Connect with us
google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0

MEDIA TERKEMUKA

Tujuh Tips Menabung Harian – Konvergensi Majalah temposiana.com

Published

on


Bicara tentang menabung, ada banyak cara yang bisa diaplikasikan, salah satunya menabung di rumah! Ya, siapa bilang kita harus pergi ke bank demi menabung?

Teknologi canggih memungkinkan seseorang untuk menabung sederhana. Misalnya menerapkan tips menabung harian, mengapa tidak?

Tak bisa ditampik, masih banyak orang yang malu menyetor uang ke bank jika jumlahnya dinilai masih kecil. Endingnya, orang tersebut malah gagal alias tidak punya uang lagi untuk menabung.

Advertisement

Terdengar sepele, menabung sangatlah penting bilamana ada keperluan mendesak. Selain celengan, ada beberapa kiat menabung yang bisa dicoba secara harian.

Merujuk laman Lifepal, ini ulasannya:

1. Mulailah dengan Nominal Kecil

Tips awal yang bisa dicoba adalah memulai dengan nominal uang kecil. Hal ini bisa membangun komitmen dan niat menabung. Sebagai langkah awal, tabung pecahan uang kertas Rp 10.000 sampai Rp 20.000.

Menyisihkan pecahan ini bisa dimulai kapan saja, misalnya saat menerima uang kembalian setelah berbelanja. Sedikit demi sedikit, cara ini akan membuat tabungan Anda terkumpul dalam jumlah banyak!
Contohnya, Anda rutin menabung Rp 20.000 selama setahun secara rutin. Jangan kaget jika nominal tabungan yang tersimpan dalam celengan atau wadah uang Anda akan terkumpul sebesar Rp7,3 juta di akhir tahun!

Advertisement

2. Tips Menabung Harian Efektif: Pilihlah Wadah Bening

Ingin lebih bersemangat, Parents bisa juga memanfaatkan wadah bekas bening. Wadah seperti ini memungkinkan Anda melihat pundi uang yang sudah terkumpul.

Hasilnya, Anda akan lebih bersemangat setiap harinya.

Agar lebih konsisten, Anda juga bisa menempelkan label warna warni di wadah tersebut bertuliskan tujuan yang ingin tercapai. Misalnya dana berlibur, dengan total nominal uang per hari yang akan dimasukkan ke wadah. Supaya aman, jangan lupa simpan wadah ini di lokasi yang tidak mudah dijangkau orang lain selain Anda.

3. Naikkan Nominal

Advertisement

Selanjutnya jika konsistensi sudah terbentuk, saatnya menambah nominal menabung per hari nya. Misalnya Anda sudah memulai dengan nominal Rp 20.000 maka minggu depan bisa mulai menambah Rp 35.000.

Hasilnya pasti akan lebih banyak jika melakukan selama satu tahun.

4. Pindahkan ke Bank

Menabung di rumah secara harian atau bulanan bisa menjadi langkah awal untuk menumbuhkan kebiasaan menabung. Bila uang sudah terkumpul, Anda bisa memindahkannya ke bank.

Hal ini selain demi keamanan, juga langkah preventif agar tidak terpakai untuk kebutuhan yang lain.

Advertisement

Ada berbagai macam program menabung yang bisa dipilih, misalnya deposito yang menyertakan bunga keuntungan. Atau untuk semakin memperkuat hasrat menabung,

5. Gunakan Metode Balik Tanggal, Tips Menabung Harian Unik Layak Coba

Berikutnya, tips ini sangat cocok untuk Anda yang kesulitan menabung disiplin. Terlebih jelang akhir bulan, banyak orang merasa kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan harian. Yang ada, tabungan terpakai lagi sampai tiba gajian berikutnya.

Caranya mudah, yaitu menabung setiap hari dengan tanggal. Sesuai namanya yaitu balik tanggal, maka nilai tabungan di awal bulan sebesar tanggal terakhir bulan tersebut. Sebagai contoh, Anda mulai menabung pada 1 Januari.
Maka nilai yang harus ditabung pada tanggal 1 Januari adalah sebesar Rp31.000. Mengapa? Karena pada bulan tersebut ada 31 hari dalam satu bulan. Selanjutnya, tinggal mundurkan nominalnya.

Tanggal 2 Januari sebesar Rp 30.000, 3 Januari sejumlah Rp 29.000, 4 Januari sebesar Rp 28.000. Teruskan hingga nantinya pada 31 Januari Anda cukup menabung Rp 1.000 saja. Jika konsisten, nominal uang yang terkumpul di akhir bulan yakniRp 496.000.

Advertisement

6. Menabung Sesuai Tanggal

Selain metode balik tanggal, Anda yang mudah lupa bisa mengandalkan menabung sesuai tanggal. Bedanya, pada metode ini nominal menabung setiap harinya disesuaikan dengan tanggalnya.

Misalnya, tanggal 1 Januari menyisihkan Rp 1.000 hingga seterusnya pada 31 Januari Anda harus menyisihkan Rp 31.000 sebagai tabungan harian. Nantinya, uang yang terkumpul sama dengan metode berbalik tanggal.

7. Bergaul dengan Teman Bermindset Sama

Terakhir adalah pintar memilih teman sebagai tips menabung harian. Lho, memang apa hubungannya?

Advertisement

Tujuan keuangan dapat tercapai turut dipengaruhi lingkup pergaulan. Memiliki teman dengan gaya hidup sama akan membantu Anda stick dengan pola saving money yang sedang Anda terapkan.

Hal ini karena teman Anda paham bagaimana sulitnya memulai kebiasaan menabung dan membatasi gaya hidup.

Sebaliknya, teman dengan gaya hidup tinggi dan berlebihan akan membuat Anda sulit menabung.

Kemungkinannya ada 2: Kita akan kehilangan teman karena tidak bisa mengikuti lifestyle-nya, atau malah terpengaruh dengan gaya hidup yang tidak sesuai dengan kondisi finansial Anda sebenarnya. Yuks dimulai dengan niat.



Sumber Berita

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *