Top 5 Vendor TWS di Indonesia Q2-2021

  • Bagikan


Jakarta, Selular.ID – TWS dan smartwatch menjadi perangkat pendamping utama smartphone pada 2020. Tren itu pun berlanjut ke 2021. Keduanya merupakan segmen IoT yang mampu mencatat rekor pertumbuhan baru tahun lalu.

Akhir tahun lalu laporan Canalys menunjukkan perangkat audio pribadi pintar tumbuh 20% pada 2020 mencapai 432 juta unit, sementara wearable band tumbuh 10% mencapai 185 juta unit.

Kedua segmen terus menjadi pemenang strategis ketika negara-negara di dunia terus bergulat melawan COVID-19, di mana orang-orang menjadi lebih sadar akan kesehatan dan menjadi aktif di luar ruangan.

Sementara TWS mayoritas digunakan untuk menemani mereka saat virtual meeting dengan Zoom atau pembelajaran jarak jauh dengan Google Meet. Tetapi tidak sedikit juga yang membutuhkan TWS simply untuk menikmati lantunan musik saat beraktivitas mobile, baik streaming online maupun offline.

Mengingat kendala rantai pasokan karena kekurangan komponen, Canalys menyesuaikan perkiraan untuk tahun 2021 dan memprediksi audio pribadi pintar tumbuh 15,6% mencapai 500 juta unit, dan smartwatch tumbuh 10,2% hingga mencapai 204 juta unit.

Khusus TWS, menjamurnya perangkat True Wireless Stereo ini terjadi hampir di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Hal itu terlihat dari hasil laporan terbaru Canalys yang menyorot khusus perangkat TWS di tanah air selama kuartal kedua 2021.

Menurut firma riset tersebut, lima besar posisi vendor TWS di Indonesia berturut-turut adalah Samsung (17%), Oppo (13%), Xiaomi (11%), Apple (8%), dan QCY (6%).

Dari tabel di atas, diketahui Samsung menjadi vendor TWS nomor wahid di nusantara dengan raihan 17 persen, atau naik 20 persen dibandingkan kuartal kedua tahun 2020.

Sementara Oppo menyeruak ke posisi dua berkat pertumbuhan 1.005 persen YoY yang membuat pangsa pasarnya melesat ke posisi runner up dengan market share 13 persen.

Di posisi ketiga ada Xiaomi yang harus bertekuk lutut di hadapan Oppo karena pertumbuhannya negatif -7 persen, sehingga pangsa pasarnya menyusut menjadi hanya 11 persen pada periode April-Juni 2021.

Berbeda dengan nasib smartphone-nya iPhone, Apple menempati posisi keempat di pasar TWS Indonesia, dengan raihan 8 persen, yang dicatat Canalys tumbuh 5 persen dibandingkan kuartal sama tahun lalu.

Di posisi buncit, ada brand QCY yang berada di posisi sama #5 berkat raihan pangsa pasar 6 persen dengan kenaikan market share sebesar 298 persen.



Sumber Berita

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *