap digunakan pada individu dewasa maupun anak-anak yang mengalami diare akibat infeksi bakteri. Suplemen probiotik tersedia dalam bentuk kapsul, tablet, bubuk, dan drops

Komposisi probiotik bisa berbeda-beda untuk tiap merek dagang. Untuk itu, diskusikan dengan dokter probiotik mana yang paling baik untuk kasus diare Anda.

Artikel terkait: Perlukah Anak Anda Mengonsumsi Tambahan Suplemen Vitamin?

Obat Antidiare Tidak Mengobati Penyebab

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Secara umum ada beberapa kondisi yang menjadi faktor penyebab diare. Beberapa penyebab yang tersering, yaitu:

  • Keracunan makanan
  • Infeksi virus, bakteri atau parasit
  • Obat-obatan seperti antibiotik
  • Intoleransi laktosa
  • Konsumsi fruktosa atau pemanis buatan
  • Gangguan saluran cerna seperti penyakit Celiac atau sindrom iritasi usus

Nah, perlu diketahui, mengonsumsi obat antidiare yang sudah dijelaskan sebelumnya tidak akan mengobati penyebab yang mendasarinya. Obat-obat ini hanya mengurangi ketidaknyaman yang terjadi akibat nyeri perut atau sering buang air besar.

Selain itu, hindari penggunaan obat-obatan ini bila diare disertai dengan demam, penyakit berat, nyeri perut hebat, serta bila feses berdarah atau berlendir. Pada kasus-kasus seperti ini, penggunaan obat-obat tersebut justru dapat memperberat diare dan penyakit yang mendasarinya. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter bila Anda mengalami diare yang seperti ini.

Demikian pula, bila frekuensi diare terlalu sering—lebih dari 10 kali per hari—atau berlangsung lebih dari satu minggu. Mungkin saja ada infeksi yang membutuhkan pengobatan dengan antibiotik atau pemeriksaan lanjut untuk mencari penyebab pasti dari diare yang dialami.

Itulah informasi mengenai obat diare yang efektif dan bisa dibeli di apotik. Semoga bermanfaat!

***

Baca juga:

Garam Himalaya untuk MPASI Bayi, Benarkah Lebih Sehat?

Mungkinkah Terinfeksi COVID-19 Setelah Divaksin? 4 Penyebab Ini Perlu Dipahami

10 Keluhan Ibu Hamil 5 Bulan yang Sering Terjadi, Bunda Mengalaminya?

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Sumber Berita

Continue Reading

HEALTHNEWS

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik

Published

on

By


Diare adalah suatu kondisi di mana buang air besar berlangsung sering dengan konsistensi feses lembek atau cair. Tentunya, kondisi ini bisa mengganggu apabila tidak diobati segera. Untuk mencegahnya, ada beberapa obat diare yang bisa Anda beli di apotik. 

Lalu, jenis obat-obatan seperti apa yang dapat membantu mengatasi masalah ini? Berikut penjelasan selengkapnya, Parents!

Artikel terkait: Penyakit Diare – Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Daftar Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik

Umumnya, sebagian besar kasus diare hanya berlangsung beberapa hari dan dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan tertentu. Namun, penggunaan obat-obatan dapat membuat Anda merasa lebih nyaman. Apalagi, bila diare disertai dengan nyeri atau kram perut.

Obat yang tergolong antidiare memiliki beberapa cara kerja. Ada yang berfungsi untuk memperlambat pergerakan usus sehingga frekuensi diare berkurang, ada pula yang membuat feses menjadi lebih padat. Biasanya, obat-obatan ini digunakan untuk diare akut (kurang dari 1 minggu) yang tidak mengancam nyawa.

Selengkapnya, berikut adalah daftar obat diare yang dijual di apotik dan bisa dibeli secara bebas:

1. Karbon aktif (activated charcoal)

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Sebuah kajian studi di tahun 2017 mendapati bahwa penggunaan karbon aktif untuk diare dapat menangkap racun, bakteri, dan obat-obatan pemicu diare pada permukaan karbon yang berpori dan bertekstur sehingga tidak diserap ke dalam usus. Meski bisa mengurangi diare, penggunaan karbon aktif juga dapat mencegah tubuh menyerap obat-obatan dan zat-zat gizi yang penting.

2. Kaolin pectin

obat diare

Merupakan kombinasi yang berfungsi menangkap dan membawa keluar bakteri, racun, dan zat penyebab diare dari dalam usus. Kaolin pectin juga akan menyerap kelebihan air di usus sehingga konsistensi feses memadat. Obat ini banyak dimanfaatkan untuk mengobati diare akibat kolera.

3. Attapulgite

obat diare

Attapulgite bekerja dengan memperlambat kerja usus besar agar dapat menyerap lebih banyak air. Tujuannya, agar tekstur feses menjadi lebih padat. Obat ini juga biasanya meredakan nyeri perut pada diare. Meski demikian, penggunaannya bisa memicu sembelit setelah diare mereda.

4. Bismuth subsalicylate

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Bismuth subsalicylate bekerja sebagai antidiare dan antiradang. Obat ini menurunkan frekuensi diare dengan mengurangi jumlah air di dalam usus. Efek samping yang sering yakni sembelit, feses menjadi kehitaman dan lidah kehitaman. Penggunaan bismuth subsalicylate dalam dosisi yang berlebih dapat berbahaya, oleh sebab itu hanya gunakan sesuai yang dianjurkan.

5. Loperamide 

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Obat ini mampu menurunkan kecepatan dan jumlah kontraksi usus, sehingga berefek memperlambat atau menjarangkan frekuensi diare. Efek sampingnya yakni nyeri perut, mulut kering, rasa kantuk, melayang, sembelit, mual dan muntah. Individu yang mengalami efek samping loperamide biasanya tidak mampu mengemudikan kendaraan atau melakukan aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi.

Artikel terkait: Obat Ambroxol – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

6. Oralit

obat diare

Ini merupakan larutan gula garam yang tersedia dalam bentuk serbuk. Oralit sebetulnya bukan obat, tapi dipakai untuk menggantikan kehilangan cairan dan elektrolit akibat diare. 

Sebelum digunakan, larutkan terlebih dulu dengan air matang. Minum oralit atau cairan sejenis yang mengandung elektrolit lebih baik untuk mengatasi diare ketimbang minum air putih saja.

7. Suplemen Zinc

obat diare

Suplemen ini berperan dalam proses penyembuhan usus kala diare dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jenis suplemen ini biasanya tersedia dalam bentuk tablet dan sirup. Dosisnya untuk diare akut adalah sebagai berikut:

  • Dewasa: 10-20 mg sekali sehari
  • Anak-anak usia ≥ 6 bulan: 20 mg per hari
  • Anak-anak usia <6 bulan: 10 mg per hari

Untuk semua kelompok usia ini, durasi penggunaan suplemen zinc selama 10-14 hari.

8. Suplemen probiotik

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Probiotik adalah koloni bakteri baik yang membantu melawan bakteri penyebab diare dan peradangan usus. Probiotik juga berfungsi menyeimbangkan jumlah dan jenis bakteri yang secara alami hidup di dalam usus agar sistem pencernaan kembali lancar.

Suplemen ini kerap digunakan pada individu dewasa maupun anak-anak yang mengalami diare akibat infeksi bakteri. Suplemen probiotik tersedia dalam bentuk kapsul, tablet, bubuk, dan drops

Komposisi probiotik bisa berbeda-beda untuk tiap merek dagang. Untuk itu, diskusikan dengan dokter probiotik mana yang paling baik untuk kasus diare Anda.

Artikel terkait: Perlukah Anak Anda Mengonsumsi Tambahan Suplemen Vitamin?

Obat Antidiare Tidak Mengobati Penyebab

8 Obat Diare yang Efektif dan Bisa Dibeli di Apotik, Apa Saja?

Secara umum ada beberapa kondisi yang menjadi faktor penyebab diare. Beberapa penyebab yang tersering, yaitu:

  • Keracunan makanan
  • Infeksi virus, bakteri atau parasit
  • Obat-obatan seperti antibiotik
  • Intoleransi laktosa
  • Konsumsi fruktosa atau pemanis buatan
  • Gangguan saluran cerna seperti penyakit Celiac atau sindrom iritasi usus

Nah, perlu diketahui, mengonsumsi obat antidiare yang sudah dijelaskan sebelumnya tidak akan mengobati penyebab yang mendasarinya. Obat-obat ini hanya mengurangi ketidaknyaman yang terjadi akibat nyeri perut atau sering buang air besar.

Selain itu, hindari penggunaan obat-obatan ini bila diare disertai dengan demam, penyakit berat, nyeri perut hebat, serta bila feses berdarah atau berlendir. Pada kasus-kasus seperti ini, penggunaan obat-obat tersebut justru dapat memperberat diare dan penyakit yang mendasarinya. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter bila Anda mengalami diare yang seperti ini.

Demikian pula, bila frekuensi diare terlalu sering—lebih dari 10 kali per hari—atau berlangsung lebih dari satu minggu. Mungkin saja ada infeksi yang membutuhkan pengobatan dengan antibiotik atau pemeriksaan lanjut untuk mencari penyebab pasti dari diare yang dialami.

Itulah informasi mengenai obat diare yang efektif dan bisa dibeli di apotik. Semoga bermanfaat!

***

Baca juga:

Garam Himalaya untuk MPASI Bayi, Benarkah Lebih Sehat?

Mungkinkah Terinfeksi COVID-19 Setelah Divaksin? 4 Penyebab Ini Perlu Dipahami

10 Keluhan Ibu Hamil 5 Bulan yang Sering Terjadi, Bunda Mengalaminya?

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
  • Sebuah galat telah terjadi, yang kemungkinan berarti umpan tersebut sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Trending