Connect with us

MATRA

Generasi Alpha, Apa Itu?

Published

on


Setelah Generasi Z akan dipanggil Generasi A alias Generasi Alfa. Tahun kelahirannya dimulai dari 2010.

MATRANEWS.id — Daripada terus membicarakan virus corona, mari kita membahas kelahiran generasi Z dan Y. Generasi ini membuat media televisi memasuki sunset, karena  generasi ini tidak butuh televisi. Loh?

Mereka adalah generasi, yang enggan menantikan tayangan demi tayangan, kecuali siaran langsung pertandingan sepak bola atau sejenisnya.

Generasi itu, bisa disebut lekat dengan internet, khususnya YouTube, televisi streaming, dan media massa sejenis. YouTube berubah jadi kebiasaan lumrah sehari-hari.

Bermusik, tak lagi tentang mengeluarkan album berbentuk kaset, CD, atau Vinyl. Jam bekerja tak lagi monoton dimulai pukul 9 dan berakhir pukul 5, pergi ke kantor pun tak mesti berpenampilan serba-licin.

Desain kantor juga jadi lebih terbuka, lebih santai, dan penuh mainan.

Dari sebagian kecil Generasi Y dan sebagian besar Generasi X, kemudian lahir generasi baru bernama Generasi Z.

Generasi ini,  lahir dalam rentang pertengahan tahun 1990-an hingga pertengahan tahun 2000-an dan hadir lebih akrab dengan teknologi.

Karakter mereka: lebih tidak fokus dari milenial, tapi lebih serba-bisa; lebih individual, lebih global, berpikiran lebih terbuka; lebih cepat terjun ke dunia kerja, dan lebih wirausahawan.

Generasi Milenial (Gen Y) paling tua berusia 36 atau 37 tahun, sementara yang paling muda berumur 23 tahun. Mereka tentu saja masuk dalam kategori umur produktif.

Generasi Z juga jadi orang-orang terakhir yang lahir di abad 20

Di tangan Milenial, dunia berubah: dari tangan Mark Zuckerberg yang kini berumur 32 tahun, Facebook lahir dan menjelma menjadi salah satu media sosial terbesar paling berpengaruh yang pernah ada.

Hal lain yang tak pernah dinikmati generasi lain sebelum Milenial adalah: memesan makanan, jasa antar-jemput, jasa pijat, jasa bersih-bersih rumah, tiket nonton di bioskop, bahkan mengisi pulsa, cuma sejauh satu klik saja.

Ada yang menyebutnya, generasi Z juga jadi orang-orang terakhir yang lahir di abad 20. Sesuai namanya, huruf Z pada generasi ini membatasi mereka dengan generasi berikutnya: orang-orang abad ke-21.

Generasi Z adalah mereka yang lahir periode 1995—2010.

Yang masuk generasi Z adalah mereka remaja yang masih bersekolah ataupun duduk di tahun pertama perguruan tinggi.

Generasi millenial adapun generasi Y atau Generasi Post Millenial lahir periode 1981—1994.

Perlu dicatat, generasi Z sudah mulai dewasa, sebentar lagi akan mengambil alih kendali dunia dari para milenial.  Di saat yang sama, generasi baru muncul, para balita itu disebut: Generasi Alfa.

Generasi Abad 21: Generasi Alfa.

Analis sosial-cum-demograf Mark McCrindle dari grup peneliti McCrindle adalah orang pertama yang membuka topik ini: tentang nama generasi yang lahir di abad 21.

Dalam makalah Beyond Z: Meet Generation Alpha, ia mengungkapkan, generasi berikutnya akan dinamai sesuai abjad. Itu sebabnya mereka yang lahir setelah Generasi Z akan dipanggil Generasi A alias Generasi Alfa.

Generasi A alias Generasi Alfa, tahun kelahirannya dimulai dari 2010.

Menurut McCrindle, Generasi Alfa—yakni anak-anak dari Generasi Milenial—akan menjadi generasi paling banyak di antara yang pernah ada.

Sekitar 2,5 juta Generasi Alfa lahir setiap minggu. Membuat jumlahnya akan bengkak menjadi sekitar 2 miliar pada 2025.

Generasi Alfa kini dikenal sebagai generasi paling berpengaruh dalam kehidupan manusia. Ukurannya adalah umur mereka yang masih sangat dini, tetapi dapat memengaruhi putaran ekonomi dunia.

Mereka adalah kaum terdidik, lebih terdidik daripada Generasi Z, lebih akrab dengan teknologi, dan jadi generasi paling sejahtera.

Generasi A alias Generasi Alfa, tahun kelahirannya dimulai dari 2010.

Generasi AlphaGenerasi Alpha

 

baca juga: majalah Matra edisi cetak — klik ini

 

 47 total views



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

MATRA

Harlah NU ke ’98, NU Care Salurkan Perahu Karet

Published

on

By


MatraNews.id – Pengurus Pusat (PP) NU Care-LAZISNU bersama PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) menyalurkan bantuan berupa perahu karet di tiga wilayah terdampak banjir, yaitu Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DKI Jakarta.

Adapun bantuan tersebut berasal dari penghimpunan donasi konsumen Alfamart selama Januari 2021.

“Alhamdulillah, hasil kerjasama kami dari Alfamart dengan LAZISNU dalam program penghimpunan donasi konsumen Alfamart pada bulan Januari 2021, telah tersalurkan kembali kepada masyarakat, melalui LAZISNU,” ucap Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman, via pesan tertulis, pada Ahad (28/02/2021) di Jakarta.

Rachman berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang terdampak banjir di tiga provinsi.

Sementara itu, Penanggungjawab Program kerjasama NU Care-LAZISNU dan Alfamart, Nur Hasan, menyampaikan bahwa penyaluran bantuan tersebut, juga bagian dari peringatan Harlah ke-98 NU versi hijriah, yang jatuh pada 16 Rajab 1442 atau 27 Februari 2021.

“Dalam rangka memperingati Puncak Harlah NU yang ke-98, semalam (Sabtu) PBNU menggelar Tahlil Muassis NU dan Doa untuk Keselamatan Bangsa di Masjid Istiqlal, Jakarta. Kemudian hari ini (Ahad) kami NU Care-LAZISNU dalam bendera NU Peduli Kemanusiaan bergerak ke Semarang, untuk menyalurkan bantuan ke warga terdampak banjir, hasil kerjasama dengan Alfamart. Ini (bantuan) bagian dari peringatan Puncak Harlah NU juga,” papar Hasan.

Bantuan perahu karet itu diserahkan oleh PP NU Care-LAZISNU ke Ketua Pengurus Wilayah (PW) NU Care-LAZISNU Jawa Tengah di Gedung PWNU Jateng, Jl Dokter Cipto, No.180, Karangtempel, Semarang.

“Bantuan diterima langsung oleh Ketua NU Care-LAZISNU Jateng, Muhammad Mahsun, untuk program penanganan musibah banjir yang melanda Kota Semarang, Kendal, Demak, Kudus, Kabupaten Pati, dan wilayah lainnya di Jawa Tengah,” jelas Hasan.

Hasan juga menjelaskan, bantuan serupa disalurkan di Jawa Timur dan DKI Jakarta, sebagai upaya penanganan banjir yang dilakukan oleh Tim NU Peduli Kemanusiaan.

“Untuk kebutuhan operasional, maka perahu karet ini menjadi kebutuhan mendesak untuk penyaluran bantuan makanan, logistik ke warga terdampak banjir, yang di beberapa daerah ketinggian air bisa mencapai dada orang dewasa. Bantuan juga disalurkan untuk penanganan banjir di Jawa Timur dan DKI Jakarta,” ucapnya

Dirinya menambahkan bahwa kerjasama yang terjalin dengan Alfamart sudah berjalan selama empat tahun, terhitung sejak 2017, dengan berbagai program di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan kemanusiaan.

 15 total views



Sumber Berita

Continue Reading

MATRA

Puncak Harlah NU Momentum Eratkan Persaudaraan

Published

on

By


Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat kepada Nahdlatul Ulama (NU) yang pada Sabtu, 27 Februari 2021, atau bertepatan dengan tanggal 16 Rajab 1442 H memperingati hari lahir (harlah) ke-98 NU.

Kepala Negara mengatakan bahwa puncak harlah NU ini menjadi momentum untuk mengukuhkan tali persaudaraan, ukhuwah islamiyah, dan ukhuwah wathaniyah yang menjadi modal ketangguhan bangsa.

“Saya mengucapkan selamat hari lahir ke-98 Hijriah Nahdlatul Ulama yang jatuh pada tanggal 16 Rajab,” ujar Jokowi.

Puncak harlah ini, menurut Presiden RI, akan menjadi wasilah untuk mengukuhkan tali persaudaraan, ukhuwah islamiyah, dan ukhuwah wathaniyah yang merupakan modal utama ketangguhan bangsa Indonesi.

Jokowi menyampaikan ucapan secara virtual sebagaimana ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden di hari yang sama.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara sekaligus menerangkan upaya-upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 dan menangani dampak ekonomi yang ditimbulkan.

Pandemi Covid-19 yang melanda setidaknya 215 negara di dunia, selama setahun belakangan ini, memberikan dampak luar biasa, termasuk kepada masyarakat Indonesia.

Masih dalam pernyataan Jokowi, persoalan dari sisi kesehatan akibat pandemi juga diikuti oleh dampak perekonomian yang mengakibatkan banyak warga kehilangan pekerjaan dan penghasilan.

“Saya tahu selama pandemi ini ada jutaan Nahdliyin yang terdampak. Ada ribuan pesantren dan lembaga pendidikan agama Islam yang juga terdampak,” tuturnya.

Untuk itu, pemerintah berupaya keras untuk meringankan beban masyarakat di kala pandemi ini melalui sejumlah program bantuan sosial, program padat karya, dan kebijakan pemulihan ekonomi nasional lainnya.

Bagi kalangan pesantren sendiri, pemerintah juga memberikan bantuan operasional pendidikan pesantren, bantuan pembelajaran daring, insentif guru pondok pesantren, dan masih terdapat beberapa program lain.

“Sementara itu untuk tahun 2021 ini, pemerintah menambah dukungan infrastruktur, pendampingan, pelatihan, dan pengembangan model bisnis untuk mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren sebagaimana amanat UU Pesantren,” Presiden menambahkan.

Di tengah ikhtiar bangsa dalam menangani pandemi, Presiden Joko Widodo mengucap syukur kepada Allah Swt.

Karena berkat rahmat-Nya bangsa Indonesia dapat tetap tangguh menghadapi tantangan, bersatu, bergotong royong, saling membantu tanpa melihat perbedaan, dan saling peduli untuk meringankan beban dan kesulitan.

Presiden juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar NU di seluruh nusantara yang telah mengambil peran penting untuk memastikan kesehatan dan keselamatan masyarakat hingga membantu mengatasi pandemi di tingkat akar rumput.

Kebersamaan dan kolaborasi serupa ini yang memang diharapkan muncul di masa pandemi saat ini.

Selain itu, Kepala Negara juga mengharapkan dukungan para ulama dan keluarga besar NU untuk turut membantu menyukseskan kebijakan vaksinasi massal yang saat ini menjadi program terkini pemerintah untuk menekan penyebaran pandemi.

“Kami mohon dukungan para ulama dan keluarga besar NU untuk ikut membantu pemerintah dalam menyukseskan program vaksinasi nasional ini dan mohon bantuan untuk memberikan informasi yang akurat kepada umat,” tandasnya.

 22 total views



Sumber Berita

Continue Reading

MATRA

Inilah 16 Kelebihan Microsoft Powerpoint dalam Presentasi

Published

on

By


1. Kemudahan Pengoperasian
Microsoft Powerpoint merupakan aplikasi yang cukup mudah digunakan dan dioperasikan bahkan oleh newbie sekalipun, berbagai tutorial dan panduan penggunaan aplikasi powerpoint tersedia di Internet untuk didownload dan dipelajari.

Menu dan toolbar yang ramah pengguna, ikon yang familiar, fitur built-in help untuk membantu user mencari referensi pengoperasional aplikasi, sediakan di aplikasi powerpoint.

2. Export / Import Presentasi
Presentasi yang dibuat dengan powerpoint bisa diexport ke berbagai format dengan mudah langsung dari aplikasi Microsoft Powerpoint. Beberapa format yang didukung adalah pdf, .xps, .mp4, .wmv, .odp, .gif, .jpg, .png, .gif, .bmpp, .tif, .wmf, .emf, dan .rtf
Fungsi ekspor ini sangat berguna untuk keperluan tertentu, semisal mentransfrer file hasil expor ke flashdisk atau yang lainnya.

3. Downloadable Templates
Fitur yang tak ketinggalan adalah dukungan template yang dapat di-download dan digunakan untuk presentasi Kita. Template merupakan kerangka siap pakai yang bisa digunakan untuk dimodifikasi.

4. Clip art dan autoshapes
Clipart merupakan gambar siap pakai yang siap disisipkan ke presentasi Kita, sedangkan autoshape merupakan bentuk datar 2D yang biasa digunakan untuk flowchart atau bagan alir, alur proses, dan diagram.

5. Editing foto on-the-fly
Pengoperasian editing foto seperti Crop, Resizing, pengaturan kontras bisa dilakukan langsung di aplikasi powerpoint ini melalui Tab Picture / Format di Ribbon powerpoint.

6. Preset animasi dan slide yang melimpah
Preset adalah kombinasi dari slide dan transisi siap pakai yang sudah dikustomisasi. Dengan powerpoint, berbagai preset siap pakai telah disiapkan untuk digunakan dan dikustomisasi.

7. Pembuatan presentasi yang dinamis
Pembuatan presentasi di powerpoint ini bersifat dinamis, bukan hanya membuat sebuah presentasi statis tetapi juga interaktif.

Presentasi yang dihasilkan bisa dibuat objek yang lebih interakif seperti Button dan Link, audio, dan juga web URL. Di powerpoint disediakan sekitar 50 efek (Masuk, penekanan, dan keluar).

8. Pembuatan motion path
Motion path adalah efek linear objek yang bisa dibuat dengan powerpoint. Objek yang Kita buat slide powerpoint bisa diatur pergerakannya. Seperti pergeseran objek dari satu titik ke titik lain di slide yang sama, dengan mudah.

9. Pembuatan Narasi & Komentar
Fitur narasi adalah fitur penambahan audio pada slide, seperti layaknya narasi. Narasi bisa dibuat dengan merekam sebelum atau bersamaan dengan saat pembuatan presentasi.

Ada opsi untuk menjalankan narasi apakah saat presentasi dijalankan atau saat diklik. Narasi dibuat untuk membuat presentasi dijalankan secara otomatis.

Narasi diperlukan untuk keperluan meeting, agar hasil presentasi diputar ulang.

Sedangkan komentar sendiri digunakan untuk menambahkan keterangan pada slide yang menjelaskan fungsi slide atau informasi tambahan mengenai slide tersebut yang berfungsi sebagai catatan, tapi tidak akan ditampilkan saat presentasi di preview.

10. Menyisipkan konten external kedalam slide
Konten external dimungkinkan dengan fitur OLE (Object Linking and Embedding) yang disematkan pada aplikasi powerpoint ini.

Fitur OLE memungkinkan Kita untuk menyisipkan objek external seperti audio, video, file doc, excel, dan bitmap file langsung kedalam slide powerpoint.

11. Pembuatan objek animasi berformat GIF
GIF merupakan format animasi bergerak yang berukuran ringan dan kecil. Dengan powerpoint Kita bisa membuat objek animasi berformat GIF dengan mudah tanpa tools tambahan.

12. Menyisipkan statistik ke dalam slide
Dengan powerpoint, Kita bisa dengan mudah menyisipkan statistik untuk keperluan menampikan data riset. Data bisa diambil melalui file dan dengan mudah statistik akan disisipkan di slide Kita.

13. Fitur Sharing Presentasi
Sharing presentasi menjadi hal penting dimana saat ini sudah memasuki era dimana dokumen dapat dibagi dan dikolaborasikan dengan cloud-team. Fitur sharing sendiri sudah disediakan , sebagai bagian dari aplikasi Microsoft Powerpoint ini.

14. Fitur Smart lookup
Fitur Smart Loookup berfungsi melakukan pencarian kata dari dokumen yang sedang dibuka tanpa perlu membuka browser, mencari keyword di search engine, dan mencari hasil pencarian yang relevan.

Tidak hanya memunculkan teks hasil pencarian, hasil pencarian dengan search engine Bing, artikel wiki, dan pencarian di website juga dapat ditampilkan.

15. Fitur Quick Styles untuk autoshape
Quick style sendiri merupakan preset yang terdiri dari pewarnaan objek, border, ketebalan, background, dsb. Dengan quick styles Kita bisa melakukan pemformatan objek dengan mudah, tanpa perlu mengatur Satu-per-satu properti yang ada.

16. Grouping Slide ke Section
Fitur yang tak kalah menarik dari aplikasi Microsoft Powerpoint adalah adanya fitur penggabungan Slide-slide kedalam section, section merupakan penggabungan beberapa slide yang disimpan didalam tab dengan nama tertentu untuk memudahkan pengorganisasian presentasi dengan jumlah slide yang banyak.

Slide-slide disimpan didalam section, dan untuk membuka slide, Kita tinggal melakukan Expand pada nama section atau sebaliknya untuk menyembunyikan daftar slide di section, Kita melakukan Collapse pada nama section.



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
  • Sebuah galat telah terjadi, yang kemungkinan berarti umpan tersebut sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Trending