Connect with us
google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0

MEDIA TERKEMUKA

Upaya E-Commerce Genjot Penjualan Produk Lokal

Published

on


Jakarta, Selular.ID – Kategori Elektronik adalah salah satu kategori favorit di Tokopedia kuartal II 2021, hal tersebut diungkapkan Fransiscus Leo Chandra. Head of Category Development Tokopedia, menurutnya Earphone, speaker, mouse, charger handphone dan tripod handphone menjadi lima produk paling laris.

Dengan melihat itu, Tokopedia menghadirkan kampanye Tokopedia Tekno.
“Kampanye ini memungkinkan masyarakat menemukan berbagai produk elektronik terkurasi dengan kualitas yang tinggi dan jaminan harga termurah; juga merupakan upaya Tokopedia dalam memberikan panggung lebih luas kepada pebisnis lokal di industri teknologi, contohnya Advan dan In- Lite LED,” jelas Leo.

Tidak hanya itu, menurut Leo, Tokopedia menjamin harga produk elektronik seperti laptop dan smartphone yang termurah ketimbang e-commerce lain. Tokopedia akan memberikan hadiah kepada konsumen, jika menemukan harga yang lebih murah di e-commerce lain. Hadiah itu berupa Tokopedia Gift Card.

Advertisement

Artinya, menemukan produk serupa yang lebih murah, konsumen bisa mengajukan klaim dan mengisi formulir yang ada di laman Tokopedia Tekno. Berdasarkan laman itu, produk yang bisa diajukan klaim harus dalam keadaan baru dalam hal spesifikasi, warna, ukuran, kondisi, bundling atau paket, tipe garansi, dan variasi lainnya.

Berdasarkan laman Tokopedia Tekno, Gift Card yang diberikan berupa Ovo points Rp 50 ribu. Ini akan dikirim melalui email yang diisi di formulir klaim paling lambat dua minggu.
Klaim juga hanya berlaku bagi 10 konsumen pertama yang mengajukan per harinya, pada Rabu hingga Jumat. Jika setelah dua minggu tidak menerima email, berarti klaim gagal.
Leo juga melihat selama pandemi Leo melihat antusias masyarakat terhadap produk lokal seperti Advan dan In-Line LED, namun Leo tidak bisa menjabarkan berapa presentasi peningkatannya.

“Pembeli produk elektronik paling banyak berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Namun ada kenaikan transaksi signifikan di Papua dan Kalimantan,”tutur Leo.

Peningkatan penjualan produk Lokal di Tokped

Menganggapi peningkatan produk lokal di Tokopedia, Chandra Tansri, CEO Advan, , mengatakan bahwa produk Advan sekarang bisa diakses oleh lebih banyak konsumen di seluruh penjuru Indonesia lewat Tokopedia.

Advertisement

Dengan mengikuti berbagai program serta kampanye dari Tokopedia, Advan mengalami peningkatan penjualan hingga 4x lipat.

Melalui keberadaan pabrik di Kawasan Candi, Semarang, Advan berhasil memberdayakan penduduk sekitar sebagai karyawan. Mereka bertugas merakit produk sebelum didistribusikan ke pasaran, baik offline maupun online, termasuk stok produk untuk Advan Official Store di Tokopedia.

Baca Juga:Tokopedia Dukung Produk Elektronik Lokal, Harga Dijamin Super Murah!

Sementara produk lokal lain In-Lite yang merupakan brand LED, menurut Fransiska Damarwan, GM Marketing In-Lite, dengan memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia supaya produk lebih dikenal dan bisa lebih luas menjangkau masyarakat. Terbukti pada masa pandemi ini, penjualan In Lite di Tokopedia dapat bertumbuh 250%.

“In-Lite menghadirkan One Stop Lighting Solution untuk masyarakat Indonesia. Salah satu strategi kami tentunya dengan memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia agar produk kami lebih dikenal dan bisa lebih luas menjangkau masyarakat,” tutur Fransiska.

Advertisement



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *