Connect with us
google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0

#

Walau Penyakit Kulit, Penularan Herpes Zoster Mirip Covid-19

Published

on

Jakarta, Gatra.com – Pandemi Covid-19 belum usai. Namun, ada eksistensi penyakit berbasis virus lain yang menghantui dan berpotensi menjangkiti tubuh manusia yang sudah positif terinfeksi corona.

Penyakit ini adalah herpes zoster alias cacar api atau cacar ular. Cacar ini disebabkan oleh varisela zoster virus (VZV) yang juga merupakan virus penyebab cacar air.

Menurut CEO Klinik Pramudia, dr. Anthony Handoko, SpKK, virus tersebut menginfeksi tubuh manusi melalui pertukaran napas. Dengan demikian, terdapat satu kemiripan proses penularan antara herpes zoster dengan Covid-19. Cara mengantisipasinya pun mirip.

“Jadi kalau orang baru terkena virus herpes zoster, biasanya kita juga menganjurkan agar dia mengisolasi sendiri [untuk] tidak bertemu dengan keluarga,” ujar Anthony dalam acara Virtual Media Briefing yang digelar pada Kamis (8/2).

Advertisement

“Karena dengan pertukaran napas, misalnya dia seorang suami atau istri terkena Herpes Zoster, [kemudian] tidur di ranjang yang sama enggak pake masker, [lalu] terjadi pertukaran napas, ya otomatis pasangannya, baik suami maupun istri, akan terkena [VZV],” kata Anthony.

Kemiripan lain antara herpes zoster dengan Covid-19 adalah masa inkubasi dan respons tubuh manusia terhadap virus tersebut.

“Masa inkubasi dari dia mulai terkena sampai timbul gejala itu sekitar 10-20 hari dengan rata-rata kurang lebih dua minggu [pekan]. Dan tubuh kita saat terkena dia akan membentuk sel imun yang disebut antibodi, tapi dia bersifat spesifik khusus terhadap varisela herpes zoster virus,” ujar Anthony.


Reporter: Yoga Aditya Pratama

Editor: Iwan Sutiawan




Sumber Berita
Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *