Connect with us

BIRO DAERAH - LUAR NEGERI

Lintasarta Membangun Negeri, di HUT ke 34 Lintasarta

Published

on

Beritasenator.com — Ketika mengamati Lintasarta membangun negeri di berbagai teknologi berbagai industri. Tak bisa lepas dari dinamika sosial ekonomi, yang menyangkut kebutuhan Industri dan mendorong kolaborasi.

Komitmen Lintasarta membangun negeri sudah menjadi realitas, yang menjadikan negara kita, sebagai bangsa dengan potensi ekonomi digital tertinggi dan daya tarik investasi di Asia Tenggara.

Didirikan sejak April 1988, Lintasarta telah menjadi bagian dari dinamika bisnis di Indonesia. Menghadirkan layanan komunikasi data, informasi bisnis, internet, hingga solusi industri.

Lintasarta memperkuat kehandalan jaringannya, dimana salah satunya adalah desain dan arsitektur jaringan dengan konsep always-on dan main-backup. 

Keandalan jaringan serta kecepatan respon yang baik, dalam penanganan menjadi salah satu kunci Lintasarta meraih serta mengambil hati pelanggan. Yang terdiri dari berbagai sektor, terdiri dari berbagai industri dan pemerintahan.

Sebagai penyedia jasa yang sangat kritikal dan menjadi tulang punggung dalam mendukung kelangsungan bisnis pelanggan.

Advertisement

Lintasarta juga terbukti telah membuktikan komitmennya dalam  memajukan perkembangan industri IT. Terlebih pada masa-masa sulit akibat pandemi dan peralihan New Normal saat ini.

Menghadirkan layanan komunikasi data, informasi bisnis, serta internet yang andal hingga ke wilayah-wilayah terpencil di Nusantara.

“Siap membantu seluruh industri dan mendukung pemerintah dalam memulihkan perekonomian di Indonesia,” ujar Arya Damar, Direktur Utama Lintasarta tentang Lintasarta  Membangun Negeri.

Pada 4 April 2022 ini, Lintasarta berusia 34 tahun.

Arya Damar menyebut Lintasarta Membangun Negeri tak hanya dalam business to business, tapi sigap memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat, seperti perbankan, government, dan industri lainnya.

“Harus terus ditingkatkan menjadi lebih baik lagi, demi menjaga hubungan baik ke pelanggan. Yang pada akhirnya, pelanggan memberikan kepercayaan penuh kepada kami,” ujar Arya Damar mengenai Lintasarta sebagai perusahaan Information and Comunication.

Advertisement

Sebagai perusahaan total solution company  Information Communication and Technology (ICT), Lintasarta memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dengan menghadirkan infrastruktur yang andal, koneksi jaringan yang aman. Pencapaian Lintasarta dalam service excellence serta proaktif.

“Menjadi bagian dari dinamika bisnis di Indonesia. Kita harus tahu kebutuhan pelanggan agar semua yang kita berikan sesuai dengan yang dibutuhkan bahkan support yang diberikan,” masih dalam keterangan Arya Damar.

Pandemi Covid-19 Mempercepat Akselerasi

Transformasi digital di semua sektor. Pergerakan masyarakat di dunia maya sangat masif dalam mewujudkan hal tersebut.

Lintasarta mempersiapkan seluruh sumber daya baik internal maupun eksternal untuk tetap mempertahankan dukungan yang maksimal, terutama kepada pelanggan yang berpotensi mengalami peningkatan traffic dan informasi.

Sebagai media bagi pelanggan menjalankan bisnis transaksional retail ataupun core business corporate. Komitmen Lintasarta pada pelanggan, Lintasarta terus melakukan perbaikan dengan menerapkan high availability jaringan backbone dan last mile.

Advertisement

Dengan perluasan coverage yang terus dilakukan, Lintasarta dapat memberikan dukungan lebih baik bagi kelancaran bisnis pelanggan yang terdiri dari berbagai segmen industri seperti pemerintahan, bisnis keuangan, supply chain, dan lainnya melalui layanan yang lebih baik dan stabil.

Lintasarta akan terus meningkatkan komitmen dalam melakukan perluasan cakupan fiber optik, sehingga di masa depan dapat menghubungkan lebih banyak kota/kabupaten di Indonesia.

Komitmen Lintasarta mengutamakan high availability service dan dukungan pelayanan. Pelanggan tinggal kontak center di  14052. Lintasarta siap memberi dukungan operasional yang tersebar di 235 kota seluruh Indonesia.

Lintasarta Bantu Masyarakat Kerja WFH

Saat ini, Lintasarta melayani lebih dari 2.400 pelanggan korporasi dengan lebih dari 35.000 jaringan yang meliputi layanan komunikasi data fiber optik, jaringan satelit, hingga managed security & collaboration.

Lintasarta memberikan layanan profesional mulai dari layanan prajual melalui konsultasi bisnis, network engineer untuk assessment dan desain solusi pelanggan.

Advertisement

Dalam Layanan profesional Lintasarta didukung oleh lebih dari 1.000 staf berpengalaman, yang di antaranya memiliki sertifikasi internasional dan tersebar di lebih dari 54 kota di Indonesia.

Berkontribusi dengan turut mendukung imbauan pemerintah dalam membantu masyarakat bekerja dari rumah (work from home/WFH) melalui solusi berbasis teknologi.

Kerja di rumah, mengakses kerjaan perusahaan dari rumah tanpa menggunakan system yang aman, memang rentan  terkena serangan siber.

Lintasarta Workforce VPN merupakan system keamanan yang memastikan koneksi antar jaringan perusahaan tetap aman dan dapat diakses di mana saja.

Lintasarta perkuat Infrastuktur untuk meningkatkan dan jaga jaringan tetap aman. Menjadi bagian kebutuhan masyarakat pada umumnya yang sudah memanfaatkan menerapkan digitalisasi dalam kehidupan sehari-hari.

Advertisement

Infrastruktur yang andal, koneksi jaringan yang aman, dan layanan yang siaga selama 24 jam setiap hari, tanpa henti. Mirip apa yang sangat dibutuhkan oleh para pelaku industri.

Lintasarta Membangun Negeri Dengan Stabilitas bandwidth memiliki kualitas tinggi.

Hal ini, sejalan kebutuhan industri dimana koneksi jaringan dengan bandwidth yang tinggi dan kualitas yang prima saat ini menjadi prasyarat utama.

Komitmen Lintasarta membangun Negeri teruji. Diakui nasional dan dunia internasional, hingga mampu bersaing dengan negara-negara maju.

Dan yang terpenting, Lintasarta Membangun Negeri terasa di masyarakat, khususnya bagi kita yang sedang beradaptasi di tengah situasi pandemi yang tak pasti.

Advertisement

Penerapan digital transformation framework. Lintasarta juga menyiapkan Lintasarta IT Security untuk membantu masyarakat dalam menghindari, mendeteksi, dan merespon potensi serangan siber dengan menyediakan End-to-End IT (E2E IT) Security.

Sebut saja berbagai produk dan layanan mulai dari Connectivity, Data Communication, Internet Services, Lintasarta Data Center, Cloudeka, IT Security, Lintasarta Collaboration, Lintasarta Profesional Services, Brand Management, Digital Solution, Owlexa, dan Skota.

Hal ini yang mendorong belanja produk dan layanan penunjang teknologi semakin tinggi, seperti kebutuhan baik dari sisi infrastruktur dan solusi Industri seperti Cloud, Data Center, Security, Smart City, EKYC, TPCM, dan lainnya.

Lintasarta Managed Security Operation Center hadir untuk memperkuat layanan keamanan IT.

Layanan ini mengerahkan security analis yang secara aktif melakukan monitoring dan memberikan peringatan saat ada ancaman terdeteksi.

Advertisement

Pelanggan akan mendapatkan notifikasi melalui Whatsapp, telepon, serta Email. Selain itu, pelanggan dapat mengakses layanan ini melalui dashboard khusus yang dapat diakses melalui web browser.

Menjangkau Sampai Kota/kabupaten di Indonesia

Pada 2022 ini, perluasan jaringan fiber optic terus dilakukan. Tak terbatas memperluas coverage fiber optik (FO) ke 36 daerah di Indonesia. Tapi juga ke wilayah-wilayah terpencil di Nusantara.

Diperluasnya jangkauan fiber optik tersebut, diharapkan dapat membantu program pemerintah dalam pelaksanaan program transformasi.

Total fiber optik backbone telah dibangun Lintasarta di 235 kota/kabupaten di Indonesia sepanjang lebih dari 7.000 kilometer.

Dari sisi infrastruktur fiber optic, Lintasarta telah mendirikan lebih dari 1.274 kilometer fiber optic yang tersebar di 58 kota dimanfaatkan oleh segmen industri finance, government, perguruan tinggi, rumah sakit, dan lembaga lainnya yang dikelola pemerintah daerah, serta resources oil/gas/agroindustry.

Advertisement

Lintasarta Kerjasama Pengembangan dan Pembangunan Smartcity

Perusahaan Lintasarta juga melakukan pendampingan dan konsultasi dengan pemerintah daerah dalam penyusunan roadmap digitalisasi daerah.

Kemudian implementasi digitalisasi dilakukan berkolaborasi dengan pemerintah daerah, diantaranya pembangungan wifi publik, mendukung desa digital dan aplikasi superApps.

Tidak hanya sebatas layanan after sales, tetapi juga mulai dari pengalaman konsumen sampai transaksi akhir.

Dukungan tidak hanya penyediaan infrastruktur. Juga melalui kegiatan pelatihan kepada kader TIK desa melalui program CSR Lintasarta Mengajar.

Telah dilaksanakan sejak 2021, dalam pelatihan yang diberikan mulai dari pengetahuan, pembangunan, dan perawatan tower hingga pemanfaatan jaringan internet bagi masyarakat desa.

Advertisement

Sebelumnya, para kader juga telah mendapatkan pelatihan mengenai pengembangan website atau Web Development dan pelatihan terkait pemasaran digital.

Juga tentang Digital Marketing mengenai dasar-dasar pemasaran melalui sosial media atau channel digital lain yang mereka miliki mencakup dasar-dasar penulisan, copywriting, teknik dasar fotografi, hingga strategi promosi di media sosial.

Ada juga yang namanya Lintasarta Digischool. Program beasiswa ini bertujuan mencetak programmer dan developer muda Indonesia di berbagai wilayah yang siap bersaing di era ekonomi digital saat ini.

Lintasarta memberikan 3.200 beasiswa bagi siswa aktif atau lulusan SMK. Peserta tidak diharuskan mahir dalam pemrograman.

Selama memenuhi persyaratan, peserta dapat mempelajarinya terlebih dahulu secara online di semua kelas level pemula sebelum mengikuti level lanjutan.

Advertisement

Dalam mendukung program pengembangan startup, Lintasarta juga membentuk program ‘Appcelerate’. Ini program inkubasi dan akselerasi startup bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi ternama seperti ITB, UGM dan ITS.

Fokus dari program Appcelerate adalah menumbuhkan startup pada segmentasi pasar B2B. Ssehingga sedikit berbeda dengan startup yang umumnya fokus kepada B2C. Lintasarta akan memberikan dukungan GTM (Go to Market) untuk startup yang tergabung dalam Appcelerate.

Lintasarta terus melakukan pengembangan konten dan aplikasi yang berkaitan dengan Lintasarta Digischool.yang juga dapat mendukung dan memadukan potensi desa mandiri.

Pengembangan teknologi informasi melalui aplikasi atau sistem digital untuk segala kegiatan yang dilakukan menyangkut kebutuhan masyarakat diyakini dapat meningkatkan awareness dari pihak eksternal terhadap potensi di wilayah tersebut.

Dengan memberikan kemudahan akses informasi bagi masyarakat desa melalui teknologi informasi yang terintegrasi dalam pelayanan publik dan kegiatan perekonomian, maka potensi desa diharapkan dapat lebih produktif, efektif, efisien dan signifikan.

Advertisement

Melalui Program Desa Digital di Jawa Barat. Keikutsertaan Lintasarta dalam pelaksanaan program Desa Digital di Jawa Barat melalui penyediaan infrastruktur dan jaringan internet untuk beberapa wilayah yang tersebar di Jawa Barat.

Lintasarta juga terus memberi dukungan kepada pemerintah daerah seperti dalam mengimplementasikan Smart City. Di Provinsi Sumatera Selatan atau Mimika, Papua antara lain dari implementasi smart city di pelbagai wilayah yang butuh pertumbuhan digitalisasi.

Jadi, Lintasarta Membangun Negeri memang semacam potongan puzzle, yang terus dibangun di bangsa ini. Selamat ulang tahun Lintasarta!

 

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.