Connect with us

Berita

Sertifikasi BNSP: Kunci Penguatan Destinasi Pariwisata Prioritas

Published

on

Sertifikasi BNSP: Kunci Penguatan Destinasi Pariwisata Prioritas

TEMPOSIANA – Dalam suasana yang penuh semangat, Anggota Komisioner BNSP, Muhammad Nur Hayid, memberikan paparan menarik sebagai narasumber utama dalam acara Biannual Tourism Forum yang digelar di salah satu hotel di kawasan Cikini, Jakarta. Acara ini menjadi panggung penting bagi pelaku dan stakeholder pariwisata untuk membahas urgensi sertifikasi BNSP di ranah pariwisata prioritas.

Dalam paparannya, Hayid menekankan perlunya sertifikasi BNSP bagi para pelaku dan stakeholder pariwisata, terutama yang berkaitan dengan destinasi pariwisata prioritas. Kerjasama erat antara Kementerian dan lembaga terkait, seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes), serta BNSP, diapresiasi sebagai langkah positif untuk memperkuat destinasi pariwisata.

“Hal ini menjadi bagian dari upaya sinergi yang sangat diperlukan, terutama dalam pengembangan skema di sektor pariwisata, dengan fokus khusus pada kolaborasi dengan desa-desa,” ujar Hayid. Keterlibatan BNSP di dalamnya dianggap sebagai langkah strategis untuk meningkatkan mutu dan standar industri pariwisata di Indonesia.

Adanya konsep Collab Action atau aksi kolaboratif di luar kerjasama antar kementerian dan sektor pariwisata, serta asosiasi dan masyarakat, diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi industri pariwisata. Dengan meningkatnya kualitas dan standar, diikuti dengan upaya bersama dalam pengembangan destinasi prioritas, sektor pariwisata diharapkan mampu memberikan kontribusi lebih besar terhadap pendapatan negara, terutama melalui sektor pajak yang terkait.

Advertisement

Inisiatif kolaboratif ini tidak hanya sekadar kerjasama antarpihak, tetapi juga menjadi bagian dari langkah-langkah strategis yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia di mata dunia. Dengan menggandeng berbagai pihak dan memastikan standar yang tinggi melalui sertifikasi BNSP, industri pariwisata prioritas diharapkan mampu memperoleh kepercayaan global dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *