Gubes Undip: Tahun 2100 Usia Orang Indonesia di Atas Rata-Rata Dunia

  • Bagikan
banner 468x60

Semarang, Gatra.com – Usia harapan hidup orang Indonesia terus meningkat, jika pada dekade tahun 80-an angka harapan hidup tidak mencapai 60 tahun, maka sekarang telah mencapai 71 tahun. Bahkan, pada tahun 2100 usia harapan hidup orang Indonesia berada di atas rata-rata usia harapan hidup dunia.

Hal ini dikatakan Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes, Sp.SK dalam pidato ilmiah pada pengukuhan sebagai guru besar Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (Undip) di kampus Undip Tembalang Semarang, Kamis (10/6). Pengukuhan Prof. Dwi sebagai guru besar (gubes) Ilmu Penyakit Syaraf FK dilakukan Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama.

banner 336x280

Meningkatnya usia harapan hidup ini, menurut Prof. Dwi, berdampak pada meningkatnya jumlah lanjut usia (lansia) yang rentan mengalami penurunan kualitas hidup akibat berbagai penyakit.

“Perubahan perilaku manusia juga telah menyebabkan terjadinya perubahan pola penyakit. Di tahun 1990-an, penyebab kesakitan dan kematian adalah penyakit menular (seperti ISPA, TBC, dan diare), maka sejak tahun 2010 telah berubah menjadi penyakit tidak menular, seperti Hipertensi, stroke, jantung, kanker, dan diabetes mellitus,” katanya.



Reporter: Insetyonoto


Editor: Iwan Sutiawan


   




Sumber Berita
banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *