Connect with us
google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Majalah Trend & Peristiwa

Kasal Sambangi KBN Merauke, Tinjau Pemberdayakan Potensi Pesisir

Published

on

Kasal Sambangi KBN Merauke, Tinjau Pemberdayakan Potensi Pesisir


Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E. M.M., beserta Ny. Vero Yudo Margono menyambangi Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Kampung Lampu Satu, Merauke, Papua. Rabu (16/6).

Kunjungan Kasal dalam rangka melihat secara langsung kegiatan pemberdayaan potensi masyarakat pesisir oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke.

Pada kesempatan ini Kasal memberikan bantuan bahan kontak kepada masyarakat KBN.

KBN merupakan ide atau gagasan Laksamana TNI Yudo Margono bertujuan memberdayakan warga pesisir agar potensi daerahnya dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga masyarakatnya bisa sejahtera. Kampung Lampu Satu di Kabupaten Merauke menjadi salah satu daerah yang dipilih menjadi tempat pembentukan KBN dari daerah-daerah pesisir di seluruh Indonesia.

Bentuk pembinaan oleh TNI AL kepada warga di KBN adalah yang menyentuh kehidupan masyarakat secara langsung meliputi lima cluster yang telah ditetapkan yaitu ekonomi, pendidikan, kesehatan, pariwisata dan pertahanan.

Advertisement

Seminggu sebelumnya telah dilaksanakan penanaman 1.000 pohon bibit mangrove oleh para prajurit Lantamal XI Merauke bersama warga untuk mengantisipasi terjadinya abrasi yang cukup tinggi di pantai Lampu Satu sebagai akibat minimnya keberadaan pohon mangrove di lokasi tersebut.

Kasal dalam kunjungannya yang didampingi para pejabat diantaranya Asrena Kasal, Aslog Kasal, Aspotmar Kasal, Pangkoarmada III, Kadisfaslanal dan Koorsmin Kasal tersebut menyerahkan paket sembako kepada 70 warga KBN Merauke.

Selain bertandang ke KBN Merauke, Kasal didampingi Danlantamal XI Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, M.Han., juga menemui para prajuritnya yang bertugas di Lantamal XI Merauke.

Yudo Margono memberikan motivasi dan semangat bahwasanya prajurit yang ditugaskan di wilayah perbatasan adalah prajurit-prajurit tangguh dan profesional. Yang mana hal ini merupakan suatu kehormatan yang diberikan negara kepada prajurit-prajurit terbaik dan terpilih untuk menjaga kedaulatan bangsa dan negara.

Di Mako Lantamal XI, Kasal berkesempatan melaksanakan tabur benih ikan dan penanaman pohon di halaman Mako serta memberikan tali asih kepada para prajurit dan PNS Lantamal XI yang telah berdinas lebih dari 20 tahun di Merauke.

Advertisement

Kasal Sambangi KBN Merauke, Tinjau Pemberdayakan Potensi Pesisir

Kasal Sambangi KBN Merauke, Tinjau Pemberdayakan Potensi Pesisir



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *