Connect with us

MATRA

Misi Kemanusiaan Instruksi Kasal

Published

on


TNI Angkatan Laut (TNI AL) memberangkatkan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Banjir TNI AL gelombang pertama yang terdiri dari Prajurit Komando Armada (Koarmada) I dan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) III Jakarta ke lokasi terdampak di Desa Situ Babakan, Bekasi, Senin (22/02).

TIM itu dilepas Kepala Staf Koarmada I Laksma TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han) mewakili Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid Kacong, S.E., M.M., bertempat di Koarmada I, Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Satgas Koarmada I dibawah Komandan Kolonel Laut (T) Wahyudin Arif yang sehari-hari menjabat Kepala Dinas Penyelamatan Bawah Air (Kadislambair) Koarmada I dengan kekuatan 64 personel.

Adapun mereka terdiri dari 48 personel tim evakuasi, 2 personel tim dapur lapangan, 2 personel tim kesehatan, 2 personel Dispen, 8 personel pengemudi dan 2 personel Pomal.

Sementara material yang dikerahkan adalah 8 unit truk, 1 unit ambulan, 7 unit perahu karet, 4 unit mopel, 1 unit kendaraan penerangan, 28 buah dayung, 30 buah swimfest, 50 buah Jas hujan, peralatan Kesehatan, perlengkapan perorangan dan 1 set perlengkapan dapur lapangan.

Sedangkan Lantamal III dibawah Komandan Letkol Marinir Deyna Hakim Galuh Tirta Negara, S.Ikom yang sehari-hari menjabat Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) III Jakarta.

Untuk ini, dengan kekuatan 60 personel terdiri dari 48 personel tim evakuasi, 7 personel pengemudi, 3 personel tim kesehatan dan 5 personel Pomal.

Material yang dikerahkan 15 unit truk, 1 unit rantis Danyon, 9 unit perahu karet, 10 unit mopel, 40 buah dayung, 41 buah swimfest, 1 set durlap, peralatan kesehatan dan perlengkapan perorangan.

Tim Satgas Banjir langsung menuju titik lokasi Banjir ke Desa Situ Babakan Bekasi dengan membawa sembako untuk para korban banjir.

Bantuan spontan berupa 125 karung beras, 125 dus mie instan, air mineral, biskuit, minyak goreng, sarden, kopi, teh, susu, 2 karung pakaian, selimut sarung, popok bayi, masker, karpet/terpal, paket campur/alat olah raga, alat mandi, dan obat obatan.

Misi kemanusiaan ini merupakan instruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk selalu berempati terhadap musibah yang terjadi sehingga keberadaan prajurit TNI AL dimanapun dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

MATRA

Gerakan Kelorisasi: Hadapi Guna-Guna dan Covid-19

Published

on

By


MATRANEWS.id — Bisa jadi, ini jalan keluar untuk mengatasi krisis gizi dan ketahanan tubuh di tengah serbuan pandemi Covid 19.

Yuk kita lakukan gerakan “kelorisasi” di seluruh pelosok tanah air.

Situasi saat ini, kita perlu banyak gagasan membangun gerakan untuk mempertahankan diri.

Tak semua warga beruntung dapat membeli makanan bergizi untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Karena itu kita perlu banyak akal.

Lahan yang tersedia harus dimanfaatkan maksimal untuk menanam pohon yang daunnya dapat diolah dan dapat kita konsumsi setiap hari.

Ketahanan pangan telah lama dan sering dikumandangkan. Yang jarang dilakukan adalah menjadikan gagasan baik menjadi gerakan yang dilaksanakan.

Nah, kapan lagi gerakan dimulai kalau tidak sekarang.

Prepare for the worst, hope for the best.

Tak satupun orang tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang dengan adanya krisis akibat Covid 19 yang nampaknya telah berimbas pada krisis ekonomi.

Tidaklah berlebihan kalau kita lakukan apa saja yang dapat menjadi bagian pertahanan hidup. Ini lebih baik daripada tak melakukan apa apa.

Manfaatnya bisa dicari saja di google. Tapi, sebagai referensi “dunia tak selebar daun kelor”, hal itu karena daun kelor memiliki ukuran yang kecil.

Daun kelor memiliki ukuran yang kecil.  Walau kecil ukurannya, daun kelor memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan tubuh.

Ilmuan menyebutnya sebagai pohon ajaib (Miracle Tree).

Daun kelor berbentuk bulat lonjong, dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai, biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan.

Penelitian mengenai khasiat daun kelor telah dimulai sejak 1980, pada bagian daunnya, lalu kulit batang, buah dan bijinya.

Pagi itu, tangan Imam Wahyudi tak henti-hentinya memadatkan tanah yang dituang ke dalam pot tanaman berukuran besar. Sebatang tanaman kelor sudah menancap di empat pot berdiameter 50 cm. Pot-pot itu ia letakkan tak jauh dari gazebo yang berada di depan rumahnya.

Tanaman-tanaman kelor setinggi semeter itu ia sirami beberapa kali, sembari terus memadatkan tanah dengan tangan kirinya. Di depan rumahnya, sebenarnya sudah ada beberapa tanaman lain yang ditanam dalam pot. Lelaki ini menempatkan tanaman barunya itu di posisi “strategis” di depan rumahnya, dengan menggeser beberapa tanaman hias yang sudah ada sebelumnya.

Rupanya, bukan hanya Imam yang menanam kelor. Beberapa tetangganya juga melakukan hal yang sama. Parmanti, tak jauh dari rumah Imam Wahyudi juga sudah menanam pohon ini sejak beberapa hari sebelumnya.

Hasil penelusuran Matranews.id, di beberapa kelurahan di Kota Depok, Jawa Barat, menanam pohon kelor tampaknya sedang menjadi tren. Umumnya mereka menanam dalam pot dan diletakkan di depan rumah.

Apa sebenarnya yang terjdi di balik fenomena ini?

“Katanya sih tanaman ditakuti sama jin atau setan. Orang-orang di sini bilang begitu, makanya saya tanam juga,” tutur Imam kepada Matranews.id.

“Ya katanya memang seperti itu, biar kita nggak digangguin jin atau setan,” ucap Parmanti yang bertenagga dengan Imam.

Sebenarnya “manfaat” tanaman kelor sudah lama diperbicangkan masyarakat. Namun, tren menanam pohon ini kadang pasang surut, tergantung “isu” yang berhembus di tengah masyarakat.

Dipercaya Membuang Ajimat

Di sebagian kalangan masyarakat di Jawa, tanaman kelor juga sering digunakan sebagai campuran air untuk memandikan jenazah. Menurut kepercayaan, campuran tersebut dimaksudkan untuk membuang ajimat yang masih melekat pada jasadnya.

Manfaat lain dari tanaman kelor, masih menurut kepercayaan tertentu, bisa sebagai penangkal kekuatan magis, ilmu hitam atau guna-guna, serta ajimat kesaktian.

Caranya, cukup dengan mengibas-ibaskan setangkai daun kelor ke bagian muka korban. Bisa juga air rendaman tanaman kelor disiramkan ke sekujur tubuhnya.

Kelor terkadang juga dijuluki “si kayu gaib”, terutama galihnya (inti kayu kelor yang keras, coklat tua hingga hitam). Adakalanya kayu galih kelor yang biasanya langka itu “dipuja-puja” oleh kalangan dukun di Jawa.

Konon, kekuatan magis yang tersimpan di dalamnya mampu menangkis energi (kekuatan) negatif dari ilmu hitam maupun serangan fisik. Namun ada juga yang justru memanfaatkan galih kelor sebagai bahan suvenir yang laku diperdagangkan. Semisal dibuat kerajinan anting-anting dengan bentuk dan ukuran bervariasi.

Konon, bersama bahan-bahan lain, seperti pala, bawang merah, bawang putih, dan lainnya, kelor bisa dibuat bedak pupur untuk sarana mengobati orang kurang waras. Mereka yang suka ngomong sendiri, ngomel-ngomel sendiri, melucu sendiri, dan tertawa sendiri. Begitu pun orang yang kesurupan akan kembali “waras”.

 

Pengobatan Non Medis

Menurut para ahli pengobatan non medis dari Yayasan Healing, di Riau, seperti yang dirilis dalam situsnya, daun kelor terbukti dapat digunakan untuk mengatasi penyakit non medis. Seperti kesurupan, kena santet atau sihir dan lainnya.

Untuk mengobati kesurupan, remaslah daun kelor dibacakan ayat kursi 3 atau 7 kali ditiupkan diremasan daun kelor dan dibalurkan di semua persendian pasien dan dimasukkan kemulut pasien Insya Allah akan menyedot semua kekuatan jin yang menyurupi pasien.

Daun kelor juga dipercaya mampu menetralkan segala macam bentuk susuk, gangguan jiwa, ilmu metafisik/kesaktian, tenaga dalam, santet, tenung, guna-guna.

Daun kelor muda ditumbuk, diberi sedikit air yang sudah diruqyah lalu dibalurkan ditempat susuk berada, atau dibuat mandi dengan menumbuk halus daun kelor lalu dimasukkan kedalam baskom, setelah itu bacakan ayat-ayat pembatal sihir lalu dibuat mandi selama minimal 7 hari berturut-turut.

Baca juga : Ucapan Menteri Kesehatan Zhang Wen Kang, Kontroversial

Tehnik lainnya adalah Didihkan air panas lalu matikan apinya, setelah itu masukkan daun kelor dan tutup  sampai dingin sendiri lalu tiriskan, air sari daun kelor lalu dibacakan ayat-ayat ruqyah lalu diminum setiap pagi,siang dan malam hari.

Tak hanya itu, oleh sebagian masyarakat daun ini juga dipercaya mampu menyembuhkan segala bentuk sakit kulit akibat santet atau sihir. Keampuhan daun ini sudah banyak terpubliksi di berbagai media sosial.

Fenomena di Luar Negeri

Lain Indonesia, lain pula fenomena yang terjadi di negara luar. Di beberapa negara, seperti India, manfaat daun kelor sudah diakui oleh peneliti-peneliti di sana.

Bahkan, di India, buah kelor dimasak kari dan diawetkan dalam kaleng untuk dijual di supermarket. Apalagi kalau menilik nilai gizinya, tanaman kelor tidak bisa dipandang sebelah mata. Soalnya, daun kelor memiliki kadar vitamin A dan C cukup tinggi.

Demikian yang pernah dilaporkan Michael D. Benge, dari Badan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi AS, di Washington DC, pada tahun 1987. Selain itu, daun kelor juga dikenal kaya kalsium (Ca) dan zat besi (Fe). Juga sebagai sumber fosfor yang baik.

Begitu pula buah mudanya bersifat sukulen (berkadar air tinggi) dan tinggi kandungan proteinnya. Sementara, biji buahnya yang tua dan kering menyimpan kadar minyak (lemak) nabati 35 – 40%.

Komposisi asam lemaknya meliputi, asam oleat, asam linoleat, asam eikosanoat, asam palmitat, asam stearat, asam arakhidat, dan lainnya. Kalau daun dan buah mudanya dapat langsung disayur, biji kelor tua bisa untuk bahan baku pembuatan obat dan kosmetika.

Begitu pun minyak pelumas yang biasa digunakan oleh tukang arloji, juga bisa diproduksi dari biji kelor. Pemanfaatannya sebagai tanaman obat pun bukan hal baru. Daun kelor ditumbuk halus bisa ditorehkan pada luka untuk mempercepat penyembuhan.

Jika dua fenomena ini benar adanya, dapat disimpulkan, tanaman kelor memiliki manfaat dua sisi: sisi mistis dan sisi kandungan gizi. Silakan Anda percaya yang mana.

 1 total views



Sumber Berita

Continue Reading

MATRA

BULOG Mulai Serap Beras Prov Paling Barat Indonesia

Published

on

By


 

Perum BULOG melalui Kantor Cabang Meulaboh – Aceh sudah mulai melakukan penyerapan beras medium untuk tahun 2021.

Hal ini ditandai dengan masuknya beras medium ke Gudang Bulog Gampong Darat – Meulaboh sebanyak 500 ton pada hari Senin (22/02) kemarin.

Hasil kerjasama dengan mitra lokal guna mengoptimalkan musim panen raya yang puncaknya akan berlangsung sekitar bulan Maret – April 2021.

Penyerapan Pengadaan ini dalam rangka memperkuat “cadangan”  beras Pemerintah.

Pada tahun ini Perum BULOG akan menjemput bola ke petani dalam proses penyerapan tidak hanya beras tetapi gabah ditingkat petani.

Berdasarkan data prakiraan produksi GKG (Gabah Kering Giling) dari BPS periode bulan Maret – April 2021, Provinsi Aceh mempunyai produksi GKG sebesar 425 ribu ton.

Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum BULOG Mokhamad Suyamto dalam keterangannya mengatakan ada dua grand master plan kegiatan supply chain dan pelayanan publik BULOG.

Dua itu yaitu menjaga stok beras cadangan Pemerintah, penyediaan stok sesuai kebutuhan penjualan, kualitas standar dan harga kompetitif serta sinergi dengan mitra kerja untuk meningkatkan jaminan pasokan dan efisiensi biaya persediaan.

Tahun ini Perum BULOG akan lebih selektif dalam melakukan penyerapan gabah beras dan memaksimalkan kegiatan jemput bola ke petani guna mendapatkan stok sesuai yang dibutuhkan untuk kegiatan penjualan ataupun penyaluran lainnya.

Maka, dengan tambahan serapan dari Meulaboh – Aceh yang dilakukan,  sebanyak 500 ton. “Total serapan beras BULOG dari Petani tahun 2021 per hari ini sudah sebanyak 30 ribu ton,” kata Suyamto.

Selain itu BULOG juga akan memaksimalkan strategi pengadaan dalam negeri saat puncak panen raya pada bulan Maret – April sebagai upaya memperoleh jaminan pasokan beras PSO dan menjaga stok beras CBP/PSO sesuai penugasan yang diberikan.

Selanjutnya BULOG juga melakukan pengadaan GKG dengan Sistem Kontrak / Perjanjian Terikat dengan Mitra Kerja Pengadaan (MKP).

Hingga kini stok yang dikuasai BULOG hampir mencapai 1 juta ton, dan harapannya saat panen raya nanti BULOG akan dapat menyerap secara maksimal gabah beras dari petani .

“Guna menjaga stabilisasi harga di tingkat petani dan mencukupi kebutuhan stok sesuai penugasan dan kebutuhan penyaluran,” tambah Suyamto.

Intinya, BULOG melakukan pengaplikasian sistem Supply Chain Management yang digunakan dalam mengintegrasikan rencana penjualan dan pasokan dengan tetap.

Tentu saja, dengan memperhatikan rencana bisnis (penyaluran, penjualan, pengolahan, pengadaan, produksi dan keuangan) ke dalam suatu rencana terpadu.

Diharapkan ke depannya BULOG  agar lebih optimal dalam melakukan penyerapan beras/gabah melihat dari peluang pasar di masyarakat.

 

 3 total views



Sumber Berita

Continue Reading

MATRA

Sssst, Ini Kode Rahasia!

Published

on

By


Apakah Anda pernah mendengar anggota Polisi komunikasi sesama anggota saat bertugas?

Baik komunikasi langsung maupun komunikasi Radio/HT.

Pernah dengar 8 6 (lapan nam), atau 8 1 3 (lapan satu tiga), apa maksud dari kode kode itu, mungkin ada diantara kita yang berpendapat bahwa anggota polisi itu sedang menyebutkan nomor telepon, sebenarnya bukan no telepon yang dimaksud.

Itu adalah sandi atau kode rahasia yang digunakan oleh aparat keamanan, tak hanya polisi saat bertugas tujuannya agar orang awam atau musuh tidak dapat mamahami informasi yang disampaikan.

Siaga 1 dilakukan oleh polisi adalah meningkatkan kewaspadaan. Semisal Jakarta Siaga 1 itu berarti tiga perempat kekuatan polisi siap siaga di Polda Metro Jaya atau sesuai dengan plotting. Mereka dilarang mengambil cuti, sehingga siap diterjunkan setiap saat sesuai kebutuhan.

Tentunya sesama anggota polisi telah mengetahui sandi yang mereka punya atau yang mereka sepakati. sandi komunikasi itu terdiri dari sandi angka dan sandi huruf atau kata.

HandyTalky adalah alat berkomunikasi dengan mengunakan sinyal frekuensi tertentu sebagai pemancarnya untuk menghubungkan handy talky yang satu dengan handy talky yang lain.

Alat yang bernama Handy Talky ini, biasanya digunakan oleh kalangan Kepolisian ataupun security dengan mengunakan bahasa isyarat dalam berbicara.

Prinsip kerja handy talky yaitu dengan menekan tombol ppt (Push Tolk Talking) kemudian dilanjutkan dengan berbicara, yang dibatasi selebih-lebihnya dengan waktu 20 detik dan dengan jarak berbicara kurang lebih 30cm.

Dalam komunikasi antara pemegang Handy talky yang bisa di gunakan untuk menerima dan mengirim suatu suara ataupun di sebut dengan Handy dua arah.

Standbay Handy takly adalah handy talky yang hanya bisa digunakan untuk menerima berita atau suara saja.

baca juga: Klik ini Pertemuan Rahasia Petinggi Negeri, Disadap Alat James Bond 007

Bila ada yang belum mengerti, ini kode-kodenya:

Sandi yang Digunakan dalam HT sandi.

Solo Bandung : Stanby
Komando : Kantor
Taruna : Berita
Gelombang : Jam/ Waktu
Semut : Pelajar
Cangkul : Kantor/Tempat Kerja
Randu : Dimengerti
Tka : Terkendali/ Aman

Sandi Alphabet

A : Ambon
B : Bandung
C : Cepu
D : Demak
E : Ende
F : Flores
G : Garut
H : Halong
I : Irian
J : Jepara
K : Kendal
L : Lombok
M : Medan
N : Namlea
O : Opak
P : Pati
Q : Quibek
R : Rembang
S : Solo
T : Timor
U : Ungaran
V : Viktor
W : Wilis
X : Ekstra
Y : Yongki
Z : Zainal

Sandi Angka

1-1 : Hubungi per telepon
1-4 : Ingin bicara diudara (langsung)
3-3 : Penerimaan sangat jelek/orang gila
3-3L : Kecelakaan korban luka
3-3M : Kecelakaan korban material
3-3K : Kecelakaan korban meninggal
3-3KA : Kecelakaan kereta api
3-4-K : Kecelakaan, korban meninggal, pelaku melarikan diri
4-4 : Penerimaan kurang jelas
5-5 : Penerimaan baik/sehat
8-4 : Tes pesawat/penerimaannya
8-6 : Dimengerti
8-7 : Disampaikan
8-8 : Ingin berjumpa langsung
10-2 : Posisi/keberadaan
10-8 : Menuju
2-8-5 : Pemerkosaan
3-3-8 : Pembunuhan
3-6-3 : Pencurian
3-6-5 : Perampokan
8-1-0 : Pembunuhan
8-1-1 : Hidup
8-1-2 : Berita agar diulangi (kurang jelas)
8-1-3 : Selamat bertugas
8-1-4 : Laporan/pembicaraan terlalu cepat
8-1-5 : Cuaca 8-1-6 : Jam/waktu 8-1-9 : Situasi

Gimana, Roger? 86…….

SANDI ANGKA

  • A1 = berita dapat dipertanggungjawabkan.
  • 1-1 : Hubungi per telepon
  • 1-4 : Ingin bicara diudara (langsung)
  • 3-3 : Penerimaan sangat jelek/orang gila
  • 3-3L : Kecelakaan korban luka
  • 3-3M : Kecelakaan korban material
  • 3-3K : Kecelakaan korban meninggal
  • 3-3KA : Kecelakaan kereta api
  • 3-4-K : Kecelakaan, korban meninggal, pelaku melarikandiri
  • 4-4 : Penerimaan kurang jelas
  • 5-5 : Penerimaan baik/sehat
  • 8-4 : Tes pesawat/penerimaannya
  • 8-6 : Dimengerti
  • 8-7 : Disampaikan
  • 8-8 : Ingin berjumpa langsung
  • 10-2 : Posisi/keberadaan
  • 10-4 : Diterima
  • 10-4 : roger that
  • 10-8 : Menuju
  • 1-1-2 : Emergency / darudat
  • 2-8-5 : Pemerkosaan
  • 3-0-3 : Perjudian
  • 3-0-1: lagi kimpoi
  • 3-3-8 : Pembunuhan
  • 3-6-3 : Pencurian
  • 3-6-5 : Perampokan
  • 8-1-0 : Pembunuhan
  • 8-1-1 : Hidup
  • 8-1-2 : Berita agar diulangi (kurang jelas)
  • 8-1-3 : Selamat bertugas
  • 8-1-4 : Laporan/pembicaraan terlalu cepat
  • 8-1-5 : Cuaca
  • 8-1-6 : Jam/waktu
  • 8-1-9 : Situasi
  • 8-1-10 : Komandan

SANDI HURUF

  • Taruna : Berita
  • Gelombang : Jam/waktu
  • Semut : Pelajar
  • Lalat : Mahasiswa
  • Pangkalan : Rumah/kediaman
  • Cangkulan : Kantor/tempat kerja
  • Gajah : Derek
  • Cicak = KPK
  • Komando : Kantor polisi
  • Tikar : Surat
  • Buntut tikus : Antena pendek (HT)
  • Belalai gajah : Antena atas
  • Bandeng : Mayat
  • Laka : Kecelakaan
  • Jaya 65 : Kebakaran
  • Timor Kupang Pati : Tempat Kejadian Perkara
  • Timor Lombok Pati : Telepon
  • Timor Kupang Ambon : TerKendali Aman
  • Halong Timur : Handy Talky (HT)
  • Halong Pati : Hand Phone (HP)
  • Kupang Rembang : KendaRaan
  • Kupang Ambon : Kereta Api
  • Wilis Kendal : Walikota
  • Kendal Cepu : KeCamatan
  • Kendal Lombok : KeLurahan
  • Rembang Wilis : RW
  • Rembang Timur : RT
  • Rembang Rembang : Serse
  • Rembang Solo : Rumah Sakit
  • Rembang Pati : Rupiah
  • Anak Kijang : Pencuri/Tersangka
  • Ambon Demak : Angkatan Darat
  • Ambon Lombok : Angkatan Laut
  • Ambon Ungaran : Angkatan Udara
  • Pati Medan : Polisi Militer
  • Timor Medan : Tamu/Teman
  • Lombok-Lombok : Lalu Lintas
  • Timor Lombok : Lampu Lalu Lintas/Traffic Light
  • Sepi : Senjata Api
  • Sajam : Senjata Tajam
  • Curat : Pencurian Dengan Pemberatan
  • Curas : Pencurian Dengan Kekerasan
  • Curanmor : Pencurian Kendaraan Bermotor
  • Bandung Umar Solo : BUS
  • Medan-Medan : Metro Mini
  • Pati Demak Irian : Jam/Waktu
  • Solo Medan Pati : Pelajar
  • Solo Medan Ungaran : Mahasiswa
  • Solo Timur Medan : Rumah/Kediaman
  • Opak Kendal Jepara : Kantor/Tempat Kerja
  • Opak Pati Solo : Derek
  • Lombok Pati : Kantor Polisi
  • Lombok Irian : Surat
  • Lombok Demak : Antena Pendek (HT)
  • Bandung-Bandung : Barang Bukti (BB)
  • Bandung2 Padat : Makan
  • Bandung2 Medan : Bahan Bakar Minyak
  • Lampiran/Ambon : Istri
  • Monik : Anak
  • Solo Bandung : Stand By
  • Solo Garut : SiaGa
  • Medan Demak : Meninggal Dunia
  • Pati Ambon Medan : Pengamanan
  • Ambon Pati-Pati : Apel
  • Palang Hitam : Mobil Jenazah
  • Demak Pati Kendal : Dinas Pemadam Kebakaran
  • wayang = intel+serse
  • Pamer Susu = Padat Merayap Susul Susulan
  • POS = Pati Opak Solo
  • Butiran = anggota
  • Merayap : lalu lintas macet
  • Mencari : lancar terkendali
  • pati halong halong = pasukan anti huru hara (PHH)
  • bokul=beli sabu-sabu
  • ekor panjang = wanita….
  • ekor ganjil = orang yang di curigai….
  • gerobak besi = mobil….
  • kereta besi = motor….
  • Lombok Pati = Laporan Polisi
  • Lombok Irian = Laporan Informasi
  • Panah = Reserse
  • Roda Gila = Brimob

Sandi Pangkat Kesatuan

*Wayang/Kresna = Intel
* Bima : Wakil Presiden
* Timor Bandung I : Kapolri
* Metro I : Kapolda
* Timor I : Kapolres
* Jajaran 1 : Kapolsek
* Jajaran 2 : Wakapolsek
* Jajaran 3 : Serse
* Jajaran 4 : Sabhara
* Jajaran 5 : Bimas/****nkamtibmas
* Jajaran 6 : Lantas/Lalu Lintas

1. 1. SANDI ANGKA

1-1 = Hubungi per telepon
1-4 = Ingin bicaradiudara (langsung)
3-3 = Kualitas suara jelek
3-3L = Kecelakaan korban luka
3-3M = Kecelakaan korban material
3-3K = Kecelakaan korban meninggal
3-3KA = Kecelakaan kereta api
3-4-K = Kecelakaan, korbanmeninggal, pelaku melarikan diri
4-4 = Penerimaan jelek
5-5 = Penerimaan baik
8-4 = Tespesawat/penerimaannya
8-6 = Dimengerti
8-7 = Disampaikan
8-8 = Ingin berjumpa langsung

10-2 = Posisi/keberadaan
10-4 = Diterima
10-4 = roger that
10-8 = Menuju
1-1-2 = Emergency / darudat
2-8-5 = Pemerkosaan
3-0-3 = Perjudian
3-0-1= lagi kimpoi
3-3-8 = Pembunuhan
3-6-3 = Pencurian
3-6-5 = Perampokan
8-1-0 = Pembunuhan
8-1-1 = Hidup
8-1-2 = Berita agar diulangi (kurangjelas)
8-1-3 = Selamat bertugas
8-1-4 = Laporan/pembicaraan terlalu cepat
8-1-5 = Cuaca
8-1-6 = Jam/waktu

8-1-9 = Situasi
8-1-10 = Komandan


Quote:

2. SANDI ALPHABET LOKAL/INDONESIA

A=Ambon
B=Bandung
C=Cepu
D=Demak
F=Flores
G=Garut
H=Halong
I=Irian
J=Jepara
K=Kendal
L=Lombok
M=Medan
N=Namlea
O=Opak
P=Pati
Q=Quibek
R=Rembang
S=Solo
T=Timor
U=Ungaran
V=Viktor
W=Wilis
X=Ekstra
Y=Yongki
Z=Zainal

3. SANDI ALPHABET INTERNASIONAL

A=Alpha
B=Bravo
C=Charlie
D=Delta
E=Echo
F=Foxtrot
G=Golf
H=Hotel
I=India
J=Juliett
K=Kilo
L=Lima
M=Mike
N=November
O=Oscar
P=Papa
Q=Quebec
R=Romeo
S=Sierra
T=Tango
U=Uniform
V=Victor
W=Whiskey
X=X-Ray
Y=Yankee
Z=Zulu

4. SANDI KATA

Taruna = Berita
Gelombang = Jam/waktu
Semut = Pelajar
Lalat = Mahasiswa
Pangkalan = Rumah/kediaman
Cangkulan = Kantor/tempatkerja
Gajah = Derek
Cicak = KPK
Komando = Kantor polisi
Tikar = Surat
Buntut tikus = Antenapendek (HT)
Belalai gajah = Antenaatas
Bandeng = Mayat
Laka = Kecelakaan
Jaya 65 = Kebakaran
Timor Kupang Pati = Tempat Kejadian Perkara
Timor Lombok Pati = Telepon
Timor Kupang Ambon = TerKendali Aman
Halong Timur = Handy Talky (HT)
Halong Pati = Hand Phone (HP)
Kupang Rembang = KendaRaan
Kupang Ambon = KeretaApi
Wilis Kendal = Walikota
Kendal Cepu = KeCamatan
Kendal Lombok = KeLurahan
Rembang Wilis = RW
Rembang Timur = RT
Rembang Rembang = Serse
Rembang Solo = RumahSakit
Rembang Pati = Rupiah
AnakKijang = Pencuri/Tersangka
Angkot cipayung-ciracas = T-14-Koperasi Wahana Kalpika
Ambon Demak = Angkatan Darat
Ambon Lombok = Angkatan Laut
Ambon Ungaran = Angkatan Udara
Pati Medan = Polisi Militer
Timor Medan = Tamu/Teman
Lombok-Lombok = LaluL intas
Timor Lombok = Lampu Lalu Lintas/Traffic Light
Sepi = Senjata Api
Sajam = Senjata Tajam
Curat = PencurianDenganPemberatan
Curas = Pencurian Dengan Kekerasan
Curanmor = Pencurian Kendaraan Bermotor
Bandung Umar Solo = BUS
Medan-Medan = Metro Mini
Pati Demak Irian = Jam/Waktu
Solo Medan Pati = Pelajar
Solo Medan Ungaran = Mahasiswa
Solo Timur Medan = Rumah/Kediaman
Opak Kendal Jepara = Kantor/Tempat Kerja
Opak Pati Solo = Derek
Lombok Pati = Kantor Polisi
Lombok Irian = Surat
Lombok Demak = Antena Pendek (HT)
Bandung-Bandung = Barang Bukti (BB)
Bandung2 Padat = Makan
Bandung2 Medan = Bahan Bakar Minyak
Lampiran/Ambon = Istri
Monik = Anak
Solo Bandung = Stand By
Solo Garut = SiaGa
Medan Demak = Meninggal Dunia
Pati Ambon Medan = Pengamanan
Ambon Pati-Pati = Apel
PalangHitam = Mobil Jenazah
Demak Pati Kendal = Dinas Pemadam Kebakaran
wayang = intel+serse
panah = polantas
Sandi PangkatKesatuanPolisi
Kresna = Presiden
Bima = WakilPresiden
Timor Bandung I = Kapolri
Metro I = Kapolda
Timor I = Kapolres
Jajaran 1 = Kapolsek
Jajaran 2 = Wakapolsek
Jajaran 3 = Serse
Jajaran 4 = Sabhara
Jajaran 5 = Bimas/Babinkamtibmas
Jajaran 6 = Lantas/LaluLintas

 70 total views



Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
  • Sebuah galat telah terjadi, yang kemungkinan berarti umpan tersebut sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Trending