Connect with us

Berita

RMI PBNU Gelar Program Literasi Digital di Dar Al Tauhid Cirebon

Published

on

RMI PBNU Gelar Program Literasi Digital di Dar Al Tauhid Cirebon

Jakarta, 3 April 2023 – RMI PBNU dan Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, mengadakan kegiatan sosialisasi dengan tema bijak terhadap data privasi pribadi dan orang lain demi keamanan dan kenyamanan bermedia digital. Kegiatan ini diadakan di Pondok Pesantren Dar Al Tauhid Cirebon dan diikuti oleh lebih dari 1.000 Peserta dari kalangan Ustad dan ustadzah.

 

Dalam kegiatan ini, Ustad dan Ustadzah diberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga keamanan dan privasi data pribadi dan orang lain saat berinternet, serta cara menghindari berbagai risiko dan ancaman di dunia maya seperti penipuan online, peretasan akun, dan pencurian identitas. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan tentang etika berinternet dan bagaimana cara menggunakan media sosial dan platform digital dengan bijak dan positif.

 

Advertisement

“Kami percaya bahwa literasi digital bijak sangat penting untuk mencegah risiko dan ancaman yang muncul di dunia digital. Dalam era digital ini, penting bagi kita untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang teknologi digital agar dapat menggunakannya dengan bijak dan bertanggung jawab,” kata Bapak Muhammad Iqbal , Pengurus RMI PBNU.

 

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari Pondok Pesantren, yang memandang pentingnya literasi digital bijak sebagai salah satu bagian dari pendidikan yang perlu disosialisasikan kepada ustad dan ustadzah serta santri-santri yang ada di pondok. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi literasi digital yang dilakukan oleh RMI PBNU dan KOMINFO. Ini adalah langkah yang baik dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa tentang teknologi digital dan cara menggunakannya dengan bijak,” kata Bapak Moh Ali, Kaprodi PJJ PAI IAIN Syekh Nurjati sekaligus sebagai Narasumber dalam kegiatan ini.

 

Diharapkan, kegiatan sosialisasi literasi digital bijak ini dapat membantu ustad dan ustadzah untuk menjadi pengguna internet yang bijak dan bertanggung jawab, serta menjaga keamanan dan privasi data pribadi dan orang lain saat berinternet. RMI PBNU dan KOMINFO berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan serupa untuk meningkatkan literasi digital di kalangan masyarakat Indonesia.

Advertisement

 

Selain kegiatan sosialisasi literasi digital bijak, RMI PBNU juga melakukan berbagai upaya lainnya untuk meningkatkan literasi digital di kalangan masyarakat, termasuk melalui program pelatihan dan workshop literasi digital untuk berbagai kalangan, serta kampanye sosial media dengan tema literasi digital bijak.

 

Editor: Wiwit Musaadah

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *