Connect with us
google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0

#

Bulog Pastikan Stok Beras Jateng Aman Jelang Nataru

Published

on

Semarang,Gatra.com – Stok beras di Jawa Tengah dipastikan mencukupi kebutuhan masyarakat hingga 3-4 bulan ke depan. Dengan kata lain, masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan beras di pasaran saat menyambut Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Kepala Perum BULOG Kanwil Jateng, Miftahul Ulum mengatakan, stok pangan pokok yang ada di gudang Perum BULOG aman, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadi lonjakan harga menjelang Natal dan Tahun Baru 2021.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar berbelanja dengan bijak untuk menghindari peningkatan permintaan yang berpengaruh pada lonjakan harga.

“Stok beras BULOG di Jateng masih aman dan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat hingga 3-4 bulan ke depan. Stok beras tersebar di 30 komplek pergudangan yang ada di wilayah Kanwil Jawa Tengah,” katanya, melalui keterangan tertulis yang diterima Gatra.com Selasa (22/12).

Advertisement

Dia menjelaskan, meskipun sudah bisa dipastikan stok beras aman, namun pihaknya tetap melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi adanya lonjakan harga menjelang Natal dan Tahun Baru 2021.

Salah satunya adalah melalui kegiatan “Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga Beras Medium” (KPSH). Untuk di wilayah Jateng, kegiatan KPSH dilaksanakan serentak di seluruh kabupaten/kota, dengan menggunakan Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

Kegiatan KPSH digelar untuk menjaga ketersediaan, keterjangkauan dan stabilisasi harga pangan. Adapun harga jual untuk wilayah Jateng ditetapkan sebesar Rp8.100/Kg.

“Perum BULOG Kanwil Jateng berkomitmen akan terus menggelontorkan beras ke pasaran, selama harga beras belum stabil. Penyaluran beras dilakukan melalui masing-masing cabang, yakni Cabang Semarang, Cabang Pati, Cabang Surakarta dan Cabang Pekalongan,” jelasnya.

Adapun sepanjang 2020 hingga saat ini, Perum BULOG Jateng telah menggelontorkan sebanyak 63.356 Ton beras selama Kegiatan KPSH di seluruh wilayah Jawa Tengah.

Advertisement

Sementara itu, di tengah situasi pandemi Covid-19, BULOG juga terus menggenjot penjualan beras berbagai kemasan secara online melalui ipanganan.com. Penjualan melalui online ini dimaksudkan agar masyarakat dapat berbelanja secara praktis, aman dan nyaman.


Reporter: Andik Sismanto

Editor: Rohmat Haryadi




Sumber Berita

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *