Petani Menemukan Prasasti Firaun yang Kalah Perang

  • Bagikan

Ismailia, Gatra.com- Seorang petani yang tinggal di dekat Ismailia di Mesir telah menemukan sebuah prasasti berusia 2.600 tahun yang didirikan oleh firaun Apries, yang memerintah dari sekitar 589 SM, hingga 570 SM, kementerian barang antik Mesir melaporkan. Live Science, 19/6.

 

Petani itu menemukan lempengan batu pasir kuno ini saat mempersiapkan tanahnya untuk ditanami, sekitar 100 kilometer timur laut Kairo. Dia kemudian menghubungi Petugas Pariwisata dan Purbakala dan melaporkan penemuan itu, kata pernyataan kementerian itu. Prasasti tersebut memiliki panjang 91 inci (230 sentimeter), lebar 41 inci (103 cm) dan tebal 18 inci (45 cm).

Di bagian atas prasasti terdapat ukiran cakram matahari bersayap (cakram yang kadang-kadang dikaitkan dengan dewa matahari Ra) dengan cartouche firaun Apries, dengan 15 baris tulisan hieroglif di bawahnya, kata pernyataan itu. Dalam hieroglif Mesir, cartouche merupakan sebuah garis horizontal di salah satu ujungnya, menunjukkan bahwa teks yang dilampirkan adalah nama firaun.



Sumber Berita

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *